Menu
Akurat dan Terpercaya

Menentukan Tindakan Menumbuhkan Persatuan dan Kesatuan di Masyarakat

  • Share
Menentukan Tindakan Menumbuhkan Persatuan dan Kesatuan di Masyarakat

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi manfaat persatuan dan kesatuan. Kali ini pembahasan akan fokus kepada menentukan tindakan yang dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Semoga bermanfaat.

Menentukan Tindakan Menumbuhkan Persatuan dan Kesatuan

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mengetahui manfaat persatuan dan kesatuan. Salah satu contohnya adalah terciptanya rasa cinta kasih kepada saudara dan handai taulan dengan tetap saling sapa saat hari raya meskipun hanya secara virtual.

Pastinya Ibu sering memasak untuk menyiapkan makanan bukan? Apakah kalian biasa untuk membantu ibu menyiapkan makanan di rumah? Coba perhatikan saat ibumu memasak. Jika ingin lebih jelas, kamu dapat bertanya bahan-bahan apa yang digunakan. Cermatilah! Bahan-bahan tersebut termasuk zat tunggal atau campuran karena di dapur banyak terdapat benda-benda tunggal atau campuran yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan dalam masakan.

Pada saat bekerjasama dengan ibu, membantu memasak maupun kegiatan lain dengan anggota keluarga akan meciptakan sebuah kerukunan di dalam keluarga, manfaatnya dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga.

Kerukunan dalam perbedaan yang ada di Indonesia juga harus kita jaga. Kondisi masyarakat yang rukun dan damai membuat kita hidup dengan aman dan nyaman. Tidak hanya itu hidup rukun juga dapat menjaga rasa persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat.

Tentukan, apakah Tindakan berikut dapat menumbuhkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat atau tidak. Berilah tanda V pada kolom yang tepat. Berikan juga alasan dari jawabanmu!

NoTindakan dalam masyarakatYaTidakAlasan jawaban
1.Dalam diskusi di kelas, Komang meminta teman-teman memilih busana daerahnya karena ia merasa budaya daerahnya lebih baik dari budaya daerah lain.VMerasa budaya daerah sendiri lebih baik dan menjelekkan budaya daerah tentu akan menimbulkan perpecahan di masyarakat.
2.Kelas 5A dengan senang dan bersemangat mempelajari cara bermain angklung bersama-sama meskipun tidak semua siswa berasal dari Jawa Barat.VDengan bersemangat bermain angklung bersama-sama meskipun tidak semua siswa berasal dari Jawa Barat merupakan wujud menghargai kebudayaan lain. Tindakan ini akan menumbuhkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.
3.Seluruh siswa mengumpulkan baju bekas layak pakai untuk disumbangkan ke daerah lain yang sedang terkena musibah dan tanah longsor.VSikap membantu daerah yang terkena bencana dengan mengumpulkan baju bekas layak pakai tentu akan menumbuhkan persatuan dan kesatuan dalam masyarakat.

Demikian pembahasan mengenai Menentukan Tindakan Menumbuhkan Persatuan dan Kesatuan di masyarakat. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *