Menu
Akurat dan Terpercaya

Membuat Gambar Sederhana Berdasarkan Dongeng “Si Kancil dan Buaya”

  • Share
Membuat Gambar Sederhana Berdasarkan Dongeng "Si Kancil dan Buaya"

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Membuat Gambar Sederhana Berdasarkan Dongeng “Si Kancil dan Buaya”. Semoga bermanfaat.

Dongeng Si Kancil dan Buaya

Krukukukuk…krukukuk…krukukuk…terdengar suara dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, setelah seharian bermain dan akhirnya tertidur di dalam hutan.

Si Kancil membayangkan mentimun, makanan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk dapat menyebrangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai.

Si Kancil pun berpikir dan mencari akal agar dapat menyebrangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya. “Hai Buaya,..keluarlah!“ teriak si Kancil. “Ada apa teriak-teriak, kancil?“ sahut Buaya.

“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana? “tanya si Kancil, “Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu aku menyebrang sungai itu“ lanjut Kancil.

“Baiklah, tetapi bagaimana kami bisa membantumu?“ tanya Buaya.“Berbarislah kalian sampai ujung sungai itu, biarkan aku berjalan menyebrangi sungai melalui punggung kalian,“ kata Kancil.

Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga akhirnya si Kancil sampai di sebrang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya.

Membuat Gambar Sederhana Berdasarkan Dongeng “Si Kancil dan Buaya”

Sekarang, buatlah gambar sederhana berdasarkan cerita dongeng “Si Kancil dan Buaya” dengan akhir cerita yang sudah kamu buat.

Kemudian tuliskan pesan dalam dongeng tersebut menggunakan kalimatmu sendiri dengan singkat dan jelas di bagian bawah gambar ya!

Pembahasan:
Misalkan akhir cerita yang dibuat:
Kancil kemudian berlari sekencang-kencangnya meninggalkan para buaya di sungai. Dia kemudian memakan buah mentimun yang ada di sana. Buaya yang mengetahui bahwa telah ditipu oleh Kancil merasa sangat marah.

Membuat Gambar Sederhana Berdasarkan Dongeng "Si Kancil dan Buaya"

Pesan:
Kita tidak boleh menipu orang lain. Hal ini akan membuat orang lain akan marah kepada kita.

Demikian pembahasan mengenai Membuat Gambar Sederhana Berdasarkan Dongeng “Si Kancil dan Buaya”. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *