Menu
Akurat dan Terpercaya

Makna Persatuan dan Kesatuan Kelas 6 SD

  • Share
Makna Persatuan dan Kesatuan

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi makna persatuan dan kesatuan. Pembahasan akan fokus kepada makna persatuan dan kesatuan, mengapa bangsa Indonesia harus menjaga persatuan dan kesatuan, dampak jika persatuan dan kesatuan tidak terwujud, serta contoh pengalaman hidup rukun. Semoga bermanfaat.

Makna Persatuan dan Kesatuan

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, menandakan lahirnya bangsa Indonesia. Dan menjadi ikrar bersatunya seluruh rakyat dalam naungan satu negara yaitu Indonesia. Rakyat Indonesia bersatu dalam memproklamirkan kemerdekaan negara Indonesia. Bersatu dalam perbedaan, yang merupakan landasan dari persatuan sudah menjadi tatanan kehidupan masyarakat Indonesia sejak dulu.

Persatuan dan kesatuan berasal dari kata satu yang berarti utuh dan tidak terpecah belah. Persatuan dan kesatuan berarti bersatu dalam keberagaman. Persatuan dan kesatuan bangsa berarti bersatunya seluruh rakyat yang terdiri atas beragam suku bangsa, budaya dan agama sebagai satu bangsa yaitu Indonesia. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dilandasi oleh semboyan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
Perbedaan tidak menghalangi persatuan. Dengan bersatu, kita dapat melakukan banyak hal. Persatuan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan.

Persatuan dan kesatuan bangsa dimulai dari lingkungan terkecil yaitu keluarga, lingkungan sekolah, masyarakat dan negara. Dengan mulai menerapkan hidup rukun antar sesama. Menjaga kerukunan di lingkungan tempat tinggal kita merupakan tugas setiap warga.

Arti penting persatuan dan kesatuan

  1. Mempererat hubungan dengan keluarga dan teman-teman
  2. Kehidupan pribadi menjadi tentram
  3. Mewujudkan hidup bermasyarakat yang tentram dan damai
  4. Memperkuat rasa kekeluargaan
  5. Mempererat silaturahmi
  6. Hilangnya konflik antar warga masyarakat

Jika kesatuan dan persatuan tidak terwujud maka akan menyebabkan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Dampak tidak menjaga kesatuan dan persatuan:

  1. Menimbulkan permusuhan
  2. Kehidupan bermasyarakat terpecah belah
  3. Kedamaian dan ketentraman hidup menghilang

Perilaku yang bertentangan dengan nilai persatuan dan kesatuan

  1. Tawuran
  2. Berselisih dengan tetangga
  3. Membeda-bedakan orang berdasarkan suku, agama ras dan antar golongan

Soal Latihan Makna Persatuan dan Kesatuan

1. Jelaskan makna persatuan dan kesatuan bangsa!

Pembahasan:
Persatuan dan kesatuan bangsa berarti bersatunya seluruh rakyat yang terdiri atas beragam suku bangsa, budaya dan agama sebagai satu bangsa yaitu Indonesia.

2. Mengapa bangsa Indonesia harus menjaga persatuan dan kesatuan?

Pembahasan:
Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, budaya dan agama. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus menjaga persatuan dan kesatuan agar tidak terjadi konflik di masyarakat. Dengan persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan menjadi negara yang aman, tentram, dan damai. Dengan persatuan dan kesatuan maka tujuan bangsa Indonesia bisa tercapai.

3. Sebutkan dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud!

Pembahasan:
Dampak yang terjadi apabila persatuan dan kesatuan tidak terwujud
(1) Menimbulkan permusuhan
(2) Kehidupan bermasyarakat terpecah belah
(3) Kedamaian dan ketentraman hidup menghilang

4. Tuliskan contoh pengalaman hidup rukun yang telah kalian alami di lingkungan sekitar tempat tinggalmu serta manfaat dari hidup rukun tersebut!

Pembahasan:
Masyarakat di lingkungan tempat tinggal saya sangat beragam. Salah satunya keberagaman tersebut yaitu agama yang dianut. Tetangga saya ada yang beragama Islam, Hindu, Buddha, dan Kristen. Kami semua saling menghormati. Saat ada tetangga yang mengalami musibah, kami bersama-sama membantunya. Kami mengucapkan selamat hari raya kepada tetangga yang sedang merayakan hari raya keagaaman mereka.
Manfaat dari hidup rukun yang saya rasakan adalah lingkungan tempat tinggal saya menjadi aman, tentram, dan damai. Walaupun berbeda keyakinan, tidak pernah terjadi pertengkaran.

Demikian pembahasan mengenai Makna Persatuan dan Kesatuan Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *