Menu
Akurat dan Terpercaya

Menggambar Bentuk Benda Tiga Dimensi

  • Share

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Gambar Bentuk Tiga Dimensi. Fokus pembahasan kali ini adalah ciri-ciri bentuk tiga dimensi, jenis-jenis benda karya tiga dimensi, teknik menggambar benda tiga dimensi, contoh benda kubistis, silindris, dan bebas. Semoga bermanfaat.

Menggambar Bentuk Benda Tiga Dimensi

Menggambar bentuk adalah cara menggambar suatu objek berupa benda mati, flora, fauna, manusia dan alam sekitar dengan cara meniru objek sehingga menghasilkan kemiripan atau menyerupai seperti aslinya. Disebut tiga dimensi karena gambar terlihat seolah-olah memiliki panjang, lebar dan tinggi.

Jenis-Jenis Gambar Bentuk Tiga Dimensi

1. Kubistis

Gambar bentuk benda kubistis adalah gambar dengan bentuk dasar menyerupai bangun kubus atau balok, misalnya: meja, kursi, kotak pensil, kulkas, dan benda-benda lain yang berbentuk kubistis.

2. Silendris

Gambar bentuk benda silindris adalah gambar dengan bentuk dasar menyerupai silinder atau tabung, misalnya: botol, gelas, drum minyak dan benda-benda lainnya yang menyerupai silinder atau tabung.

3. Bebas

Gambar bentuk benda bebas adalah gambar benda yang bentuknya tidak beraturan atau merupakan gabungan antara benda kubistis dan silindris, misalnya: buah-buahan, batu-batuan, pohon, dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menggambar bentuk dengan baik dan benar, maka diperlukan pengetahuan dan penguasaan terhadap prinsip-prinsip dan langkah-langkah kerjanya. Ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

  1. model adalah objek yang dijadikan acuan dalam menggambar.
  2. proporsi kesesuaian ukuran objek antar bagian sehingga menghasilkan gambar benda yang tampak wajar.
  3. komposisi adalah tata susunan keseimbangan antar bagian, kesatuan antar bagian gambar, dan keselarasan antar bagian yang satu dengan bagian yang lain.
  4. perspektif adalah pandangan terhadap benda. Benda digambar kecil bila tampak jauh.
  5. gelap terang. Dalam mengarsir benda harus memperhatikan arah cahaya. Diarsir tipis jika benda mendapat cahaya, dan diarsir tebal jika benda tidak mendapat cahaya.

Dalam memberikan efek gelap terang, terdapat dua cara yang dapat digunakan, yaitu:

1. Teknik Arsir

Teknik arsir adalah cara menggambar dengan garis menyilang atau sejajar untuk menentukan gelap terang objek gambar sehingga tampak seperti tidak dimensi.

2. Teknik Dusel

Teknik dusel adalah cara meggambar untuk menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil yang digoreskan dalam posisi miring (rebah) atau dapat juga digosok menggunakan kapas atau jari.

Alat dan Bahan untuk Menggambar Bentuk

Peran alat dan bahan sangatlah menentukan dalam menghasilkan gambar bentuk yang baik dan bagus. Alat dan bahan untuk menggambar bentuk dapat dibedakan berdasarkan penggunaan media yang akan dipakai yaitu media kering dan media basah.

Media Kering

Perlataan ini digunakan pada area gambar dengan media warna dalam keadaan kering. Cara penggunaannya adalah dengan menggoreskan langsung pada permukaan area gambar. Adapun peralatan untuk media kering antara lain yaitu: pensil, krayon, spidol, dan drawing pen.

Media Basah

Peralatan ini digunakan pada bidang gambar dengan media warna dalam keadaan basah. Bahan warnanya tersimpan dalam bentuk tabung, botol atau kaleng. Diantaranya peralatan media basar yaitu: cat air, cat poster, cat bak, cat minyak (akrilik) dan pewarna lain yang memiliki kerakteristik cair atau memerlukan pengencer.

1. Bagaimana ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi?

Ciri-ciri benda berbentuk tiga dimensi yaitu:

  1. Mempunyai panjang, lebar, dan tinggi.
  2. Dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang mana pun.
  3. Memiliki volume.

2. Apa saja jenis-jenis benda karya tiga dimensi?

Jenis-jenis benda karya tiga dimensi yaitu kubistis, silindris, dan bebas.

3. Bagaimanakah teknik dasar menggambar benda tiga dimensi?

Ada beberapa teknik dasar dalam menggambar benda tiga dimensi yaitu teknik arsir, teknik sapuan basah (aquarel), teknik dussel (gosok), teknik siluet (blok) dan teknik pointilis.

4. Berikan contoh benda-benda tiga dimensi di rumahmu yang termasuk jenis benda kubistis, silindris, dan bebas!

Benda kubistis : kuris, meja, kulkas, koper, dan telvisi
Benda silindris : botol, galon, gelas, termos, dan ember
Benda bebas : buah-buahan, batu-batuan, dan pohon

5. Cobalah untuk menggambar benda di bawah ini!

Berdasarkan jenis benda 3 dimensi, termasuk jenis benda apakah gambar di samping?

Termasuk benda silindris karena bentuknya menyerupai silinder atau tabung.

Demikian pembahasan mengenai Menggambar Bentuk Benda Tiga Dimensi. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *