Menu
Akurat dan Terpercaya

Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia dan Faktor Penyebab Keragaman

  • Share

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai keberagamna suku bangsa di Indonesia. Pembahasan akan fokus kepada keragaman suku bangsa di Indonesia dan faktor penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang penuh dengan kekayaan serta keragaman budaya, ras, suku, agama, dan bahasa daerah.

Meskipun penuh dengan keragaman budaya, Indonesia tetap satu sesuai dengan semboyannya “Bhinneka Tunggal Ika” yang bermakna “Berbeda-beda tetapi tetap satu jua”

Keragaman di Indonesia dipengaruhi oleh wilayah NKRI yang memiliki 34 provinsi.

Faktor-Faktor Penyebab Keragaman di Indonesia

Berikut ini faktor-faktor penyebab keragaman di Indonesia.

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia

Indonesia terletak diantara samudra pasifik dan Hindia. Indonesia juga terletak di dua benua yaitu benua Asia dan Australia. Karena letaknya strategis menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan Internasional. Para pedagang dari berbagai negara datang ke Indonesia. Mereka membawa agama, adat istiadat, dan kebudayaan negaranya.

2. Kondisi Negara Kepulauan

Keadaan geografi Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang terdiri atas 13.466 pulau. Banyaknya pulau di Indonesia menyebabkan penduduk yang menempati satu pulau atau sebagian dari satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki budaya sendiri. Oleh karena itu, di indonesia banyak suku bangsa dengan budaya yang berbeda-beda.

3. Perbedaan Kondisi Alam

Negara Indonesia sangat luas dan terdiri atas 13.466 pulau. Tiap-tiap pulau dibatasi oleh lautan. Selain itu, Indonesia merupakan negara vulkanis dengan banyak pegunungan, baik gunung berapi maupun bukan gunung berapi. Keadaan alam Indonesia tersebut memengaruhi keanekaraman masyarakatnya.

4. Keadaan Transportasi dan Komunikasi

Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga memengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana ini membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, meskipun jarak dan kondisi alam yang sulit. Sebaliknya sarana yang terbatas juga menjadi penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.

5. Penerimaan Masyarakat Terhadap Perubahan

Penerimaan masyarakat terhadap perubahan dapat menciptakan akulturasi budaya. Akulturasi adalah proses perpaduan budaya yang berbeda dan kemudian menghasilkan budaya baru tanpa menghilangkan asli budaya tersebut.

6. Faktor Agama

Kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia, membuat pedagang dari berbagai penjuru dunia datang ke nusantara. Para pedagang dari benua Eropa dan Asia, selain berdagang mereka juga menyebarkan ajaran agama.

Ajaran agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India yang sudah lama berdagang dengan Indonesia. Ajaran agama Parsi sekitar abad ke 13. Kedatangan bangsa Eropa membawa ajaran agama Kristen dan Katolik, sedangkan pedagang dari Cina menganut agama Kong Hu Chu.

Agama yang terdapat di Indonesia : Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan Kong Hu Chu.

Keragaman Indonesia adalah kekayaan sekaligus berkah bagi bangsa Indonesia. Merujuk pada sensus penduduk oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2010, Indonesia memiliki sekitar 1.340 suku bangsa.

Suku jawa merupakan suku terbesar di Indonesia. Suku Sunda merupakan suku bangsa terbesar kedua di Indonesia. Suku Batak merupakan suku bangsa terbesar ketiga. Suku Sulawesi merupkan terbesar keempat karena gabungan dari suku makassar, bugis, minahasa, gorontalo, dan 208 suku bangsa Sulawesi. Suku Madura merupakan suku bangsa terbesar kelima.

Tabel Faktor Keragaman Masyarakat Indonesia

NoFaktor PenyebabKeragaman yang Terjadi
1.Letak Strategis Wilayah IndonesiaIndonesia terletak diantara samudra pasifik dan Hindia. Indonesia juga terletak di dua benua yaitu benua Asia dan Australia. Karena letaknya strategis menyebabkan Indonesia menjadi jalur perdagangan Internasional. Para pedagang dari berbagai negara datang ke Indonesia. Mereka membawa agama, adat istiadat, dan kebudayaan negaranya.
2.Kondisi Negara KepulauanKeadaan geografi Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang terdiri atas 13.466 pulau. Banyaknya pulau di Indonesia menyebabkan penduduk yang menempati satu pulau atau sebagian dari satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki budaya sendiri. Oleh karena itu, di indonesia banyak suku bangsa dengan budaya yang berbeda-beda.
3.Perbedaan Kondisi AlamNegara Indonesia sangat luas dan terdiri atas 13.466 pulau. Tiap-tiap pulau dibatasi oleh lautan. Selain itu, Indonesia merupakan negara vulkanis dengan banyak pegunungan, baik gunung berapi maupun bukan gunung berapi. Keadaan alam Indonesia tersebut memengaruhi keanekaraman masyarakatnya.
4.Keadaan Transportasi dan KomunikasiKemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga memengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana ini membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, meskipun jarak dan kondisi alam yang sulit. Sebaliknya sarana yang terbatas juga menjadi penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
5.Penerimaan Masyarakat Terhadap PerubahanPenerimaan masyarakat terhadap perubahan dapat menciptakan akulturasi budaya. Akulturasi adalah proses perpaduan budaya yang berbeda dan kemudian menghasilkan budaya baru tanpa menghilangkan asli budaya tersebut.
6.Faktor AgamaKekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia, membuat pedagang dari berbagai penjuru dunia datang ke nusantara. Para pedagang dari benua Eropa dan Asia, selain berdagang mereka juga menyebarkan ajaran agama.

Demikianlah Keberagaman Suku Bangsa di Indonesia dan Faktor Penyebab Keragaman. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *