Menu
Akurat dan Terpercaya

Pengaruh Karakteristi Geografis Indonesia Sebagai Negara Agraris Terhadap Kehidupan Ekonomi

  • Share
Pengaruh Karakteristi Geografis Indonesia Sebagai Negara Agraris Terhadap Kehidupan Ekonomi

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Pengaruh Karakteristi Geografis Indonesia Sebagai Negara Agraris Terhadap Kehidupan Ekonomi. Semoga bermanfaat.

Pengaruh Karakteristi Geografis Indonesia Sebagai Negara Agraris Terhadap Kehidupan Ekonomi

Kondisi geografis Indonesia beragam. Ada wilayah daratan, ada juga perairan. Kondisi geografis yang beragam menyebabkan beragam pula jenis kegiatan ekonomi masyarakat. Keragaman ini disesuaikan dengan kondisi alam atau geografis suatu wilayah. Kegiatan ekonomi tersebut bertujuan memenuhi kebutuhan hidup masyarakat agar tercipta kehidupan yang nyaman. Setiap penduduk perlu menghargai berbagai jenis kegiatan ekonomi penduduk lainnya.

Kegiatan ekonomi adalah semua kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Jika kita cermati, kegiatan ekonomi dilakukan dengan memanfaatkan sumber daya alam.

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikaruniai sumber daya alam yang melimpah. Untuk itu, sudah sepantasnya kita bersyukur dengan memanfaatkan secara bijak. Pemanfaatan sumber daya alam tersebut dapat dilihat dari berbagai bidang usaha.

Jenis-Jenis Ekonomi Masyarakat

Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Sebutan ini disebabkan banyak penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Usaha agraris meliputi kegiatan pertanian dan perkebunan. Sektor usaha agraris terdapat di daerah pedesaan dan pegunungan. Hasil pertanian dan perkebunan antara lain: padi, ubi, jagung, kedelai, sagu, umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan.

Perkebunan adalah kegiatan penanaman lahan dengan tanaman keras dengan umur lebih dari 6 bulan. Tanaman perkebunana mencakup tanaman musiman dan tanaman tahunan. Tanaman musiman berumur pendek misalnya tanaman tebu, tembakau, dan rossela. Tanaman tahunan berumur panjang misalnya kelapa sawit, kopi, cengkeh, teh, karet, selada, dan kayu putih. Hasil perkebunan Indonesia menjadi komoditas ekspor.

1. Jelaskan pengaruh karakteristik geografis Indonesia sebagai negara agraris terhadap ekonomi Indonesia!

Pembahasan:
Pengaruh kondisi geografis Indonesia sebagai negara agrarus terhadap ekonomi adalah sebagain besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani.

2. Meliputi apa sajakah usaha agraris di Indonesia?

Pembahasan:
Usaha agraris di Indonesia meliputi kegiatan pertanian dan perkebunan

3. Sebutkan hasil pertanian dan perkebunan dari jenis usaha agraris tersebut!

Pembahasan:
Hasil pertanian dan perkebunan antara lain: padi, ubi, jagung, kedelai, sagu, umbi-umbian, sayuran, dan buah-buahan.

Demikian pembahasan mengenai Pengaruh Karakteristi Geografis Indonesia Sebagai Negara Agraris Terhadap Kehidupan Ekonomi. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *