Listrik Statis dan Dinamis Serta Manfaat Gaya Listrik

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai listrik. Pembahasan akan fokus kepada listrik statis, listrik dinamis, dan manfaat gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Lampu dapat menyala karena ada aliran listrik. Arus listrik mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik mengalir melewati lampu, lampu akan menyala.

Listrik adalah aliran muatan antara proton (muatan positif) dan elektron (muatan negatif) yang mengalir pada sebuah penghantar (konduktor) dalam suatu rangkaian. Listrik terbagi menjadi 2 jenis, yaitu listrik statis dan listrik dinamis.

Listrik Statis

Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara pada suatu benda. Contohnya apabila kita menggosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, kemudian kita tempelkan pada potongan-potongan kertas. Maka potongan-potongan kertas akan menempel pada penggaris. Tarik menarik antara muatan pada penggaris plastik dan potongan kertas ini merupakan salah satu bentuk gaya listrik statis.

Listrik Dinamis

Listrik dinamis adalah listrik yang bisa bergerak. Listrik dapat mengalir dari titik berpotensial lebih tinggi ke titik berpotensial lebih rendah apabila kedua titik tersebut terhubung dalam suatu rangkaian tertutup.

Contoh listrik dinamis adalah baterai dan lampu. Baterai punya kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif adalah ujung baterai. Jika kedua kutub dihubungkan kabel, elektron mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Saat arus listrik melewati lampu, arus listrik menyebabkan lampu menyala.

Listrik dinamis juga dapat diamati dari kegiatan mematikan atau menyalakan lampu dengan menekan sakelar. Saat sakelar ditekan dan lampu menyala, artinya pada saat itu terjadi aliran listrik. Sebaliknya, saat sakelar ditekan dan lampu mati, artinya tidak terjadi aliran listrik.

Peralatan elektronik dapat bekerja karena ada aliran arus listrik yang mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. Energi listrik dapat diubah menjadi energi lain. Apa saja perubahan energi listrik yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari?

1. Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya

Saat arus listrik mengalir melewati bohlam, bohlam akan menyala. Peristiwa tersebut terjadi perubahan energi listrik menjadi energi cahaya.

2. Energi Listrik Menjadi Energi Gerak (Kinetik)

Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak. Contohnya saat arus listrik mengalir melewati motor di dalam kipas angin, motor akan berputar dan menggerakkan bilah-bilah kipas angin. Demikian juga pada lemari pendingin, arus listrik akan memutar motor pada mesin lemari pendingin dan membuat bahan pendingin bekerja.

3. Energi Listrik Menjadi Energi Panas

Saat arus listrik melewati elemen pemanas di dalam setrika, elemen akan menjadi panas. Energi listrik berubah menjadi energi panas.

4. Energi Listrik Menjadi Energi Bunyi

Energi listrik dapat diubah menjadi energi bunyi, contohnya ketika kita sedang mendengarkan radio.

5. Energi Listrik Menjadi Energi Cahaya dan Bunyi

Saat menonton televisi kita dapat mendengarkan suara dan melihat gambar yang ditampilkan. Hal ini terjadi karena adanya perubahan energi listrik menjadi energi cahaya dan bunyi.

6. Energi Listrik Menjadi Energi Kimia

Ketika kita mengisi daya ponsel terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia yang terdapat pada baterai ponsel.

Manfaat Listrik

Energi listrik memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya pada peralatan elektronik. Kita bisa memanfaatkan energi listrik sebagai alat penerangan, penghasil panas, sarana hiburan ketika menonton televisi, penghasil gerak, dan masih banyak lagi.

1. Apa yang dimaksud dengan listrik statis dan listrik dinamis?

Pembahasan:
Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara pada suatu benda.
Listrik dinamis adalah listrik yang bisa bergerak.

2. Berikanlah beberapa contoh alat elektronik yang ada di rumahmu serta perubahan energinya!

Pembahasan:

NoNama AlatPerubahan Energi
1.LampuEnergi listrik menjadi energi cahaya
2.Rice cookerEnergi listrik menjadi energi panas
3.Kipas anginEnergi listrik menjadi energi gerak
4.RadioEnergi listrik menjadi energi bunyi
5.OvenEnergi listrik menjadi energi panas

3. Tuliskanlah manfaat gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari!

Pembahasan:
Manfaat gaya listrik dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat penerangan, penghasil panas, sarana hiburan ketika menonton televisi, penghasil gerak, dan masih banyak lagi.

4. Rangkailah jawaban-jawabanmu di atas ke dalam suatu paragraf dengan bahasamu sendiri!

Pembahasan:
Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara pada suatu benda. Contohnya adalah ketika penggaris digosokkan ke rambut kering dan di dekatkan pada potongan kertas, maka kertas akan tertarik dan menempel di penggaris. Listrik dinamis adalah listrik yang bisa bergerak. Listrik dinamis ini yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat penerangan, penghasil panas, sarana hiburan ketika menonton televisi, penghasil gerak, dan masih banyak lagi. Energi listrik dapat diubah bentuk menjadi energi yang lain. Misalkan energi listrik menjadi energi cahaya pada lampu. Energi listrik menjadi energi panas contohnya rice cooker dan oven. Energi listrik menjadi energi gerak pada kipas angin.

Selanjutnya kita akan melakukan percobaan listrik statis!

Siapkanlah penggaris plastik, potonglah kertas kecilkecil, lalu letakkan pada permukaan meja, gosok-gosokkan penggaris pada rambut kering, lalu dekatkan penggaris pada potongan-potongan kertas. Apa yang terjadi?

Pembahasan:
Potongan-potongan kertas akan tertarik dan menempel di penggaris.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *