Menu
Akurat dan Terpercaya

Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Terhadap Hewan

  • Share
Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Terhadap Hewan

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Terhadap Hewan.

Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Terhadap Hewan

Contoh Penerapan Nilai Pancasila Terhadap Hewan diulas sebagai berikut:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

Melindungi hewan sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bersyukur akan keberadaan hewan-hewan di sekitar kita dengan tidak menyakiti atau menyiksa hewan tersebut.

2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Merawat dan menyayangi hewan peliharaan. Merawat hewan yang sedang sakit, memberi makan dan minum hewan, memberikan tempat tinggal yang layak.

3. Persatuan Indonesia

Memiliki kebanggaan terhadap hewan-hewan asli Indonesia yang unik dan beragam.

4. Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Berdiskusi dalam membagi tugas untuk merawat hewan peliharaan.

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Membagi tugas merawat dengan adil.

Kemukakanlah Pendapatmu Apakah Permasalahan di Bawah Merupakan Penerapan Nilai Pancasila

1. Pemerintah bermusyawarah untuk membuat undang-undang tentang upaya pelestarian hewan langka dari perburuan liar dan perdagangan ilegal. Apakah upaya pemerintah termasuk penerapan sila Pancasila? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Upaya pemerintah termasuk penerapan sila keempat Pancasila. Dalam proses pembuatan undang-undang tentang upaya pelestarian hewan langka dari perburuan liar dan perdagangan ilegal, pemerintah melakukan musyawarah. Musyawarah merupakan salah satu penerapan sila keempat Pancasila.

2. Ketika berkunjung ke kebun binatang, Joni ditegur oleh pemandu karena menakut-nakuti burung dengan berteriak-teriak. Apakah sikap Joni mencerminkan penerapan nilai Pancasila? Mengapa demikian?

Pembahasan:
Sikap Joni yang menakut-nakuti burung dengan beteriak-teriak tidak mencerminkan penerapan nilai Pancasila. Dengan menakut-nakuti burung menunjukkan Joni tidak menyayangi binatang, tidak melindungi binatang, tidak bersyukur dengan keberadaan binatang. Hal ini sangat bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

3. Kucing Nina sakit, Nina tidak tahu apa penyebabnya dan harus berbuat apa. Kemudian Nina memeriksakan kucing peliharaannya ke dokter. Sikap Nina mencerminkan sila ke berapa, jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Sikap Nina mencerminkan sila kedua Pancasila. Nina sudah menunjukkan sikap merawat dan menyayangi kucingnya yaitu dengan memeriksakan kucing peliharaan ke dokter saat sakit. Merawat dan menyayangi kucing merupakan contoh penerapan sila kedua Pancasila.

4. Ketika sedang membersihkan sangkar burung, Ayah berkata, “kita harus berterimakasih kepada Tuhan karena telah menciptakan hewan yang banyak manfaatnya untuk kita.” Hal yang diajarkan ayah merupakan penerapan sila ke berapa? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Hal yang diajarkan ayah merupakan penerapa sila pertama Pancasila. Berterimakasih kepada tuhan karena telah menciptakan hewan yang banyak manfaatnya merupakan contoh prilaku syukur terhadap karunia Tuhan. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai sila pertama Pancasila.

Demikian pembahasan mengenai Penerapan Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Terhadap Hewan. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *