Meneladani Perjuangan Pangeran Diponegoro

Hai adik-adik kelas 4 SD, sebelumnya kita telah belajar mengenai perjuangan Pangeran Diponegoro. Jika ada yang lupa, bisa dibaca lagi ya (Baca : Peta Pikiran Mengenai Pangeran Diponegoro). Kali ini kita akan membahas mengenai Meneladani Perjuangan Pangeran Diponegoro.

Salah satu upaya yang dilakukan Pangeran Diponegoro dalam perjuangannya adalah menyatukan seluruh rakyat pribumi dalam semangat “Sadumuk bathuk, sanyari bumi ditohi tekan pati“; sejari kepala, sejengkal tanah, dibela sampai mati.

Usaha ini berhasil karena Pangeran Diponegoro melakukannya disertai dengan memelopori, mencontohkan, dan memberikan komando yang jelas kepada semua rakyat, khususnya di Pulau Jawa.

Banyak hal yang dapat kita teladani dari perilaku dan perjuangan yang telah dilakukan oleh Pangeran Diponegoro. Kita akan membahasnya melalui soal-soal berikut ini.

Soal Meneladani Perjuangan Pangeran Diponegoro dan Pembahasan

1. Apa yang dapat kamu teladani dari perjuangan Pangeran Diponegoro? Jelaskan jawbanmu!

Pangeran Diponegoro merupakan pejuang yang berani, jujur, dan pantang menyerah. Beliau juga berhasil menyatukan seluruh rakyat pribumi untuk berjuang mengusir penjajah Belanda. Keberanian, kejujuran, pantang menyerah, dan kemampuan menyatukan seluruh rakyat yang saya teladani.

2. Apakah semangat Pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbeda-beda dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Berikan contoh!

Kita dapat menerapkan semangat pangeran Diponegoro menyatukan rakyat yang berbeda-beda dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan kita ingin membersihkan lingkungan tempat tinggal kita. Kita dapat memelopori dan memberikan contoh dalam membersihkan lingkungan. Kemudian kita bisa mengajak seluruh warga yang tinggal di lingkungan tersebut untuk turut serta membersihkan lingkungan.

3. Sejalan dengan sila berapakah sikap pangeran Diponegoro tersebut?

Sikap pangeran Diponegoro sesuai dengan sila ketiga pancasila yaitu persatuan Indonesia. Beliau berhasil menyatukan rakyat untuk turut berjuang melawan penjajah Belanda.

4. Apakah kamu menemukan sikap lain yang mencerminkan sila-sila dalam Pancasila yang bisa diteladani dari Pangeran Diponegoro?

Sikap pangeran Diponegoro yang mencerminkan sila Pancasila.

  1. Pangeran Diponegoro tertarik terhadap masalah keagamaan mencerminkan sila pertama Pancasila.
  2. Pangeran Diponegoro suka membaur dengan rakyat mencerminkan sila kedua Pancasila.
  3. Pangeran Diponegoro menerima nasihat pamannya Pangeran Mangkubumi untuk membuat markas di gua selarong mencerminkan sila keempat Pancasila.

5. Apakah kamu pernah bekerja sama dengan teman yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan? Tulis pengalaman bekerja sama yang pernah kamu lakukan!

Contoh pengalaman bekerjasama dengan teman yang berbeda-beda untuk mencapai tujuan:

Saya tinggal dilingkungan yang masyarakatnya merupakan pendatang dari berbagai daerah. Hal ini menyebabkan teman-teman saya memiliki agama, suku, dan kebudayaan yang berbeda-beda. Kami sangat suka bermain bola. Karena tidak ada lapangan bermain bola di sekitar tempat tinggal, kami bersama-sama membersihkan sebuah lahan kosong untuk dijadikan lapangan sepak bola.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *