Kuliah

Mengenal Aktuaria, Program Studi Baru Pavorit Calon Mahasiswa

Mungkin banyak yang belum mengenal Aktuaria. Ya, Akturia merupakan program studi yang terbilang baru. Program studi ini sendiri baru muncul mulai tahun 2017. Itupun tidak semua perguruan tinggi membuka program studi tersebut.

Meskipun baru, ternyata Aktuaria menjadi program studi baru yang cukup banyak peminatnya. Berdasarkan data dari hasil SBMPTN, di tahun 2019, Aktuaria menjadi program studi dengan passing grade tertinggi nilai UTBK dibidang Saintek (Sains dan Teknologi).

Program studi Aktuaria merupakan program studi yang mempelajari bidang studi matematika. Banyak orang sering menyebutnya sebagai “Matematika Asuransi”. Program studi ini berada di bawah naungan Fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Aktuaria sendiri merupakan ilmu yang mempelajari asuransi. Mahasiswa yang mengambil program studi ini akan diajarkan bagaimana mengelola risiko keuangan di masa yang akan datang. Mata kuliah yang diajarkan merupakan kombinasi dari ilmu matematika, peluang, statistika. keuangan, dan pemrograman komputer.

Lulusan Aktuaria nantinya akan menjadi ahli madya asuransi yang memiliki keahlian dalam bidang adiministrasi asuransi dan aktuaria. Selain itu, lulusan juga akan memiliki keahlian dala perencanaan keuangan personal.

Peluang karir lulusan Aktuaria juga sangat bagus. Karena program studi baru, lulusan aktuaria di Indonesia masih sangat minim. Lulusan aktuaria bisa bekerja sebagai Aktuaris, Pemeriksa Klaim, dan Asuransi Properti, Penilai, Pemeriksa, dan Penyelidik Klaim Asuransi, Penaksir Asuransi untuk Kerusakan Kendaraan, Agen Penjualan Asuransi, dan Surveyor Risiko Asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker