Mengapa Kita Melaksanakan 3M, Manfaat 3M, dan Akibat Kita Tidak Disiplin Melakukan 3M

Hai adik-adik kelas 4 SD, seperti yang kita ketahui bahwa Pandemi Covid-19 masih melanda negara kita tercinta, maka dari itu kita harus selalu mematuhi protokol kesehatan, kita tidak boleh lengah, kita harus melindungi diri, keluarga dan orang-orang disekitar kita. Salah satunya dengan selalu melaksanakan gerakan 3M. Kali ini kita akan membahas mengenai Mengapa Kita Melaksanakan 3M, Manfaat 3M, dan Akibat Kita Tidak Disiplin Melakukan 3M.

Ingat Pesan Ibu, 3M

Penyebaran virus Corona atua Covid-19 harus ditekan semaksimal mungkin. Salah satu cara utamanya adalah dengan menerapkan perilaku disiplin. Ingat selalu pesan Ibu dengan melakukan langkah 3M sebagai upaya mencegah sekaligus memutus rantai penularan Covid-19.

3M itu mudah dilakukan dan bisa mencegah penyebaran virus Covid-19.

Melaksanakan 3M yaitu dilakukan dengan cara:

  1. Menggunakan masker
  2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  3. Menjaga jarak

1. Menggunakan Masker

Mengapa harus memaki masker?

Berdasarkan penelitian internasional, memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 sebesar 45 persen. Lebih baik lagi adalah menggunakan masker bedah yang mampu menekan penyebaran virus Covid-19 hingga 70 persen.

2. Mencuci Tangan

Mengapa harus mencuci tangan?

Mencuci tangan meruapakan langkah 3M berikutnya untuk menurunkan risiko Covid-19 sebesar 35 persen. WHO menyarankan, cucilah tangan meggunakan sabun/antiseptik selama 20-30 detk dan menerapkan langkah-langkah yang benar.

Jika dalam kondisi tertentu, semisal tidak ada air dan sabun atau tidak dapat menggunakan air dan sabun untuk membersihkan tangan, solusi lainnya adalah memakai cairan yang berbasis setidaknya 60 persen alkohol seperti hand sanitizer.

3. Menjaga Jarak

Mengapa harus menjaga jarak?

Penerapan 3M yang paling utama adalah menjaga jarak atau social distancing dengan jarak minimal 1,5 meter, termasuk dengan menghindari kerumunan. Jika hal tersebut dilakukan maka akan dapat meminimalisir risiko penyebaran Covid-19 hingga 85 persen.

Setelah membaca uraian di atas, jawablah pertanyaan berikut ini!

Menurutmu, mengapa kita harus melaksanakan 3M? Apa manfaat menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak? Bagaimana akibatnya apabila kita tidak disiplin dalam melakukan 3M?

Menurutmu, mengapa kita harus melaksanakan 3M?

Dengan melaksanakan 3M kita dapat mencegah sekaligus memutus rantai penularan Covid-19.

Apa manfaat menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak?

Manfaat menggunakan masker dapat mencegah virus corona masuk ke tubuh kita melalui mulut dan hidung. Berdasarkan penelitian internasional, memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan Covid-19 sebesar 45 persen. Lebih baik lagi adalah menggunakan masker bedah yang mampu menekan penyebaran virus Covid-19 hingga 70 persen.

Manfaat mencuci tangan dapat membunuh dan membersihkan tangan dari virus corona. Mencuci tangan merupakan langkah 3M berikutnya untuk menurunkan risiko Covid-19 sebesar 35 persen.

Manfaat menjaga jarak adalah mencegah penularan virus corona melalui sentuhan. Dengan menjaga jarak dapat meminimalisir risiko penyebaran covid 19 hingga 85 persen.

Bagaimana akibatnya apabila kita tidak disiplin dalam melakukan 3M?

Jika tidak disiplin melakukan 3M, kita dapat terkena virus corona. Bahkan kita dapat menularkan virus corona tersebut ke teman maupun keluarga kita. Hal ini tentu berakibat penyebaran virus corona tidak akan bisa dicegah atau diputus.

Rangkailah jawaban-jawabanmu menjadi sebuah tulisan dengan bahasamu sendiri!

3M Memutus dan Mencegah Penyebaran Virus Corona

Untuk mencegah dan memutus rantai penyebaran virus corona, kita harus melakukan 3M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Menggunakan masker dapat mencegah virus corona masuk ke tubuh kita melalui mulut dan hidung. Mencuci tangan dapat membunuh dan membersihkan tangan dari virus corona. Menjaga jarak dapat mencegah penularan virus corona melalui sentuhan. 3M harus dilaksanakan dengan disiplin. Jika tidak disiplin melakukan 3M, kita dapat terkena virus corona. Bahkan kita dapat menularkan virus corona tersebut ke teman maupun keluarga kita. Hal ini tentu berakibat penyebaran virus corona tidak akan bisa dicegah atau diputus.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *