BeritaBOSHonorer

Mendikbud : Perubahan Mekanisme Dana Bos Menjadi Langkah Pertama Peningkatan Kesejahteraan Guru Honorer

Mulai tahun 2020, Kemendikbud melakukan perubahan terhadap kebijakan penyaluran dan penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Dana BOS). Penggunaan dana BOS sekarang lebih fleksibel, sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru honorer.

Menurut Mendikbud, penggunaan dana BOS sekarang lebih fleksibel untuk kebutuhan sekolah. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan guru-guru honorer yang porsinya hingga 50 persen.

Setiap sekolah memiliki kondisi yang berbeda. Kebutuhan sekolah juga berbeda-beda. Perubahan kebijakan ini, pemerintah memberikan otonomi dan fleksibelitas penggunaan dana BOS.

Mengenai penggunaan dana BOS untuk membayar guru honorer, Mendikbud menyampaikan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu

  1. guru sudah memiliki Nomor Unik Tenaga Kependidikan
  2. belum memiliki sertifikat pendidik
  3. tercatat di Dapodik sebelum 31 Desember 2019

Kebijakan ini merupakan langkah pertama yang dilakukan oleh Kemendikbud untuk memperbaiki kesejahteraan guru-guru honorer yang telah berdedikasi selama ini.

Di tahun 2020, ada beberapa perubahan tentang mekanisme penyaluran dan penggunaan dana BOS meliputi:

  1. Penyaluran dilakukan secara langsung dari Kemendikbud ke rekening sekolah
  2. Kemendikbud meningkatkan harga satuan BOS per peserta didik untuk SD menjadi 900.000 per tahun, untuk SMP 1.100.000 per siswa per tahun, dan SMA 1.500.000 per siswa per tahun.

Sumber : Kemendikbud

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker