Menu
Akurat dan Terpercaya

Keberagaman Makanan Khas Daerah

  • Share
Keberagaman Makanan Khas Daerah

Hai adik-adik kelas 4 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Keberagaman Makanan Khas Daerah. Pembahasan akan fokus kepada Tabel Keberagaman Makanan Khas Daerah. Semoga bermanfaat.

Keberagaman Makanan Khas Daerah

Berikut ini merupakan beberapa contoh makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia.

1. Sega Jamblang

Sega jamblang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Ciri khas dari makanan ini adalah menggunakan daun jati sebagai bungkus nasi. Menu yang tersedia biasanya sambel goreng, tahu sayur, paru-paru, semur hati atau daging perkedel, sate kentang, telur dadar atau telur goreng, telur masak sambel goreng, sambel ikan, ikan asin, tahu dan tempe.

2. Nasi Pecel

Nasi pecel berasal dari daerah Madiun. Cara penyajiannya bisa dalam piring atau daun pisang yang dilipat yang disebut pincuk. Pecel terdiri dari sayuran rebus, daun pepaya, serundeng, kelapa, dan kacang goreng. Aneka lauk yang biasa menjadi pelengkap adalah tempe, tahu goreng, telur asin, hati ampela, perkedel jagung, rempeyek kacang, rempeyek ebi atau rempeyek kedelai.

3. Lontong Sayur

Lontong sayur berasal dari Jakarta dan jawa Barat. Lontong sayur terdiri dari ketupat sayur yang terbuat dari irisan ketupat atau lontong dengan kuah santan yang gurih. Taburan ketupat sayur berupa bawang goreng, kacang kedelai, dan kerupuk atau emping.

4. Nasi Krawu

Nasi Krawu berasal dari Gresik, Jawa Timur. Ciri Nasi Krawu adalah nasinya yang pulen dan disajikan dengan daun pisang. Lauknya berupa sayatan daging sapi, semur daging, jeroan sapi, sambal petis dan serundeng, sambal terasi, yang disajikan dengan nasi krawu. Nasi Krawu memiliki rasa pedas yang khas.

5. Nasi Gudeg

Nasi Gudeg berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental atau yang disebut areh, ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan sambal goreng krecek.

Tabel Keberagaman Makanan Khas Daerah

Tugas pada kegiatan ini yaitu, tuliskan makanan khas daerah yang kamu ketahui di lingkungan tempat tinggalmu dan sajikan dalam bentuk tabel!

NoNama MakananAsal DaerahBahan PokokCiri Khas
1Kerak TelorJakartaBeras ketan puti, telur ayam atau bebek, ebi (udang kering), bawang gorang, dan bumbu (kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, dan gula pasir.Telor dimasak di dalam wajan tampa menggunakan minyak. Ketika telor setengah matang, maka wajan akan dibalik menghadap panas arang dari anglo dan dibiarkan menjadi kerak. Rasa kerak telor ini gurih dan legit.
2Gado-gadoJakartaKubis atau kol, bayam, tauge, kacang panjang, kentang, telur rebus, tempe, tahu bumbu pecel kacangCiri khas gado-gado adalah bumbu kacang yang disiramkan di atas sayur-sayuran.
3Semur JengkolJakartaJengkol, bumbu (bawang merah, lengkuas, daun salam, serai, kecap manis, garam, merica bubuk)Rasa semur jengkol manis, legit, dan gurih. Rasa jengkol yang khas dan menyengat.
4Nasi Uduk BetawiJakartaBeras, santan, daun salam, daun jeruk, laos, dan seraiNasi uduk betawi memiliki rasa yang gurih dan aroma yang khas.
5Soto BetawiJakartaDaging sapi beserta jeroan dan organ sapi, santan, susu dan bumbuSoto betawi memiliki rasa yang gurih. Perpaduan antara santan dan susu membuat rasa soto betawi berbeda dengan soto dari daerah lain.

Demikian pembahasan mengenai Keberagaman Makanan Khas Daerah. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *