Menu
Akurat dan Terpercaya

Laporan Hasil Pengamatan Lingkungan Tempat Tinggal Kelas 5 SD

  • Share
Laporan Hasil Pengamatan Lingkungan Tempat Tinggal Kelas 5 SD

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Laporan Hasil Pengamatan Lingkungan Tempat Tinggal. Semoga bermanfaat.

Kondisi Geografis di Lingkungan Tempat Tinggal

Letak geografis adalah keadaan suatu wilayah di muka bumi. Dataran adalah wilayah luas dengan permukaan rata atau sedikit bergelombang. Dataran dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pemukiman, industri, pertanian, dan sarana transportasi darat.

Dataran terbagi menjadi dua yakni:

  • Dataran tinggi
    Dataran tinggi adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 meter dari permukaan laut.
  • Dataran rendah
    Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang diukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.

Kita dapat mengetahui apakah suatu wilayah merupakan dataran tinggi atau dataran rendah dengan melihat peta seperti berikut ini: Dataran rendah wilayahnya berwarna hijau tua hingga hijau muda. Sedangkan dataran tinggi berwarna kuning hingga coklat.

Dataran tinggi memiliki permukaan tanah beragam atau tidak rata. Sedangkan pada dataran rendah memiliki permukaan tanah yang lebih datar.

Bukit adalah hamparan tanah yang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Gunung adalah hamparan tanah yang menjulang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Gunung lebih tinggi daripada bukit ada gunung yang memiliki satu puncak seperti gunung berapi. Bisa juga menjadi bagian dari rangkaian pegunungan. Pegunungan adalah kumpulan atau rangkaian gunung dan bukit.

Sifat air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Air sungai berasal dari mata air yang berada di pegunungan dan mengalir menuju ke laut. Nah, dari hal tersebut bisa kita ketahui bahwa laut berada di dataran yang lebih rendah daripada gunung.

Pantai adalah kawasan perbatasan antara daratan dan lautan. Pesisir pantai adalah daerah yang apabila laut sedang pasang maka daerah ini terendam air. Sementara ketika air laut surut, daerah ini tidak terendam oleh air.

Jakarta berlokasi di sebelah utara Pulau Jawa, di muara Xiliwung, Teluk Jakarta. Jakarta terletak pada ketinggian rata-rata 8 meter di atas permukaan laut. Karena kurang dari 200 meter, berarti Jakarta letaknya di dataran rendah. Kalau kita ke Jakarta Utara maka kita bisa melihat laut. Kondisi geografis di sama berarti termasuk ke daerah pesisir dan pantai. Sedangkan sebelah selatan Jakarta berbatasan dengan daerah pegunungan yang berada di Jawa Barat. Jika berada di atas 700 meter dari permukaan air laut berarti kondisi geografis di Jawa Barat termasuk dataran dataran tinggi dengan penampakan alamnya berupa gunung dan pegunungan.

Laporan Hasil Pengamatan Lingkungan Tempat Tinggal

Selanjutnya, amatilah keadaan lingkungan tempat tinggalmu. Apakah termasuk lingkungan kota, perdesaan, pesisir, atau pegunungan? Buatlah laporan sederhana berdasarkan hasil pengamatanmu. Buatlah seperti contoh berikut.

Pembahasan:

Laporan Hasil Pengamatan
Nama : Jauhari
Kelas : 5
Alamat : Desa Ciparay, Anyer

  1. Nama daerah tempat tinggalku: Desa Ciparay
  2. Tempat tinggalku termasuk daerah: Pantai
  3. Mata pencaharian penduduk di lingkungan tempat tinggalku: Nelayan
  4. Transportasi penduduk di tempat tinggalku: Angkutan umum dan sepeda motor
  5. Kesenian di lingkungan tempat tinggalku: Debus

Demikian pembahasan Laporan Hasil Pengamatan Lingkungan Tempat Tinggal Kelas 5 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *