Pengertian dan Kewajiban Warga Negara

Hai adik-adik kelas 6 SD, kali ini Osnipa akan membahas materi Pengertian dan Kewajiban Warga Negara. Pembahasan akan difokuskan pada pengertian warga negara, bunyi pasal 27 ayat (1) UUD 1945, kewajiban warga negara yang tertuang dalam pasal 30 ayat (1) UUD 1945, dan kewajiban seorang pelajar. Selamat belajar.

Pengertian dan Kewajiban Warga Negara

Pengertian Warga Negara

Menurut KBBI, warga negara adalah penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara itu.

Pada pasal 26 UUD 1945, yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan UU sebagai warga negara. Syarat-syarat menjadi warga negara ditetapkan dengan Undang-Undang.

Hak, Tugas, dan Kwajiban Warga Negara Indonesia

Kewarganegaraan menyiratkan status kebebasan dengan tanggung jawab yang menyertainya. Warga negara memiliki hak, tugas, dan tanggung jawab. Setiap warga negara Indonesia mempunyai tugas dan kewajiban yang sama yang terdapat pada UUD 1945.

Hak Warga Negara Indonesia

  1. Hak atas Pekerjaan dan Penghidupan yang Layak. Pasal 27 ayat 2 UUD 1945 menyebutkan “Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.”
  2. Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan. Pasal 28A UUD 1945 menyebutkan “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.”
  3. Hak untuk Membentuk Keluarga dan Melanjutkan Keturunan Melalui Perkawinan yang Sah sesuai dengan Pasal 28B ayat 1
  4. Hak atas Keberlangsungan Hidup. Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang.
  5. Hak untuk mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya.

Kewajiban Warga Negara

Masih banyak lagi hak-hak yang diperoleh oleh semua warga negara. Tentu sebelum mendapatkan haknya, setiap warga negara harus melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu.

  1. Semua warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar 9 tahun (pasal 31 ayat 2). Upaya pemerintah guna mendukung suksesnya program tersebut adalah memperbaiki fasilitas pendidikan, memberikan bantuan buku gratis, dan menyediakan guru-guru yang profesional.
  2. Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.”
  3. Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUD 1945 yang berbunyi, “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.”
  4. Wajib menghormati hak asasi menusia orang lain. Di mana tertuang dalam Pasal 28 J ayat 1 yang berbunyi, “Setiap orang wajib menghormati hak asasi orang lain.”
  5. Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Tertuang dalam pasal 30 ayat (1) UUD 1945 yang menyatakan, “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”

Masih banyak lagi kewajiban yang harus kita kerjakan. Kita harus membayar pajak tepat pada waktunya serta mematuhi peraturan lalu lintas.

Kewajiban yang Harus Dipatuhi oleh Seorang Pelajar

Sebagai pelajar kita juga wajib untuk:

  1. mematuhi nasihat orang tua dan guru
  2. mematuhi peraturan di rumah, di sekolah, dan di masyarakat
  3. Melaksanakan tugas piket di sekolah

Dengan melaksanakan kewajiban, maka kita telah berprilaku positif. Berprilaku positif merupakan perwujudan memaknai proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan benar.

Soal Pengertian dan Kewajiban Warga Negara dan Pembahasan

1. Jelaskan pengertian warga negara?

Pembahasan:
Warga negara adalah penduduk sebuah negara atau bangsa berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya yang mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara itu.

2. Sebutkan bunyi pasal 27 ayat (1) UUD 1945!

Pembahasan:
Bunyi pasal 27 ayat (1) UUD 1945, “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”

3. Sebutkan kewajiban warga negara seperti yang tertuang dalam pasal 30 ayat (1) UUD 1945!

Pembahasan:
Kewajiban warga negara seperti yang tertuang dalam pasal 30 ayat (1) UUD 1945 “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.”

4. Sebutkan kewajiban yang harus dipatuhi oleh seorang pelajar!

Pembahasan:
Kewajiban yang harus dipatuhi oleh seorang pelajar:
(1) mematuhi nasihat orang tua dan guru
(2) mematuhi peraturan di rumah, di sekolah, dan di masyarakat
(3) Melaksanakan tugas piket di sekolah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *