Menu
Akurat dan Terpercaya

Menggali Informasi Penting Teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

  • Share
Menggali Informasi Penting Teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan memabahas materi mengenai Menggali Informasi Penting Teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. Semoga bermanfaat.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Pembangkit listrik tenaga bayu adalah suatu pembangkit listrik yang menggunakan angin sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit ini dapat mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Sistem pembangkitan listrik menggunakan angin sebagai sumber energi merupakan sistem alternatif yang sangat berkembang pesat, mengingat angin merupakan salah satu energi yang tidak terbatas di alam.

Pembangkit listrik tenaga bayu memanfaatkan angin melalui kincir, untuk menghasilkan energi listrik. Alat ini cocok sekali digunakan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil dan memiliki tiupan angin yang kencang serta stabil.

Secara umum, sistem alat ini memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor. Hembusan angin ditangkap baling-baling, dan dari putaran baling-baling tersebut akan dihasilkan putaran motor yang selanjutnya diubah menjadi energi listrik. Cara kerja pembangkit listrik tenaga angin sederhana bisa dilakukan oleh siapapun, terlebih lagi bagi masyarakat atau pemerintah daerah yang lokasinya berada di pesisir pantai, karena di daerah pesisir ini banyak terdapat sumber angin. Energi angin ini juga bisa disebutkan sebagai salah satu energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan untuk jangka waktu yang panjang.

Salah satu pembangkit listrik tenaga bayu di Indonesia yaitu PLTB Sidenreng Rappang yang terletak di Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. PLTB ini diresmikan pada tanggal 2 Juli 2018 lalu.

Pembangkit Listrik Tenaga Angin perlu dikembangkan karena sumber energi ini merupakan sumber energi yang terbarukan dan ramah lingkungan karena penggunaannya tidak mengakibatkan emisi gas buang. Jika kita, atau secara luas masyarakat Indonesia dapat memanfaatkan energi angin untuk pembangkit listrik, maka manfaat yang sangat besar akan kita dapatkan.

Menggali Informasi Penting Teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Anak-anak hebat, dari teks tersebut kita bisa menggali informasi penting yang terdapat di dalamnya. Kalian bisa menggunakan kata tanya apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, dan bagaimana.

Paragraf 1

PertanyaanJawaban
Apa yang dimaksud dengan PLTB?PLTB adalah suatu pembangkit listrik yang menggunakan angin sebagai sumber energi untuk menghasilkan energi listrik.

Paragraf 2

PertanyaanJawaban
Di mana PLTB cocok digunakan?PLTB cocok digunakan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil dan memiliki tiupan angin yang kencang serta stabil.

Paragraf 3

PertanyaanJawaban
Bagaimana cara kerja PLTB?Secara umum, sistem alat ini memanfaatkan tiupan angin untuk memutar motor. Hembusan angin ditangkap baling-baling, dan dari putaran baling-baling tersebut akan dihasilkan putaran motor yang selanjutnya diubah menjadi energi listrik.

Paragraf 4

PertanyaanJawaban
Di mana letak PLTB yang ada di Indonesia?Salah satu pembangkit listrik tenaga bayu di Indonesia yaitu PLTB Sidenreng Rappang yang terletak di Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan.

Paragraf 5

PertanyaanJawaban
Mengapa PLTB merupakan sumber energi yang terbarukan dan ramah lingkungan? Karena penggunaannya tidak mengakibatkan emisi gas buang.

Demikian pembahasan mengenai Menggali Informasi Penting Teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *