Menu
Akurat dan Terpercaya

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Singkong untuk Kesejahteraan Masyarakat

  • Share
Pemanfaatan Sumber Daya Alam Singkong untuk Kesejahteraan Masyarakat

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam Singkong untuk Kesejahteraan Masyarakat. Semoga bermanfaat.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Singkong untuk Kesejahteraan Masyarakat

Singkong adalah jenis umbi-umbian, dengan akar dan daun yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Singkong diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa Portugis sekitar abag ke-16. Selanjutnya singkong menjadi tanaman komersial yang dibudidayakan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Singkong mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Singkong merupakan sumber kalori pangan yang murah.’

Kandungan pada singkong: Karbohidrat, Protein, Vitamin C, Kalsium, Posfor, Kalori, Lemak, Zat besi, dan Vitamin B1.

Hampir semua bagian pohon singkong bisa dimanfaatkan mulai dari umbinya hingga daunnya. Umbi singkong biasanya hanya diambil dagingnya saja untuk digoreng atau direbus serta dijadikan sebagai tepung tapioka. Bagian daunnya dijadikan sebagai sayuran. Selain itu bagian daun dan kulit juga bisa dijadikan sebagai makanan ternak.

Di sekitar kita banyak sekali makanan yang diolah dari singkong. Misalnya: kripik singkong, combro dan misro, getuk, tape, donat dan masih banyak lagi. Selain diolah secara langsung, singkong juga bisa diolah menjadi tepung yaitu tepung tapioka atau tepung kanji atau orang Sunda biasa menyebutnya tepung aci. Tepung tapioka dapat diolah menjadi makanan, seperti: kue, roti, mie, biskuit serta makanan olahan lainnya. Kalian tentu pernah memakan makanan seperti cireng, cilok atau cimol bukan? itu juga merupakan olahan dari tepung tapioka atau tepung kanji yang berbahan dasar singkong.

Manfaat Singkong bagi Masyarakat

Sebagian masyarakat Indonesia menjadikan singkong sebagai sumber mata pencaharian. Banyak pekerjaan yang terlibat dalam pengolahan sumber daya alam ini. Mulai dari petani, pedangang singkong di pasar. Baik yang menjual singkong utuh maupun yang sudah diolah menjadi berbagai jenis makanan atau jajanan dan industri rumahan hingga industri besar yang melibatkan pegawai pabrik yang mengolah singkong menjadi berbagai makanan yang enak untuk dijual.

Singkong banyak berperan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Selain diolah menjadi berbagai jenis makanan, singkong dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar minyak dengan mengolahnya menjadi bioetanol. Karena mengandung glukosa yang termasuk jenis karbohidrat. Bahan-bahan makanan lain yang mengandung karbohidrat juga dapat diolah menjadi bioetanol. Penggunaan bioetanol pada kendaraan bermotor memiliki pembakaran lebih sempurna. Gas buang menjadi lebih bersih, tarikan lebih ringan, suara mesin lebih halus, hemat bahan bakar hingga 20%, memperpanjang usia mesin dan ramah lingkungan karena dapat dibudidayakan.

Singkong memiliki banyak sekali manfaat bagi masyarakat apabila dimanfaatkan dengan baik singkong bisa menjadi sumber daya alam yang memiliki potensi besar bagi kesejahteraan masyarakat.

1. Singkong adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!

Pembahasan:
Setuju, karena singkong memiliki banyak kandungan nutrisi, diantaranya: Karbohidrat, Protein, Vitamin C, Kalsium, Posfor, Kalori, Lemak, Zat besi, dan Vitamin B1.

2. Apa saja jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong?

Pembahasan:
jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong yaitu: kripik singkong, combro dan misro, getuk, tape, donat, kue, roti, mie, biskuit, cilok, cireng, cimol, dan lainnya.

3. Bagaimana masyarakat memanfaatkan singkong untuk meningkatkan kesejahteraan?

Pembahasan:
Masyarakat dapat memanfaatkan singkong untuk meningkatkan kesejahteraan dengan cara:
(1) Menjadi petani sinkong.
(2) Mengolah singkong menjadi beragam makanan untuk dijual.
(3) Mengolah singkong menjadi tepung tapioka
(4) Mengolah singkong menjadi bioetanol.

4. Apa saja jenis mata pencaharian yang berkaitan dengan pemanfaatan singkong sebagai sumber daya alam?

Pembahasan:
Mata pencaharian yang berkaitan dengan pemanfaatan singkong: petani, pedagang, pembuat kue dan makanan, pekerja pabrik tepung tapioka, dan pembuat bioetanol.

5. Singkong dapat diolah menjadi bioetanol karena tinggi karbohidrat. Tuliskanlah jenis sumber daya alam lainnya yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif!

Pembahasan:
Sumber daya lain yang dijadikan sumber energi alternatif:
(1) Jarak sebagai sumber energi alternatif biodiesel.
(2) Sampah organik dan kotoran hewan sebagai sumber biogas.

Demikian pembahasan mengenai Pemanfaatan Sumber Daya Alam Singkong untuk Kesejahteraan Masyarakat. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *