Menu
Akurat dan Terpercaya

Komponen-komponen Listrik Dalam Rangkaian Listrik Sederhana

  • Share
Komponen-komponen Listrik Dalam Rangkaian Listrik Sederhana

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Komponen-komponen Listrik Dalam Rangkaian Listrik Sederhana. Pembahasan akan fokus kepada Jelaskan menurut pemahamanmu, siapakah Michael Faraday itu? Jelaskan perjalanan arus listrik mulai dari pusat pembangkit listrik hingga sampai ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan! Apa perbedaan antara rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik pararel? Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen listrik pada rangkaian listrik sederhana!

Komponen-komponen Listrik Dalam Rangkaian Listrik Sederhana

Coba kalian amati lingkunganmu di malam hari! Cahaya lampu bersinar menerangi jalan, tempat hiburan, rumah, dan taman-taman hiburan. Kondisi tersebut bisa kita nikmati berkat adanya sebuah penemuan yaitu listrik.

Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Tapi tahukah kalian siapa tokoh yang berhasil menciptakan mesin pembangkit listrik? Michael Faraday adalah salah satu penemu yang berperan dalam mengubah wajah dunia. Dia merupakan tokoh penemu arus listrik.

Michael Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington Inggris. Dia hanyalah orang yang berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, ia akhirnya berhasil membuat alat sederhana pertama yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Tahukah kalian bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Pembangkit listrik adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan listrik atau daya listrik dalam skala besar dengan menggunakan berbagai tenaga atau sumber energi.

Beberapa contoh pembangkit listrik yang ada di Indonesia diantaranya adalah:

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Cirata yang berada di Jawa Barat
    PLTA Cirata merupakan PLTA terbesar di Asia Tenggara.
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton yang berada di daerah Probolinggo, Jawa Timur.
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tarahan yang berada di Lampung.
  4. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kupang di Nusa Tenggara Timur. Serta masih banyak lagi pusat pembangkit listrik yang lainnya.

Dari pusat-pusat pembangkit listrik, arus listrik disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju gardu-gardu penerima di berbagai daerah. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik disalurkan ke rumah-rumah penduduk dan tempat lain yang memerlukan. Arus listrik yang diterima rumah, biasanya disalurkan menggunakan rangkaian kabel yang dihubungkan dengan komponen-komponen listrik lainnya di dalam rumah.

Rangkaian listrik di dalam rumah, dapat berupa rangkaian seri ataupun rangkaian pararel. Rangkaian seri adalah rangkaian alat-alat listrik yang disusun berurutan tanpa cabang. Rangkaian pararel adalah rangkaian alat-alat listrik yang dihubungkan secara berjajar dengan satu atau beberapa cabang.

Rangkaian listrik, baik rangkaian seri maupun pararel dapat ditemukan penggunaannya pada peralatan yang menggunakan sumber listrik dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya lampu, televisi, mesin cuci, dan lain-lain.
Suatu rangkaian listrik umumnya terdiri dari beberapa komponen listrik.

Komponen-komponen Listrik dalam Rangkaian Listrik Sederhana diantaranya:

  1. Sumber listrik
    Sumber listrik adalah alat yang berfungsi menghasilkan arus listrik atau energi listrik.
    Contohnya: Baterai, Accumulator, dan Generator
  2. Penghantar/Konduktor Listrik
    Penghantar/Konduktor listrik adalah alat yang berfungsi menghantarkan atau menyalurkan arus listrik atau energi listrik. Contohnya: kabel listrik.
    Benda yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik disebut dengan Konduktor. Misalnya: tembaga, besi, aluminium. Benda yang tidak dapat menghantarkan arus listrik dengan baik disebut dengan Isolator. Misalnya: plastik, kayu, kertas.
  3. Alat-alat Listrik
    Alat-alat listrik berfungsi untu mengubah energi listrik menjadi energi lain yang dibutuhkan manusia.
    Contoh: Saklar, Steker, Sekring, Stop kontak, dan Fitting

Contoh rangkaian seri yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter. Lampu senter hanya menggunakan satu lampu yang dihubungkan dengan sumber listrik, yaitu baterai. Oleh sebab itu, lampu senter akan menyala sangat terang namun baterainya akan cepat habis.

Berikut adalah beberapa komponen listrik yang digunakan dalam lampu senter:

  1. Baterai
    Fungsi baterai adalah sebagai sumber arus listrik
  2. Lampu reflektor
    Fungsi lampu reflektor adalah mengumpulkan cahaya sehingga cahaya lampu senter tampak lebih terang.
  3. Switch/saklar on off
    Fungsi saklar adalah menghubungkan kawat pada terminal baterai dengan kawat pada dasar lampu bohlam
  4. Lempeng logam
    Fungsi lempeng logam adalah sebagai penghantar arus listrik dari baterai ke lampu bohlam.

Jika komponen-komponen itu dirangkaikan maka menyebabkan lampu senter menyala karena adanya arus listrik yang mengalir pada rangkaian listrik yang terpasang pada senter.

Soal Latihan Komponen-komponen Listrik Dalam Rangkaian Listrik Sederhana

1. Jelaskan menurut pemahamanmu, siapakah Michael Faraday itu?

Pembahasan:
Alternatif 1: Michael Faraday adalah seorang tokoh yang menemukan arus listrik. Dia lahir pada tahun 1791 di Inggris. Walaupun dia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar bersekolah, dengan semangat kerja keras ia akhirnya berhasil membuat alat yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnet. Penemuannya tersebut kini dapat mengubah wajah dunia.
Alternatif 2: Michael Faraday adalah seorang ilmuwan yang lahir di Inggris pada tahun 1791. Di berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar merasakan pendidikan di sekolah. Berkat semangat pantang menyerah, dan kerja kerasnya ia kini dikenal oleh seluruh dunia sebagai penemu arus listrik.

2. Jelaskan perjalanan arus listrik mulai dari pusat pembangkit listrik hingga sampai ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan!

Pembahasan:
Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik.
Dari pusat-pusat pembangkit listrik, arus listrik disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju gardu-gardu penerima di berbagai daerah.
Dari gardu-gardu penerima, arus listrik disalurkan ke rumah-rumah penduduk dan tempat lain yang memerlukan.

3. Apa perbedaan antara rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik pararel?

Pembahasan:
Rangkaian seri adalah rangkaian alat-alat listrik yang disusun berurutan tanpa cabang. Sedangkan rangkaian pararel adalah rangkaian alat-alat listrik yang dihubungkan secara berjajar dengan satu atau beberapa cabang.

4. Sebutkan dan jelaskan komponen-komponen listrik pada rangkaian listrik sederhana!

Pembahasan:
komponen-komponen listrik pada rangkaian listrik sederhana:
a. Sumber listrik
Sumber listrik adalah alat yang berfungsi menghasilkan arus listrik atau energi listrik. Contohnya: Baterai, Accumulator, dan Generator
b. Penghantar/Konduktor Listrik
Penghantar/Konduktor listrik adalah alat yang berfungsi menghantarkan atau menyalurkan arus listrik atau energi listrik. Contohnya: kabel listrik.
c. Alat-alat Listrik
Alat-alat listrik berfungsi untu mengubah energi listrik menjadi energi lain yang dibutuhkan manusia.
Contoh: Saklar, Steker, Sekring, Stop kontak, Fitting

5. Apa saja komponen-komponen yang terdapat pada lampu senter? Sebutkan dan jelaskan fungsi dari tiap-tiap komponen tersebut!

Pembahasan:
Komponen-komponen listrik yang digunakan dalam lampu senter diantaranya:
(1) Baterai, berfungsi sebagai sumber arus listrik
(2) Lampu reflektor, berfungsi untuk mengumpulkan cahaya sehingga cahaya lampu senter tampak lebih terang.
(3) Switch/saklar on off, berfungsi menghubungkan kawat pada terminal baterai dengan kawat pada dasar lampu bohlam
(4) Lempeng logam, berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari baterai ke lampu bohlam.

Demikian pembahasan mengenai Komponen-komponen Listrik Dalam Rangkaian Listrik Sederhana. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *