Matahari Pusat Sistem Tata Surya

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Matahari Pusat Sistem Tata Surya. Pembahasan kita akan fokus kepada apa itu matahari, Apa yang akan terjadi di bumi, jika panas matahari berkurang? kemungkinan yang akan terjadi di bumi jika panas matahari bertambah, dan manfaat dan peran matahari bagi kehidupan manusia.

Matahari Pusat Sistem Tata Surya

Matahari merupakan salah satu bintang yang ada di dalam galaksi. Matahari terdiri atas gumpalan gas raksasa dan memiliki banyak sekali lidah api. Lidah api matahari merupakan ledakan-ledakan yang dapat mencapai jutaan kilometer tingginya. Suhu permukaan matahari mencapai 5.800 derajat celcius.

Matahari adalah satu-satunya bintang di tata surya yang menghasilkan panas dan cahaya. Panas dan cahaya matahari inilah yang memberikan kehidupan di bumi. Perubahan panas matahari dapat menyebabkan kehidupan makhluk hidup di bumi juga terpengaruh. Jika panas matahari berkurang, maka seluruh bagian di dunia akan membeku. Tetapi jika panas matahari bertambah, es di kutub utara akan mencair dan air laut serta sungai akan naik.

Matahari berukuran sangat besar. Jarak antara pusat matahari hingga permukaannya sama dengan dua kali jarak bumi dengan bulan yang berjarak 384.000 km. Inti matahari sangat panas yaitu 15 juta derajat celcius.

Matahari sebagai pusat tata surya memengaruhi setiap planet yang ada di dalamnya. Setiap planet memiliki ciri dan keunikan yang berbeda. Planet di dalam tata surya dibagi menjadi dua golongan yaitu planet dalam dan planet luar.

Planet dalam adalah planet-planet yang terdekat dengan matahari dan termasuk empat planet yang pertama (Merkurius, Venus, Bumi, Mars). Planet luar adalah planet yang lebih jauh dari matahari dan mencakup empat plane berikutnya yaitu Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Kedua golongan planet tersebut dibatasi oleh sabuk asteroid. Sabuk asteroid yang merupakan bongkahan-bongkahan batu yang tersusun oleh materi-materi seperti materi penyusun planet, yaitu gas beku dan debu.

Planet-planet dalam terdiri atas batuan dan logam. Planet-planet ini bergerak perlahan karena mereka dianggap berat. Diameter rata-rata planet ini kurang lebih 13.000 km, oleh karenanya mereka dianggap sebagai planet kecil. Planet luar tersusun atas gas. Gas-gas penyusunnya antara lain adalah hidrogen dan helium. Planet-planet ini seperti balon besar yang mengambang di luar angkasa. Planet-planet ini dianggap sebagai planet gas raksasa, dan diameternya kurang lebih 18.000 km.

Manfaat dan Peran Matahari

Matahari adalah sumber energi bagi kehidupan. Matahari memiliki banyak manfaat dan peran yang sangat penting bagi kehidupan seperti:

  1. Panas matahari memberikan suhu yang pas untuk kelangsungan hidup organisme di Bumi. Selain itu, panas matahari memungkinkan adanya angin, siklus hujan, cuaca, dan iklim.
  2. Cahaya matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk melangsungkan fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pangan bagi hewan dan manusia.
  3. Pembangkit listrik tenaga matahari adalah mode baru pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan. Pembangkit listrik ini terdiri dari panel yang akan menangkap cahaya matahari dan mengkonsentrasikannya ke satu titik.
  4. Matahari menjadi penyatu planet-planet dan benda angkasa lain di sistem tata surya yang bergerak atau berotasi mengelilinginya. Keseluruhan sistem dapat berputar di luar angkasa karena di tahan oleh gaya gravitasi matahari yang besar.

1. Jelaskan sesuai pemahamanmu, apakah matahari itu?

Pembahasan:
Matahari adalah bintang besar yang menjadi pusat tata surya kita. Matahari menghasilkan panas dan cahaya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan di Bumi.

2. Apa yang akan terjadi di bumi, jika panas matahari berkurang?

Pembahasan:
Jika panas matahari berkurang, seluruh bagian dunia akan membeku.

3. Jelaskan kemungkinan yang akan terjadi di bumi jika panas matahari bertambah!

Pembahasan:
Jika panas matahari bertambah, es di kutub utara akan mencair dan air laut serta sungai akan naik dan akan menenggelamkan pulau-pulau di bumi.

4. Sebutkan manfaat dan peran matahari bagi kehidupan manusia!

Pembahasan:
Manfaat dan peran matahari bagi kehidupan manusia:
(1) Panas matahari memberikan suhu yang pas untuk kelangsungan hidup organisme di Bumi. Selain itu, panas matahari memungkinkan adanya angin, siklus hujan, cuaca, dan iklim.
(2) Cahaya matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk melangsungkan fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pangan bagi hewan dan manusia.
(3) Pembangkit listrik tenaga matahari adalah mode baru pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan. Pembangkit listrik ini terdiri dari panel yang akan menangkap cahaya matahari dan mengkonsentrasikannya ke satu titik.
(4) Matahari menjadi penyatu planet-planet dan benda angkasa lain di sistem tata surya yang bergerak atau berotasi mengelilinginya. Keseluruhan sistem dapat berputar di luar angkasa karena di tahan oleh gaya gravitasi matahari yang besar.

Demikian pembahasan mengenai Matahari Pusat Sistem Tata Surya. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *