Kewajiban Anak di Rumah dan Penjelasan

Hai adik-adik kelas 5 SD, pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai hak anak di rumah, kali ini Osnipa akan membahas materi kewajiban anak di rumah. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat.

Kewajiban Anak di Rumah

Kewajiban adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin hak terpenuhi. Berikut ini merupakan kewajiban anak di rumah.

1. Anak wajib berbakti kepada orang tua

Berbakti kepada orang tua adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan agar nantinya rezeki yang datang kian berlimpah. Anak yang berbakti dan menjalankan kewajiban terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan bahagia hidupnya.

2. Anak wajib menghargai satu sama lain

Menghargai satu sama lain akan membantu kita mendapatkan banyak relasi di masa mendatang. Relasi adalah hubungan atau pertalian dengan orang. Bukan hanya itu saja dengan menghargai, suasana rumah tentu akan lebih harmonis.

3. Anak wajib membantu satu sama lain

Dengan membantu satu sama lain anak bisa paham jika kehidupan ini tak selamanya hanya berputar pada diri sendiri. Kadang kala anak harus membantu sesama untuk tahu rasanya memiliki relasi.

4. Anak wajib mandiri

Meski banyak yang akan membantu di rumah, namun anak juga harus tetap mandiri terutama untuk hal-hal yang sifatnya pribadi. Agar sahabat pintar tahu artinya tanggung jawab.

5. Anak wajib membahagiakan orangtua

Tidak hanya melulu tentang pendidikan dan nilai baik, mungkin juga dalam bentuk lain seperti anak sudah mampu mandiri terutama dalam hal-hal yang bersifat pribadi.

6. Anak wajib membersihkan rumah

Rumah adalah milik bersama maka dari itu, sebagai anggota keluarga, anak pun memiliki tanggung jawab untuk membuat suasana di rumah menjadi nyaman dan bersih.

7. Anak wajib menjaga kesehatan diri dendiri dan lingkungan sekitar

Di masa Pandemi Covid 19 yang masih belum terkendali. Ingat pesan ibu 3M memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Kewajiban Anak di Rumah dan Penjelasan

Tuliskan kewajiban anak di rumah!

Kalian dapat menuliskannya dalam bentuk tabel seperti berikut ini ya.

Pembahasan:

NoKewajiban Anak di RumahPenjelasan
1.Anak wajib menjaga kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitarDimasa pandemi covid- 19 anak harus selalu mengingat 3M
2.Anak wajib berbakti kepada orang tuaBerbakti kepada orang tua adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan anak agar nantinya rezeki yang datang kian berlimpah
3.Anak wajib menghargai satu sama lainMenghargai satu sama lain akan membuat suasana rumah tentu akan lebih harmonis.
4.Anak wajib membantu satu sama lainDengan membantu satu sama lain anak bisa paham jika kehidupan ini tak selamanya hanya berputar pada diri sendiri.
5.Anak wajib mandiriAnak harus tetap mandiri terutama untuk hal-hal yang sifatnya pribadi agar tahu artinya tanggung jawab.
6.Anak wajib membahagiakan orangtuaAnak dapat membahagiakan orang tua dengan sudah mampu mandiri terutama dalam hal-hal yang bersifat pribadi.
7.Anak wajib membersihkan rumahAnak memiliki tanggung jawab untuk membuat suasana di rumah menjadi nyaman dan bersih.

Demikian pembahasan mengenai Kewajiban Anak di Rumah dan Penjelasan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *