BeritaBOS

Mendikbud : Tahun 2020, Sekolah Wajib Melaporkan Penggunaan Dana BOS Kepada Kemendikbud dan Masyarakat

Perubahan mekanisme pengelolaan dana BOS di tahun 2020 wajib diimbangi dengan akuntabilitas dan tranparansi. Mendikbud mewajibkan sekolah untu melaporkan penggunaan dana BOS kepada Kemendikbud dan Masyarakat.

Dari pengalaman tahun 2019, jumlah sekolah yang melaporkan penggunaan dana BOS ke Kemendikbud hanya mencapai 53 persen. Mendikbud berharap di tahun 2020, jumlah sekolah yang melaporkan penggunaan dana BOS ke Kemendikbud bisa mencapai 100 persen. Pelaporan ini akan dijadikan sebagai syarat pencairan dana BOS di tahap ketiga. “Kita ada tiga kali penyaluran dana BOS, kalau Kemendikbud tidak menerima laporan BOS tersebut via online ke website (bos.kemdikbud.go.id) pada tahap pertama dan kedua, maka dana BOS tahap ketiga tidak akan ditransfer ke rekening sekolah. Sekolah harus melakukan pelaporan penggunaan dana BOS lewat online 100 persen untuk bisa menerima dana BOS tahap ketiga” jelas Nadiem.

Mendikbud juga berharap laporan yang disampaikan oleh sekolah akurat sehingga dapat dijadikan bahan audit penggunaan BOS dalam upaya perbaikan kebijakan pendanaan sekolah.

Selain dikirimkan ke Kemendikbud, laporan BOS juga agar bisa diakses oleh masyarakat. Sekolah wajib mempublikasikan penerimaan dan penggunaan dana BOS di papan informasi sekolah atau tempat lain yang bisa diakses oleh masyarakat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi penggunaan dana BOS oleh sekolah.

Sumber : Kemendikbud

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker