Menu
Akurat dan Terpercaya

Menceritakan Kembali Isi Fabel yang Berjudul “Kisah Semut dan Merpati” dengan Kalimat Sendiri

  • Share
Menceritakan Kembali Isi Fabel yang Berjudul "Kisah Semut dan Merpati" dengan Kalimat Sendiri

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Menceritakan Kembali Isi Fabel yang Berjudul “Kisah Semut dan Merpati” dengan Kalimat Sendiri. Semoga bermanfaat.

Kisah Semut dan Merpati

Pada suatu hari, ada seekor semut yang sedang berjalan-jalan mencari makan di pinggir sungai. Seperti biasa, dia berjalan dengan riang dan karena kurang hati-hati tiba-tiba ia terjatuh ke dalam sungai.

Arus sungai menghanyutkannya. Semut itu timbul tenggelam dan kelelahan. Ia berusaha untuk menepi, tetapi tidak berhasil. Seekor burung merpati kebetulan bertengger di ranting pohon yang melintang di atas sungai, melihat semut yang hampir tenggelam dan merasa iba.

Burung merpati ini memetik daun dan menjatuhkannya di dekat semut. Semut merayap naik ke atas daun. Akhirnya, ia berhasil menyelamatkan dirinya dengan bantuan daun tersebut dan mendarat di tepi sungai. Tidak lama kemudian, sang semut melihat seorang pemburu burung sedang mengendap-endap berusaha mendekati burung merpati yang telah menolongnya tadi. Semut menyadari bahaya yang membayangi merpati yang baik tersebut. Ia segera berlari mendekati pemburu dan menggigit kaki sang pemburu.

Pemburu itu kesakitan dan terkejut. Ia mengibaskan ranting yang tadinya akan digunakan untuk menangkap burung. Burung Merpati menyadari keberadaan pemburu yang sibuk mengibas-ngibaskan ranting. Akhirnya sang burung pun terbang menyelamatkan dirinya.

Sumber : www.rumahdongeng.com

Isi Dongen Kisah Semut dan Merpati

Isi dalam dongeng tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Pada suatu hari, ada seekor semut yang sedang berjalan-jalan mencari makan di pinggir sungai.
  2. Arus sungai menghanyutkannya.
  3. Burung merpati memetik daun dan menjatuhkan di dekat semut.
  4. Tidak lama kemudian, sang semut melihat seorang pemburu sedang mengendap-endap berusaha mendekati burung merpati yang telah telah menolongnya tadi.
  5. Pemburu itu kesakitan dan terkejut.

Menceritakan Kembali Isi Fabel yang Berjudul “Kisah Semut dan Merpati” dengan Kalimat Sendiri

Setelah menonton video, ceritakan kembali isi fabel yang berjudul “Kisah Semut dan Merpati” dengan kalimatmu sendiri ya, Nak!

Pembahasan:
Suatu hari semut mencari makan di pinggir sungai dan terjatuh ke sungai. Semut hanyut di sungai. Merpati yang melihat semut kemudian menolongnya. Dia memetik daun dan menjatuhkan di dekat semut. Semut naik ke daun dan berhasil selamat. Tidak lama, semut melihat ada seorang pemburu ingin menangkap merpati. Semut kemudian menggigit kaki pemburu. Pemburu terkejut sehingga gagal menangkap merpati.

Demikian pembahasan mengenai Menceritakan Kembali Isi Fabel yang Berjudul “Kisah Semut dan Merpati” dengan Kalimat Sendiri. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *