Menu
Akurat dan Terpercaya

Pengaruh Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim Terhadap Bidang Transportasi

  • Share
Pengaruh Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim Terhadap Bidang Transportasi

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Pengaruh Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim Terhadap Bidang Transportasi. Semoga bermanfaat.

Pengaruh Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim Terhadap Bidang Transportasi

Wilayah Indonesia yang luas berupa kepulauan dan dibatasi oleh laut sangat mempengaruhi kondisi transportasi yang ada. Jalur strategis yang dapat digunakan untuk menghubungkan antara pulau satu dan pulau yang lain adalah jalur laut dan jalur udara. Adapun jenis dan mode transportasi yang efektif digunakan adalah kapal laut dan pesawat terbang.

Untuk jalur darat, ada moda transportasi kereta apai, bis dan mobil yang digunakan untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah lain dalam satu pulau.

Penggunaan pesawat sebagai moda transportasi penghubung antar pulau harus didukung dengan sarana pendukung. Sarana pendukung untuk pesawat adalah tersedianya bandar udara atau lapangan udara.

Adapun dampak positif khususnya bagi perkembangan alat transportasi adalah terpacunya bangsa Indonesia untuk membangun dan mengembangkan industri pesawat dan perkapalan.

Untuk pulau-pulau besar dan kota-kota besar, dibangunlah bandara yang mampu menampung pesawat-pesawat besar. Sedangkan di pulau-pulau kecil, dibangun lapangan udara yang mampu menampung pesawat kecil atau pesawat perintis.

Begitu pula dengan menggunakan kapal sebagai moda transportasi penghubung antar pulau harus didukung dengan ketersediaan pelabuhan yang memadai.

1. Sebutkan pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim terhadap bidang transportasi!

Pembahasan:
(1) Jalur strategis yang dapat menghubungkan satu pulau dengan pulau yang lain adalah jalur laut dan jalur udara.
(2) Jenis transportasi yang efektif digunakan di Indonesia adalah kapal laut dan pesawat terbang.
(3) Jenis transportasi Kerata api, bis, dan mobil digunakan untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lain dalam satu pulau.

(4) Dampak positif khususnya bagi perkembangan alat transportasi adalah terpacunya bangsa Indonesia untuk membangun dan mengembangkan industri pesawat dan perkapalan.

2. Sebutkan 3 nama pelabuhan di Indonesia!

Pembahasan:
(1) Pelabuhan Bakuheni, lampung
(2) Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya
(3) Pelabuhan Merak, Banten
(4) Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang

3. Sebutkan 3 nama Bandar Udara di Indonesia!

Pembahasan:
(1) Bandar Udara Soekarno-Hatta
(2) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai
(3) Bandar Udara Internasional Juanda
(4) Bandar Udara Kalimarau
(5) Bandar Udara Sultan Hasannudin

Demikian pembahasan mengenai Pengaruh Karakteristik Geografis Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim Terhadap Bidang Transportasi. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *