Akurat dan Terpercaya
Indeks

Modul Asesmen Awal Untuk SD, SMP, dan SMA

Modul Asesmen Awal SD, SMP, dan SMA

Pandem Covid 19 memaksa pembelajaran dilaksanakan dari rumah. Namun, kegiatan belajar dari rumah ternyata membuat capaian hasil belajar siswa bervariasi. Oleh karena itu, Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Modul Asesmen Awal Untuk SD, SMP, dan SMA.

Asesmen sangat diperlukan dalam pelaksanaan Belajar Dari Rumah. Tujuannya

untuk mengetahui hambatan dan kelemahan siswa pada saat
BDR perlu dilakukan. Asesmen yang meliputi aspek kognitif dan non-kognitif perlu dilakukan agar pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kondisi siswa. Hasil asesmen memberikan dasar kepada guru untuk menetapkan perlakukan atau strategi yang tepat kepada masingmasing siswa. Remedial atau pengayaan yang dilakukan sebagai tindak lanjut hasil asesmen merupakan upaya untuk memastikan tidak ada siswa yang tertinggal atau dirugikan.

Modul Asesmen Awal Untuk SD, SMP, dan SMA disusun untuk memberikan inspirasi, wawasan, dan pedoman bagi bapak dan ibu guru dalam melakukan persiapan, pelaksanaan, diagnosis dan tindaklanjut yang tepat pada proses asesmen diagnosis. Kami berharap modul ini menjadi salah satu penguatan terhadap prinsip “teaching at the right level”, khususnya pada masa pandemik.

Secara umum Modul Asesmen Awal Untuk SD, SMP, dan SMA terdiri atas (A) Kisi-Kisi Asesmen Awal; (B) Soal Asesmen Awal; (C) Kemungkinan Jawaban Siswa Pada Asesmen Awal; (D) Kunci Jawaban Asesmen Awal; (E) Pedoman Pengodean Asesmen Awal; dan (F) Interpretasi dan Tindak Lanjut Asesmen Awal.

A. Kisi-Kisi Asesmen Awal

Kisi-kisi asesmen awal yang terdapat dalam Modul Asesmen Awal Untuk SD, SMP, dan SMA memuat kisi-kisi soal yang akan diberikan. Kisi-kisi dibuat di dalam tabel yang memuat No, Kompetensi Dasar, Kelas, Materi Pokok, Indikator Soal, Bentuk Soal, Nomor Soal, dan Keterangan.

B. Soal Asesmen Awal Modul Asesmen Awal Untuk SD, SMP, dan SMA

Dari kisi-kisi yang dibuat, kemudian dijabarkan ke dalam butir-butir soal. Jumlah soal yang dibuat hanya 10 soal. Hal ini sesuai dengan petunjuk pelaksanaan asesmen awal kognitif Berkala (Baca: Panduan Pelaksanaan Asesmen Kognitif Berkala).

C. Kemungkinan Jawaban Siswa Pada Asesmen Awal

Seluruh kemungkinan jawaban dari soal yang dibuat pada langkah C, dibuat semua kemungkinan jawaban siswa. Kemungkinan jawaban ini akan dijadikan panduan dalam melakukan analisis terhadap hasil Asesmen Awal Siswa.

D. Kunci Jawaban

Kunci jawaban asesmen awal dari dibuat sesuai dengan soal yang telah dibuat. Berbeda dengan kemungkinan jawaban, kunci jawaban memuat tentang jawaban yang paling tepat dari soal yang dibuat.

E. Pedoman Pengodean

Dalam Modul Asesmen Awal, diberikan contoh cara membuat kode untuk setiap jawaban siswa. Kode dibuat berdasarkan kategori dari jawaban siswa. Jika jawaban siswa benar, maka akan mendapat kategori paham utuh dengan kode P. Jika jawaban siswa salah, maka akan dilihat kesalahan yang dibuat siswa. Berdasarkan jawaban tersebut, siswa diberikan kategori paham sebagian 1 dengan kode PS 1, paham sebagian 2 dengan kode PS 2, atau tidak paham dengan kode TP.

F. Interpretasi dan Tindak Lanjut

Dari kode yang diperoleh, guru kemudian menginterpretasi dan memberikan tindak lanjut. Seluruh soal diinterpretasi untuk menentukan rencana tindak lanjut selanjutnya.

Download Modul Asesmen Awal Untuk Jenjang SD, SMP, dan SMA.

Sampai saat ini, modul hanya tersedia untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan matematika. Modul tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

JudulDownload
Modul Asesmen Awal Bahasa Indonesia Kelas III SDUnduh
Modul Asesmen Bahasa Indonesia Kelas IV SDUnduh
Modul Asesmen Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPUnduh
Modul Asesmen Bahasa Indonesia Kelas X SMAUnduh
Modul Asesmen Awal Matematika Kelas III SDUnduh
Modul Asesmen Matematika Kelas IV SDUnduh
Modul Asesmen Matematika Kelas VIII SMPUnduh
Modul Asesmen Matematika Kelas X SMAUnduh

Leave a Reply

Your email address will not be published.