Pengumuman:
Bagi yang ingin bertanya soal, silakan mengirim soal dalam bentuk pdf melalui massanger facebook Osnipa. Tim Osnipa akan berusaha memberikan referensi jawaban. Terimakasih.
Akurat dan Terpercaya

Modernisasi dalam Bidang Tranportasi Kelas 6 SD

Modernisasi dalam Bidang Tranportasi Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Modernisasi dalam Bidang Tranportasi. Pembahasan akan fokus kepada Jelaskan yang dimaksud alat transportasi! Jelaskan perbedaan alat transportasi tradisional dengan alat transportasi modern! Berikan contohnya! Sebutkan contoh alat transportasi umum yang ada di Jakarta! Apakah sepeda, saat ini bisa dianggap sebagai alat transportasi modern karena masih banyak yang menggunakannya? Jelaskan Alasanmu!

Ananda yang hebat, Tahukah Ananda siapa yang pertama kali meluncurkan roket? Roket modern pertama kali diluncurkan oleh seorang ilmuwan Amerika yang bernama Robert Goddard. Roket ini menggunakan minyak dan oksigen dan bisa meluncur sampai ketinggian 12 meter.

Selanjutnya Goddard merancang roket yang lebih besar dan lebih cepat, hingga bisa terbang sampai ketinggian 2 km. Alat transportasi berkembang secara bertahap mulaidari yang tradisional sampai yang modern. Bagaimanakah sejarah perkembangan alat transportasi dari yangntradisional sampai yang modern? Untuk mengetahui hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi agar dapat dipelajari lebih lanjut.

Modernisasi dalam Bidang Tranportasi

Transportasi adalah pengangkutan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan alat atau kendaraan.

Jenis-jenis alat transportasi:

  1. Alat transportasi sederhana yaitu alat transportasi yang tidak menggunakan mesin contohnya: gerobak, becak, dan delman.
  2. Alat transportasi modern yitu alat transportasi yang menggunakan mesin contohnya: motor, mobil, kereta api, dan pesawat.

Perkembangan Tekonologi di Bidang Transportasi

Perkembangan Teknologi di Bidang Transportasi Darat

Awalnya perpindahan orang dari suatu tempat ke tempat yang lain dilakukan dengan cara berjalan kaki. Sedangkan perpindahan barang dilakukan dengan cara memanggul barang tersebut di bahu manusia. Karena manusia merasa berat ketika memanggul barang di bahau manusia mulai mencari cara untuk membawa barang ke tempat lain. Manusia mulai menggunakan gelondongan kayu yang berat untuk mengangkut barang. Lama-lama manusia menemukan cara membawa barang dengan memanfaatkan hewan seperti keledai, unta, sapi, kuda, dan lembu.

Ketika manusia sudah menemukan roda, manusia membuat kereta barang dan kereta penumpang yang ditarik hewan. Lalu manusia menciptakan angkutan roda dua tanpa mesin seperti sepeda. Dari sepeda berkembanglah menjadi angkutan penumpang dan barang seperti becak.

Pada tahun 1770 James Watt menemukan mesin uap, sehingga muncullah kendaraan bermesin uap. Pada tahun 1870 an, kendaraan bermesin uap digunakan tentara Perancis untuk mengangkut peralatan perang. Kecepatan kendaraan bermesin uap ini hanya seperti manusia berjalan.

Pada tahun 1880 an, ditemukan mesin diesel, sehingga kendaraan bermesin diesel membuat perjalanan lebih cepat. Pada Tahun 1960 teknologi mobil sudah lebih modern. Sedangkan sepeda motor diciptakan oleh Gottlieb Daimler dan rekannya Wilhelm Maybach pada tahun 1885. Pada saat itu motor masih menggunakan kayu, mesin diletakkan di tengah dan sudah menggunakan bensin. Pada tahun 1914 bentuk dasar dari sepeda modern mulai terbentuk. Sepeda motor terus berkembang menjadi lebih modern seperti sepeda motor sekarang ini.

Perkembangan Alat Transportasi Laut

Masyarakat jaman dahulu menggunakan sampan atau perahu kecil untuk melakukan transportasi di perairan. Sampan ini tidak digunakan untuk berlayar jauh karena tidak memiliki perlengkapan untuk menghadapi cuaca yang buruk.

Transportasi laut berkembang dari sampan, menjadi kapal kapal layar. Kapal layar digerakkan oleh tenaga angin. Layar yang ada untuk menangkap tiupan angin pada kapal.

Dari kapal layar, transportasi laut berkembang menjadi kapal uap yang menggunakan bahan bakar batubara. Hingga kini, transportasi laut berkembang menjadi mesin diesel atau kapal bermesin diesel. Bahan pembuat kapal juga berubah dari menggunakan bahan kayu, menjadi bahan besi kemudian menjadi bahan baja. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat juga menggunakan perahu bermotor.

Akibat dari pengaruh bangsa asing, Indonesia belajar dan memperoleh pengetahuan mengenai teknologi navigasi dan pelayaran berupa penggunaan sonar, kompas, dan peta. Sonar merupakan teknik menggunakan perambatan bunyi dalam air untuk navigasi atau mendeteksi benda di bawah permukaan laut. Teknologi sonar, digunakan untuk mengetahui kedalaman laut mendeteksi benda di bawah permukaan air, penelitian laut kemudian banyak digunakan sebagai alat untuk mencari dan menangkap ikan.

Berdasarkan keperluannya, ada empat jenis kapal:

  1. Kapal feri merupakan kapal penyeberangan antar pulau.
  2. Kapal motor merupakan kapal yang dijalankan oleh mesin bermotor, biasanya untuk pariwisata dan patroli pantai.
  3. Kapal kargo merupakan kapal yang khusus mengangkut barang.
  4. Kapal tangki atau tanker merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut minyak mentah.

Perkembangan Alat Transportasi Udara

Perkembangan alat transportasi udara dimulai dengan diluncurkannya balon udara pada tahun 1783. Balon udara tersebut berhasil menerbangkan penumpang berupa hewan ternak. Namun, balon udara jatuh setelah 15 menit terbang di atas ketinggian 10 meter dari permukaan tanah.

Dari balon udara, alat transportasi udara berkembang menjadi pesawat terbang menggunakan sayap dan mesin yang dapat membantu proses penerbangan. Pesawat ditemukan oleh Will Board dan Oliver White. Penemuan pesawat terbang ini semakin mendorong munculnya modernisasu dan perkembangan alat transportasi udara.

Dari pesawat terbang sederhana, berkembanglah menjadi pesawat dengan baling-baling di bagian atas pesawat. Penggunaan turbin mulai digunakan dalam pesawat jet untuk dapat membuat pesawat melaju lebih cepat dibandingkan menggunakan baling-baling.

Perkembangan dan modernisasi transportasi udara berkembang juga pada bahan pembuatnya yaitu menggunakan bahan baja yang lebih kuat dan tahan terhadap tekanan.

Jenis-jenis alat transportasi udara:

  1. Pesawat terbang merupakan alat transportasi udara yang modern dengan waktu tempuh yang sangat cepat.
  2. Helikopter merupakan pesawat udara berukuran kecil dengan baling-baling di atasnya, dipakai untuk penerbangan antar kota, daerah pedalaman, dan daerah yang tidak bisa dijangkau oleh alat transportasi lain.
  3. Pesawat tempur merupakan pesawat yang digunakan untuk bertempur jika terjadi peperangan melalui udara.
  4. Pesawat ulang alik merupakan pesawat yang digunakan untuk misi penerbangan luar angkasa berawak.

1. Jelaskan yang dimaksud alat transportasi!

Pembahasan:
Alat yang digunakan untuk pengangkutan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain

2. Jelaskan perbedaan alat transportasi tradisional dengan alat transportasi modern! Berikan contohnya!

Pembahasan:
Alat transportasi tradisional yaitu alat transportasi yang tidak menggunakan mesin contohnya: gerobak, becak, dan delman. Sedangkan, alat transportasi modern yitu alat transportasi yang menggunakan mesin contohnya: motor, mobil, kereta api, dan pesawat.

3. Sebutkan contoh alat transportasi umum yang ada di Jakarta!

Pembahasan:
Contoh alat transportasi umum yang ada di Jakarta: Bus Trans Jakarta, Kereta Commuter Line, Mass Rapid Transit (MRT), dan Lintas Rel Terpadu (LRT).

4. Apakah sepeda, saat ini bisa dianggap sebagai alat transportasi modern karena masih banyak yang menggunakannya? Jelaskan Alasanmu!

Pembahasan:
Sepeda tidak bisa dianggap sebagai alat transportasi modern karena sepeda tidak menggunakan mesin.

Demikian pembahasan mengenai Modernisasi dalam Bidang Tranportasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.