Laporan Hasil Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

Hai adik-adik kelas 4 SD, tahukah kalian mengenai sifat-sifat cahaya? Kali ini kita akan membuat laporan percobaan sifat-sifat cahaya. Selamat belajar.

Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

1. Cahaya merambat lurus

Percobaan menggunakan tiga karton tebal dan lilin. Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut. Letakkan karton-karton dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu coba menggeser posisi setiap karton sehingga setiap lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaannya!

2. Cahaya menembus benda bening

Percobaan menggunakan cahaya matahari/cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, tetapi berwarna. Letakkan peralatan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.

3. Cahaya dapat dipantulkan

Percobaan menggunakan dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter menggunakan cermin. Coba berbagai posisi cermin yang berbeda dan gunakan lebih banyak cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul?

4. Cahaya dapat dibiaskan

Percobaan menggunakan pensil yang setengah bagian panjangnya berada di dalam gelas berisi air. Amati pensil dari sisi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

Laporan Hasil Percobaan Sifat-Sifat Cahaya

(Untuk pengguna HP, tabel akan tampak terpotong, tapi jangan kahwatir, tabel dapat digeser lho)

Percobaan 1Percobaan 2Percobaan 3Percobaan 4
Nama PercobaanPercobaan cahaya merambat lurus.Percobaan cahaya menembus benda bening.Percobaan cahaya dapat dipantulkan.Percobaan cahaya dapat dibiaskan.
Tujuan PercobaanMengetahui cahaya dapat merambat lurus.Mengetahui cahaya dapat menembus benda beningMengetahui cahaya dapat dipantulkan.Mengetahui cahaya dapat dibiaskan.
Alat dan BahanTiga buah kartin, sebuah lilin, korek api, dan isolasi.Cermin datar, dan lampu senter.Cermin datar dan lampu senter.Gelas, air, dan pensil.
Langkah Kerja1) Lubangi bagian tengah ketiga karton tersebut.
2) Letakkan dengan posisi tiga lubang tersebut sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang.
3) Lalu coba menggeser posisi setiap lubang menjadi tidak sejajar.
1) Taruh gelas di atas meja, kemudian diberikan cahaya senter, perhatikan tembok.
2) Taruh benda yang berwarna gelap di atas meja, berikan cahaya senter, perhatikan tembok.
Pantulkan cahaya dengan menggunakan cermin.
Coba berbagai posisi cermin yang berbeda.
Gunakan lebih banyak cermin.
Celupkan pensil ke dalam gelas yang berisi air.
Amati pensil dari sisi samping luar gelas.
Hasil PengamatanCahaya lilin/senter dari depan rangkaian kardus yang sudah diberi lobang sejjar cahaya dapat merambat lurus.Cahaya senter yang melewati benda bening dapat terlihat di tembok, sedangkan pada bend ayang berwarna gelap tidak tampak di tembok.Cahaya senter yang diarahkan ke cermin datar dapat memantul.Pensil yang dimasukkan ke dalam air akan terlihat bengkok

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan sifat-sifat cahaya yaitu cahaya dapat merambat lurus, cahaya dapat menembus benda bening, cahaya dapat dibiaskan, dan cahaya dapat dipantulkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *