Menu
Akurat dan Terpercaya

Manfaat dan Mengapa Kerja Bakti Diperlukan

  • Share
Manfaat dan Mengapa Kerja Bakti Diperlukan

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas mengenai kerja bakit membersihkan lingkungan. Kali ini pembahasan akan fokus kepada apa yang dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan, manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga, dan mengapa kerja bakti perlu dilakukan. Semoga bermanfaat.

Manfaat dan Mengapa Kerja Bakti Diperlukan

Kekayaan sumber daya alam yang ada di negeri kita harus kita jaga dengan baik. Sebagai warga masyarakat, kita memiliki hak untuk memanfaatkannya, namun kita juga berkewajiban untuk menjaga kelestariannya.

Kita harus mengembangkan perilaku yang bertanggung jawab dalam memanfaatkan lingkungan alam. Bahkan, masyarakat pun harus mau bersatu padu dan bahu membahu menjaga kelestarian lingkungan alam. Misalnya, dengan bekerja bakti secara rutin membersihkan lingkungan, bergotong royong membangun sarana dan prasaran. Selain kelestarian alam tetap terjaga, dengan kegiatan tersebut menujukkan adanya sikap persatuan dan kesatuan masyarakat.

Nah, berikut ini ada teks yang berjudul “Warga Kelurahan Rawa Badak Utara Rutin Kerja Bakti”, Kita baca bersama-sama yuk!

Warga Kelurahan Rawa Badak Utara Rutin Kerja Bakti

Warga di wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, bersama aparat pemerintah kelurahan melakukan kerja bakti bersama. Kegiatan itu dilakukan untuk mencegah banjir. Kegiatan kerja bakti yang dilakukan antara lain membersihkan selokan di depan tiap-tiap rumah warga serta membersihkan sampah yang ada di lingkungan.

Lurah Rawa Badak Utara, Suranta, menjelaskan bahwa kegiatan kerja bakti atau gotong royong itu dilakukan rutin di Kelurahan Rawa Badak Utara. Dalam kegiatan itu, warga juga melakukan penghijauan agar jalan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah. Manfaat lain dari kerja bakti adalah terjalinnya kerja sama dan kebersamaan di antara warga.

1. Apa yang dapat dilakukan dalam kerja bakti untuk usaha pelestarian lingkungan?

Pembahasan:
Dalam usaha pelestarian lingkungan, dalam kerja bakti dilakukan penghijauan agar jalan lingkungan menjadi asri, hijau, dan indah
.

2. Apa manfaat kerja bakti dalam menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga?

Pembahasan:
Kerja bakti dapat menjalin kerjasama dan kebersamaan di antara warga sehingga persatuan dan kesatuan warga terjaga.

3. Mengapa kerja bakti perlu dilakukan?

Pembahasan:
Kerja bakti diperlukan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan serta untuk menjaga sikap persatuan dan kesatuan warga.

4. Amatilah gambar berikut. Apakah perilaku atau sikap orang-orang pada gambar mencerminkan persatuan dan kesatuan? Tuliskan pendapatmu mengenai gambar tersebut pada kolom di sampingnya!

Pembahasan:

Gambar 1 tidak mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan. Pada gambar tampak dua anak yang sedang berkelahi. Prilaku seperti ini tentu akan membuat perpecahan.

Gambar 2 mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan. Pada gambar tampak siswa bekerja bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah. Perilaku seperti ini tentu akan mempererat persatuan dan kesatuan.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat dan Mengapa Kerja Bakti Diperlukan. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *