Menu
Akurat dan Terpercaya

Kelainan dan Gangguan pada Otot Manusia dan Cara Pemeliharaannya

  • Share
Kelainan dan Gangguan pada Otot Manusia dan Cara Pemeliharaannya

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Kelainan dan Gangguan pada Otot Manusia dan Cara Pemeliharaannya. Pembahasan akan fokus kepada cara agar terhindar dari penyakit otot pada manusia dan macam macam kelainan, gangguan, atau penyakit otot pada manusia. Semoga bermanfaat.

Kelainan dan Gangguan pada Otot Manusia dan Cara Pemeliharaannya

Cara menjaga otot:

  1. Rajin berolahraga
  2. Konsumsi makanan yang baik untuk otot
  3. Agar kebutuhan air tercukupi, minumlah air setiap hari
  4. Hindari kebiasaan yang dapat merusak otot seperti mengangkat beban berat,

Macam-macam kelainan, gangguan atau penyakit otot manusia

1. Hipertrofi

Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.

2. Atrofi

Kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot.

3. Stiff/kaku leher

Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak.

4. Tetanus

Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang.

5. Kram Otot

Kram otot adalah kontraksi kuat atau mengencangnya otot-otot rasa sakit dan muncul tiba-tiba berlangsung dari beberapa detik hingga hitungan menit. Seringkali kondisi ini terjadi di kaki.

6. Sakit Pinggang atau Punggung

Nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh cedera otot atau tegang atau ligamen yaitu keseleo penyebabnya adalah termasuk cara mengangkat beban yang salah, poster tubuh yang buruk, tidak berolahraga teratur, fraktur, cakram pecah atau atritis.

1. Bagaimana cara agar terhindar dari penyakit otot pada manusia?

Pembahasan:
Cara menjaga otot:
(1) Rajin berolahraga
(2) Konsumsi makanan yang baik untuk otot
(3) Agar kebutuhan air tercukupi, minumlah air setiap hari
(4) Hindari kebiasaan yang dapat merusak otot seperti mengangkat beban berat


2. Sebutkan dan jelaskan macam macam kelainan, gangguan, atau penyakit otot pada manusia!

Pembahasan:
(1) Hipertrofi. Kelainan otot yang membesar dan menjadi lebih kuat karena sel otot diberikan kegiatan/aktivitas yang terus-menerus secara berlebihan.
(2) Atrofi. Kelainan otot yang mengecil, lemah, fungsi otot yang menurun. Hal ini disebabkan adanya penyakit polimielitis yang dapat merusakkan sel saraf pada otot.
(3) Stiff/kaku leher. Kelainan otot karena adanya peradangan otot trapesius leher akibat gerakan yang menghentak secara tiba-tiba/salah gerak.
(4) Tetanus. Kelainan otot yang disebabkan adanya infeksi bakteri Clostridium tetani. Tetanus menyebabkan otot menjadi kejang-kejang.
(5) Kram Otot. Kram otot adalah kontraksi kuat atau mengencangnya otot-otot rasa sakit dan muncul tiba-tiba berlangsung dari beberapa detik hingga hitungan menit. Seringkali kondisi ini terjadi di kaki.
(6) Sakit Pinggang atau Punggung. Nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh cedera otot atau tegang atau ligamen yaitu keseleo penyebabnya adalah termasuk cara mengangkat beban yang salah, poster tubuh yang buruk, tidak berolahraga teratur, fraktur, cakram pecah atau atritis.

Demikian pembahasan mengenai Kelainan dan Gangguan pada Otot Manusia dan Cara Pemeliharaannya. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *