Menu
Akurat dan Terpercaya

Pengaruh Karakteristk Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim Terhadap Komunikasi

  • Share
Pengaruh Karakteristk Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim Terhadap Komunikasi

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Pengaruh Karakteristk Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim Terhadap Komunikasi. Pembahasan akan fokus kepada: Jelaskan Pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim terhadap bidang komunikasi! Sebutkan dampak positif dan negatif dari pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim terhadap bidang komunikasi!

Pengaruh Karakteristk Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim Terhadap Komunikasi

Pada masa lampau cara memberi kabar dari pulau ke pulau atau bahkan dari negeri satu ke negeri lainnya untuk memberikan kabar mereka menggunakan surat. Dan seiring perkembangan zaman, memberi kabar dilakukan dengan telepon antik, wartel, telepon umum, telepon rumah, pager, dan untuk sekarang kita menggunakan gadget atau telepon seluler.

Pengaruh letak geografis Indonesia sebagai Negara Maritim/Kepulauan terhadap bidang komunikasi. Munculnya keanekaragaman mata pencaharian, tradisi, adat istiadat yang berbeda, aspek kehidupan sosial hingga komunikasi dan transportasi

Dampak Positif dan Negatif Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Komunikasi

Komunikasi dan interaksi antar penduduk menjadi lebih mudah, baik antar warga negara Indonesia maupun dengan warga negara asing.
Hal ini terjadi karena perpindahan ilmu pengetahuan, budaya dan teknologi.

Dampak positif pengaruh letak geografis Indonesia terhadap komunikasi

  1. Indonesia mengenal bahasa-bahasa dari negara lain
    Terjalinnya komunikasi yang baik antar warga negara Indonesia dengan warga asing akan membuat Indonesia mengenal bahasa-bahasa dari negara lain.
  2. Komunikasi antar masyarakat dan antar pulau semakin mudah
    Hal ini dapat meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi antar masyarak Indonesia maupun antar warga asing.
  3. Membuat alat komunikasi semakin canggih
  4. Beragamnya alat komunikasi

Dampak negatif pangaruh letak geografis Indonesia terhadap komunikasi:

  1. Dapat melunturkan bahasa daerah karena pengaruh bahasa asing.
  2. Hilangnya bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan warga negara lainnya yang tentunya lebih membutuhkan bahasa internasional.
  3. Menjadi individu lebih fokus kepada gadget maupun gawai hingga mengurangi komunikasi secara langsung.

1. Jelaskan Pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim terhadap bidang komunikasi!

Pembahasan:
Indonesia merupakan negara kepulauan/maritim yang terdiri dari ribuan pulau. Hal ini tentu berpengaruh terhadap cara mereka berkomunikasi. Karena masyarakat tidak bisa melakukan komunikasi secara langsung. Mereka memerlukan media untuk berkomunikasi. Pada masa lampau, masyarakat memberi kabar dari pulau ke pulau menggunakan surat. Dan seiring perkembangan zaman, memberi kabar dilakukan dengan menggunakan telepon antik, wartel, telepon umum, telepon rumah, pager, dan untuk sekarang kita menggunakan gadget atau telepon seluler.

2. Sebutkan dampak positif dan negatif dari pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim terhadap bidang komunikasi!

Pembahasan:
Dampak positif pengaruh letak geografis Indonesia terhadap komunikasi
(1) Indonesia mengenal bahasa-bahasa dari negara lain. Terjalinnya komunikasi yang baik antar warga negara Indonesia dengan warga asing akan membuat Indonesia mengenal bahasa-bahasa dari negara lain.
(2) Komunikasi antar masyarakat dan antar pulau semakin mudah. Hal ini dapat meningkatkan jalinan komunikasi dan interaksi antar masyarak Indonesia maupun antar warga asing.
(3) Membuat alat komunikasi semakin canggih
(4) Beragamnya alat komunikasi
Dampak negatif pangaruh letak geografis Indonesia terhadap komunikasi:
(1) Dapat melunturkan bahasa daerah karena pengaruh bahasa asing.
(2) Hilangnya bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan warga negara lainnya yang tentunya lebih membutuhkan bahasa internasional.
(3) Menjadi individu lebih fokus kepada gadget maupun gawai hingga mengurangi komunikasi secara langsung.

Demikian pembahasan mengenai Pengaruh Karakteristk Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan/Maritim Terhadap Komunikasi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *