Menu
Akurat dan Terpercaya

Menceritakan Sejarah Lahirnya Pancasila

  • Share
Menceritakan Sejarah Lahirnya Pancasila

Hai adik-adik kelas 5 SD, setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila. Pancasila adalah ideoligi dasar bagi negara Indonesia. Kali ini Osnipa akan membahas materi Menceritakan Sejarah Lahirnya Pancasila.

Menceritakan Sejarah Lahirnya Pancasila

Mengamalkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila merupakan cara positif dalam mengisi kemerdekaan. Nilai-nilai dalam Pancasila merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur yang telah berkembang di masyarakat sejak zaman dulu. Oleh karena itulah, Pancasila menjadi pandangan hidup Indonesia dan menjadi pedoman dalam bersikap dan berperilaku bagi setiap warga negara Indonesia.

Bagaimanakah sejarah lahirnya Pancasila? Untuk mengetahui lebih jelasnya simak vidio pada link tautan
berikut ini!

Sekarang tugas Ananda adalah ceritakan kembali dengan bahasamu sendiri isi sejarah lahirnya pancasila dalam vidio yang telah kamu saksikan!

Berikut ini merupakan contoh cara Menceritakan Sejarah Lahirnya Pancasila.

Sejarah Lahirnya Pancasila

Pancasila lahir berkat pemikiran beberapa tokoh nasional, yaitu : Moh. Yamin, Dr.Soepomo, dan Ir. Soekarno. Sedangkan istilah Pancasila sudah dikenal bangsa Indonesia sejak jaman dahulu, tepatnya sejak jaman Majapahit. Istilah Pancasila terdapat pada kitab Negara Kertagama karangan Mpu Prapanca, dan kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular.

Dalam kitab Sutasoma Pancasila berarti Berbatu Sendi Yang Lima atau Pelaksanaan kesusilaan yang lima. Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu panca dan sila. Panca artinya lima dan sila artinya dasar atau prinsip.

Pancasila lahir pada saat pelaksanaan Sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Yang membahas tentang pembentukan dasar negara. Di dalam sidang pertama BPUPKI tersebut salah satu tokoh yaitu Ir. Soekarno melakukan pidato tanpa teks untuk menyampaikan usulan dasar negara pada hari terakhir sidang.

Kemudian pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan Undang-undang Dasar 1945 pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) termasuk pembukaan UUD 1945. Di dalam pembukaan UUD 1945 termuat isi rumusan 5 prinsip dasar negara yang disebut Pancasila, tepatnya di alinea ke-4.

Demikian pembahasan mengenai Menceritakan Sejarah Lahirnya Pancasila. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *