Menu
Akurat dan Terpercaya

Mengapa Harus Menghemat Kertas

  • Share
Mengapa Harus Menghemat Kertas

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Mengapa Harus Menghemat Kertas. Pembahasan akan fokus kepada: Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas? Apa dampaknya apabila kita memanfaatkan kertas secara berlebihan? Bagaimana sikapmu bila melihat temanmu yang boros dalam menggunakan kertas? Tuliskan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghemat kertas! Tuliskan contoh-contoh pelaksanaan hak dan
kewajiban secara seimbang! Ceritakan pengalamanmu dalam menggunakan kertas! Semoga bermanfaat.

Mengapa Harus Menghemat Kertas

Kertas diproduksi menggunakan mesin yang membutuhkan energi yang sangat besar. Bahan utama pembuatan kertas yaitu pohon dan air. Untuk mendapatkan satu rem kertas atau setara 500 lembar kertas ukuran A4 kita membutuhkan satu pohon yang berusia lima tahun. Dan untuk menghasilkan satu lembar kertas kita membutuhkan 12 air. Semakin banyak kertas yang dibuat maka semakin banyak juga pohon yang digunakan. Begitu juga dengan energi yang digunakan untuk menjalankan mesin pembuat kertas tentunya memerlukan energi yang sangat besar.

Simaklah ilsutrasi berikut ini!

Budi, sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari ibu guru. Ia menggunakan banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa?

Tindakan yang dilakukan oleh Budi tentu tidak boleh ditiru karena dia telah melakukan pemborosan kertas. Seperti yang telah kita ketahui dalam pembuatan kertas memerlukan energi yang besar dan sumber daya alam yang sangat banyak. Sumber daya alam (pohon) lama kelamaan akan cepat berkurang bahkan bisa saja terjadi kelangkaan hingga kepunahan apabila digunakan terus menerus tanpa memperhatikan kelestariannya.

Sebagai anggota masyarakat, kita harus menggunakan hak dan kewajiban secara seimbang. Kita juga memiliki hak dan kewajiban terhadap kertas yang kita gunakan.

Hak terhadap kertas:

  1. Menggunakan kertas
  2. Hidup di lingkungan yang nyaman

Kewajiban terhadap kertas:

  1. Menghemat penggunaan kertas
  2. Menggunakan segala sumber daya alam yang ada seperlunya saja.

Ketika kita menghemat kertas, kita juga menghemat energi. Kita juga menghemat pohon-pohon di hutan. Kita ikut menjaga Bumi supaya setiap orang bisa hidup nyaman.

Cara menghemat kertas:

  1. Menggunakan kertas yang sisinya masih kosong.
  2. Teliti saat menulis.
  3. Menggunakan kertas ketika benar-benar dibutuhkan.

Nah Anak-anak hebat, kita berhak menggunakan kertas namun kita juga memiliki kewajiban untuk menggunakannya secara bijak dengan memperhatikan kelestarian lingkungan.

Selanjutnya, ayo jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?

Pembahasan:
Dengan menghemat penggunaan kertas maka kita dapat menghemat penggunaan energi serta dapat menjaga kelestarian pohon.

2. Apa dampaknya apabila kita memanfaatkan kertas secara berlebihan?

Pembahasan:
Apabila kita memanfaatkan kertas secara berlebihan maka sumber energi juga akan cepat habis karena dalam membuat kertas dipergunakan mesin yang memerlukan energi yang besar. Selain itu, pohon-pohon yang merupakan bahan baku kertas juga akan habis. Sehingga akan terjadi kerusakan lingkungan.

3. Bagaimana sikapmu bila melihat temanmu yang boros dalam menggunakan kertas?

Pembahasan:
Saya akan menyarankan kepadanya agar menghemat penggunaan kertas. Saya akan menjelaskan kepadanya dampak dari tidak menghemat penggunaan kertas.

4. Tuliskan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghemat kertas!

Pembahasan:
(1) Menggunakan kertas yang sisinya masih kosong.
(2) Teliti saat menulis.
(3) Menggunakan kertas ketika benar-benar dibutuhkan.

5. Tuliskan contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang! Ceritakan pengalamanmu dalam menggunakan kertas!

Pembahasan:
Contoh hak dan kewajiban secara seimbang:
(1) Kita berhak menggunakan kertas maka kita berkewajiban menghemat penggunaan kertas.
(2) Kita berhak hidup di lingkungan yang nyaman maka kita berkewajiban untuk menggunakan sumber daya alam seperlunya saja.
Contoh pengalaman dalam menggunakan kertas:
Selama belajar dari rumah, saya selalu menggunakan kertas untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Saya menggunakan kertas dengan cermat. Saya selalu berhati-hati dalam menulis di kertas agar tidak salah sehingga dapat menghemat kertas.

Demikian pembahasan mengenai Mengapa Harus Menghemat Kertas. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *