Menu
Akurat dan Terpercaya

Menemukan Kalimat Tidak Efektif dalam Teks Eksplanasi Sang Penemu Arus Listrik

  • Share
Menemukan Kalimat Tidak Efektif dalam Teks Eksplanasi Sang Penemu Arus Listrik

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Menemukan Kalimat Tidak Efektif dalam Teks Eksplanasi Sang Penemu Arus Listrik. Semoga bermanfaat.

Kalimat Efektif dalam Teks Eksplanasi

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa dan tata aturan ejaan yang tercantum dalam PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya.
Tata aturan ejaan yang perlu diperhatikan:

  1. Tanda baca
  2. Penggunaan huruf kapital
  3. Penulisan singkatan dan akronim

Kalimat efektif harus memiliki unsur-unsur penting dalam sebuah kalimat, yaitu subjek, predikat, objek dan keterangan. Paling tidak, memiliki subjek dan predikat.

  • Subjek (S) adalah pelaku yang melakukan perbuatan, kegiatan, tindakan, atau aktivitas tertentu.
  • Predikat (P) ialah tindakan atau kegiatan yang sedang dilakukan oleh subjek.
  • Objek (O) merupakan sesuatu yang dikenai tindakan oleh subjek.
  • Keterangan (K) menjelaskan bagaimana, di mana, atau kapan peristiwa yang dinyatakan dalam kalimat tersebut.

Contoh:
Baird mendemonstrasikan televisi di depan bapak-bapak dan ibu-ibu.

Baird (S)
mendemonstrasikan (P)
televisi (O)
di depan bapak-bapak dan ibu-ibu (K)

Kalimat efektif yang baik menggunakan kosa kata baku dalam penulisannya. Untuk melihat apakah kata baku yang kita gunakan sudah baik dan sesuai aturan, kita dapat melihatnya dalam KBBI, baik secara online atau dalam bentuk buku.

Kata tidak bakuKata baku
ApotikApotek
IjinIzin
AntriAntre
FotosintesaFotosintesis
HisapIsap
BertanggungjawabBertanggung jawab


Kalimat efektif harus hemat dalam penggunaan kata. Jangan menggunakan kata, frasa, atau bentuk lain yang tidak perlu.
Contoh:
Baird mendemonstrasikan televisi di depan para bapak-bapak dan ibu-ibu. (Tidak ejektif)
Baird mendemonstrasikan televisi di depan bapak-bapak dan ibu-ibu. (Efektif)

Contoh Paragraf Eksplanasi

Saat ini, komunikasi antarmanusia semakin mudah berkat temuan telepon. Ditemukan alat komunikasi yang pertama oleh Alexander Graham Bell. Pada saat bermukim di london, Bell sempat belajar tentang percobaan yang dilakukan oleh Herman Ludwig von Helmholtz yang bisa menghasilkan bunyi yang terdengar nyaring. Kemudian, suara yang keluar dari mulut saat berbicara, Bell pelajari pada tahun 1865.

Kalimat Tidak EfektifKalimat Efektif
temuanpenemuan
Ditemukan alat komunikasi ini yang pertama oleh Alexander Graham Bell.Alexander Graham Bell adalah orang yang pertama kali menemukan alat komunikasi ini
londonLondon
suara yang keluar dari mulut saat berbicara, Bell pelajari pada tahun 1865pada tahun 1865 Bell mempelajari lebih mendalam tentang suara yang keluar dari mulut saat berbicara.

Teks Eksplanasi Sang Penemu Arus Listrik

Listrik telah membawa amat banyak sekali perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. michael faraday adalah tokoh penemu arus listrik. Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil buat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tahukah kamu? Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik adalah gelombang electromagnetic, yaitu gelombang yang dapat rambat meski tidak ada media perantara. Gelombang elektromagnetik terbentuk dari hasil perubahan medan magnet dan medan listrik yang terjadi terus menerus.

Proses tersebut kemudian memicu terjadinya arus yang kemudian kita kenal sebagai arus listrik. Pada pusat pembangkit listrik, generator hasilkan arus listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke semua gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Betapa sangat penting sekali peranan listrik bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari. Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas :

  1. Temukanlah kalimat tidak efektif dalam teks ‘Sang Penemu Arus Listrik’ dan tulislah kalimat efektifnya!
  2. Sajikan dalam bentuk tabel seperti berikut!

Pembahasan:

NoKalimat Tidak EfektifKalimat Efektif
1Listrik telah membawa amat banyak sekali perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia.Listrik telah membawa banyak sekali perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia.
2michael faradayMichael Faraday
3buatmembuat
4elektromagneticelektromagnetik
5rambatmerambat
6hasilkanmenghasilkan
7Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke semua gardu-gardu penerima di berbagai daerah.Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke semua gardu penerima di berbagai daerah.
8Betapa sangat penting sekali peranan listrik bagi kehidupan manusia.Betapa sangat penting peranan listrik bagi kehidupan manusia.
9Tanpa listrik, tentunya kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari.Tanpa listrik, kita akan mendapatkan banyak kesulitan dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari.
10Namun demikian, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.Namun, kita juga harus tetap bijaksana menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pembahasan mengenai Menemukan Kalimat Tidak Efektif dalam Teks Eksplanasi Sang Penemu Arus Listrik. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *