Menu
Akurat dan Terpercaya

Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita

  • Share

Hai adik-adik kelas 4 SD, kali ini Osnipa akan membahas materi Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita. Pembahasan akan fokus kepada peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia, manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar, manfaat hewan bagi lingkungan sekitar, apa yang terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh, dan apa yang terjadi pada hewan yang berada di hutan yang telah rusak oleh kegiatan manusia.

Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita

Makhluk hidup terdiri atas tumbuhan, hewan, dan manusia. Manusia memerlukan tumbuhan dan hewan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hewan dan tumbuhan dikelola manusia sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat bagi kehidupan manusia.

Manfaat Tumbuhan bagi Lingkungan Sekitar

Tumbuhan dan hewan merupakan sumber daya aam hayati. Keberadaannya akan terus menerus ada sepanjang tidak terjadi peristiwa yang membuatnya punah.

Tumbuhan yang ada di sekitar kita memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, diantaranya yaitu:

  • Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi.
  • Tumbuhan berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor.
  • Tumbuhan bermanfaat untuk menyerap karbondioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.

Fotosintesis adalah proses memasak pada tumbuhan. Proses ini diperlukan agar tumbuhan memiliki energi dan cadangan makanan. Namun, fotosintesis ini tidak hanya bermanfaat untuk tumbuhan, tetapi juga untuk lingkungan sekitar.

Manfaat Hewan bagi Lingkungan Sekitar

Dalam rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam. Selain itu, ada juga jenis hewan pengurai yang berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara.

Manfaat Tumbuhan dan Hewan bagi Kehidupan Manusia

Tumbuhan dan hewan sebagai sumber daya hayati memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia. Beberapa manfaat tersebut antara lain: sebagai baha pangan, bahan sandang atau pakaian, peralatan rumah tangga, dan produk kesehatan.

1. Bahan Pangan

Hewan yang merupakan sumber makanan manusia antara lain sapi, ayam, udang, dan ikan. Sedangkan tumbuhan yang menjadi sumber makanan antara lain sayuran, buah-buahan, dan palawija seperti padi, kedelai, dan jagung.

2. Bahan Sandang atau Pakaian

Bahan pakaian yang digunakan manusia berasal dari erat tumbuhan dan hewan. Contoh tumbuhan yang dimanfaatkan seratnya adalah kapas. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan seratnya adalah ulat sutra dan domba. Serat-serat ini diolah menjadi benang yang kemudian dipintal dan ditenun menjadi kain.

3. Peralatan Rumah Tangga

Banyak perabot rumah tangga terbuat dari kayu yang berasal dari tumbuhan keras. Beberapa contohnya adalah kayu dari pohon jati, cendana, mahoni, dan pinus.

4. Produk Kesehatan

Tumbuhan dan hewan dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan. Berbagai tanaman obat seperti kunyit, jahe, temulawak, dan kumis kucing dimanfaatkan sebagai obat. Beberapa jenis hewan juga dimanfaatkan untuk obat-obatan seperti kadal, kelelawar, dan cacing.

Soal Manfaat Makhluk Hidup di Sekitar Kita dan Pembahasan

1. Buatlah sebuah peta pikiran untuk menjelaskan manfaat tumbuhan dan hewan terhadap kehidupan manusia!

Pembahasan:

2. Jelaskan manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitarnya!

Pembahasan:
Manfaat tumbuhan bagi lingkungan sekitar
(1) Tumbuhan membantu lingkungan untuk menyediakan oksigen dan menahan air hujan agar tidak terjadi erosi.
(2) Tumbuhan berfungsi sebagai pelindung tanah-tanah yang miring agar tidak mudah longsor.
(3) Tumbuhan bermanfaat untuk menyerap karbondioksida yang dikeluarkan manusia dan hewan lainnya untuk dimanfaatkan dalam proses fotosintesis.

3. Jelaskan manfaat hewan bagi lingkungan sekitarnya!

Pembahasan:
Manfaat hewan bagi lingkungan sekitar:
Dalam rantai makanan, hewan bermanfaat untuk menjaga keseimbangan alam. Selain itu, ada juga jenis hewan pengurai yang berfungsi untuk menguraikan sisa makanan menjadi zat makanan yang dapat diserap oleh tumbuhan sebagai zat hara.

4. Apakah yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh?

Pembahasan:
Yang akan terjadi pada daerah yang tidak subur sehingga tumbuhan sulit tumbuh:
(1) daerah menjadi gersang
(2) sulit mendapatkan air (karena tidak ada tumbuhan yang menyimpan air tanah)
(3) udara kotor (karena tidak ada tumbuhan yang dapat menyerap karbondioksida)
(4) udara jadi terasa panas (karena tidak ada tumbuhan penghasil oksigen)
(5) hewan-hewan yang hidup didaerah tersebut juga hanya hewan yang bisa menyimpan air seperti unta, atau hewan yang bisa bertahan dengan sedikit air

5. Apakah yang akan terjadi pada hewan-hewan yang berada di hutan yang telah dirusak oleh kegiatan manusia?

Pembahasan:
Hewan akan kehilangan tempat tinggal dan sumber makanan. Mereka akan memasuki kawasan pemukiman penduduk untuk mencari makanan. Jika tidak mendapatkan makanan, tentu mereka akan mati kelaparan dan hewan tersebut mengalami kepunahan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *