Menu
Akurat dan Terpercaya

Peduli Lingkungan Apa yang Terdapat pada Bacaan Tersebut? Kelas 4 SD

  • Share
Peduli Lingkungan Apa yang Terdapat pada Bacaan Tersebut? Kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Pemanfaatan sumber daya alam hayati. Pembahasan akan fokus kepada Perilaku peduli lingkungan apa yang terdapat pada bacaan tersebut? Berdasarkan bacaan tersebut, sebutkan salah satu cara menghijaukan lahan! Sebutkan manfaat tanaman obat kencur, kunyit, dan jahe! Berdasarkan informasi yang ada pada bacaan tersebut, hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati

Sudah beberapa bulan ini Ibu Siti mengeluhkan lahan kosong di belakang rumahnya yang tidak terawat. Ia bingung karena tidak mengetahui apa yang harus dilakukan dengan lahan miliknya. Ayah Siti pun mengusulkan untuk menanam tanaman di lahan tersebut. Ibu Siti langsung tersenyum mendengar ide itu. Menurutmu tanaman apa yang dapat di tanam di lahan kosong di rumah kita? Ayo kita cari tahu!

Lahan kosong yang tidak terawat membuat lingkungan menjadi tidak sedap dipandang apalagi jika lingkungan itu kotor. Pemanfaatan lahan kosong dipekarangan sekolah atau rumah merupakan cara penghijauan sebagai wujud peduli terhadap lingkungan. Menanam tanaman pada lahan yang sudah lama tak terawat akan menyegarkan kembali lahan atau tanah itu. Salah satu cara menghijaukan lahan adalah dengan menanam tanaman yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat: kencur, kunyit, dan jahe. Ibu Siti pun mengetahui bahwa lahan kosong di rumahnya dapat ditanami tanaman obat. Siti dan ibunya kemudian membuat jadwal tanaman obat mereka.

Simakanlah Informasi berikut!

Pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati
KencurKunyitJahe
Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat.

Kencur sangat mudah untuk ditanam, dengan permukaan tanah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah, dan cukup terkena sinar matahari, tanaman kencur ini bisa hidup dengan mudah.

Kencur memiliki banyak manfaat mengobati berbagai macam penyakit, seperti influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, dan keseleo.
Kunyit atau kunir merupakan salah satu jenis tanaman rempah atau obat. Kunyit atau kunir ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat kita sebagai bahan bumbu dalam masakan. Namun, ada juga yang memanfaatkan buah kunyit untuk kesehatan diyakini mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Kunyit sangat baik ditanam saat awal musim hujan. Penyinaran matahari yang cukup dan tanah yang gembur dapat menambah kesuburan.Tanaman jahe telah lama dikenal dan tumbuh baik di negeri kita. Jahe merupakan salah satu rempah penting. Tanah yang digunakan untuk penanaman jahe tidak boleh tergenang. Jahe memiliki banyak manfaat, antara lain, bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan, dan juga dapat memberi efek rasa panas dalam perut. Oleh karenanya, jahe juga digunakan sebagai bahan minuman penghangat tubuh. Selain itu, jahe juga banyak digunakan dalam industri obat, minyak wangi, dan jamu tradisional.

Setelah membaca teks bacaan di atas, jawablah pertanyaan di bawah ini!

1. Perilaku peduli lingkungan apa yang terdapat pada bacaan tersebut?

Pembahasan:
Perilaku peduli lingkungan yang terdapat pada bacaan tersebut adalah memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman. Menanam tanaman pada lahan yang sudah lama tak terawat akan menyegarkan kembali lahan atau tanah itu.

2. Berdasarkan bacaan tersebut, sebutkan salah satu cara menghijaukan lahan!

Pembahasan:
Salah satu cara menghijaukan lahan berdasarkan bacaan tersebut adalah dengan menanam tanaman yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat: kencur, kunyit, dan jahe.

3. Sebutkan manfaat tanaman obat kencur, kunyit, dan jahe!

Pembahasan:
(1) Kencur memiliki banyak manfaat mengobati berbagai macam penyakit, seperti influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, batuk, dan keseleo.
(2) Manfaat kunyit sebagai bumbu masakan dan mengobati berbagai jenis penyakit.
(3) Jahe memiliki banyak manfaat, antara lain, bumbu masak, pemberi aroma dan rasa pada makanan, dan juga dapat memberi efek rasa panas dalam perut. Selain itu, jahe juga banyak digunakan dalam industri obat, minyak wangi, dan jamu tradisional.

4. Berdasarkan informasi yang ada pada bacaan tersebut, hal baik apa yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan.

Pembahasan:
Hal baik yang dapat saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu kita dapat memanfaatkan lahan kosong untuk menanam tanaman yang bermanfaat bagi kita, misalnya tanaman obat: kencur, kunyit, dan jahe.

Selamat mengerjakan, kerjakan di buku tulismu ya!

Demikian pembahasan mengenai Peduli Lingkungan Apa yang Terdapat pada Bacaan Tersebut? Kelas 4 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *