Menentukan Situasi Dalam Masyarakat Sesuai dengan Nilai-Nilai Luhur Pancasila dan Alasan

Hai adik-adik kelas 5 SD, sebelumnya kita sudah membahas materi tentang nilai-nilai luhur Pancasila. Kali ini Osnipa akan membahas materi Menentukan Situasi Dalam Masyarakat Sesuai dengan Nilai-Nilai Luhur Pancasila dan Alasan.

Nilai-nilai luhur Pancasila menjadi landasan hidup masyarakat di Indonesia yang terdiri atas beragam suku, RAS, agama dan budaya. Mari berlatih memahami nilai-nilai luhur Pancasila yang berkembang di masyarakat.

Tentukanlah apakah situasi dalam masyarakat berikut sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila! Setelah itu jelaskan pendapatmu!

NoSituasi dalam MasyarakatSesuaiTidak SesuaiAlasan Jawaban
1.Warga Desa Makmur sepakat untuk memperbaiki jalan secara bersama-sama. Setiap warga Desa diharapkan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses perbaikan jalan tersebut. Pak Doni adalah warga Desa Makmur. Ia menolak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
2.Lani senang mendengarkan musik dengan suara yang cukup keras. Hari itu, Komang yang rumahnya bersebelahan dengan Lani sedang melaksanakan perayaan hari Nyepi sebagai hari raya keagamaannya. Agar tidak mengganggu Komang, hari itu Lani memilih untuk mendengarkan dengan suara kecil.

Pembahasan:

NoSituasi dalam MasyarakatSesuaiTidak SesuaiAlasan Jawaban
1.Warga Desa Makmur sepakat untuk memperbaiki jalan secara bersama-sama. Setiap warga Desa diharapkan untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses perbaikan jalan tersebut. Pak Doni adalah warga Desa Makmur. Ia menolak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.Sikap Pak Doni yang menolak berpartisipasi dalam kegiatan memperbaiki jalan sesuai kesepakatan tidak sesuai dengan nilai luhur Pancasila sila keempat yaitu menghormati hasil musyawarah dan juga bertentangan dengan nilai gotong royong.
2.Lani senang mendengarkan musik dengan suara yang cukup keras. Hari itu, Komang yang rumahnya bersebelahan dengan Lani sedang melaksanakan perayaan hari Nyepi sebagai hari raya keagamaannya. Agar tidak mengganggu Komang, hari itu Lani memilih untuk mendengarkan dengan suara kecil.Sikap Lani mendengarkan musik dengan suara kecil saat Komang melaksanakan perayaan hari Nyepi menunjukkan sikap toleransi dan saling menghormati pemeluk agama lain. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai luhur sila pertama Pancasila.

Demikian pembahasan mengenai Menentukan Situasi Dalam Masyarakat Sesuai dengan Nilai-Nilai Luhur Pancasila dan Alasan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *