Menu
Akurat dan Terpercaya

Kata Baku dan Tidak Baku Teks Eksplanasi Teknologi Hijau di Era Globalisasi

  • Share
Kata Baku dan Tidak Baku Teks Eksplanasi Teknologi Hijau di Era Globalisasi

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Kata Baku dan Tidak Baku Teks Eksplanasi Teknologi Hijau di Era Globalisasi. Semoga bermanfaat.

Ananda yang hebat, teks eksplanasi yang baik menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku dalam penulisannya. Dengan menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku, kita juga dapat melestarikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta dapat mempersatukan bangsa dengan satu bahasa, yaitu Bahasa Indonesia.

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa dan tata aturan ejaan yang tercantum dalam PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau pendengarnya. Sedangkan kata baku merupakan kata yang penggunaannya sesuai ejaan dan aturan pedoman bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang bersumber kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Bagaimana cara mengidentifikasi kalimat efektif dan kosakata baku? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan? Sebagai evaluasi, Kerjakanlah soal-soal berikut ini!

Teknologi Hijau di Era Globalisasi

Tehnologi dan lingkungan adalah dua hal penting dalam kegiatan manusia. Pada era globalisasi seperti sekarang ini, kedua hal tersebut menjadi perhatian dan pembicaraan masarakat dunia karena saling terkait dan menentukan keberlangsungan hidup manusia. Disadari atau tidak, kita sering mengabaikan masalah lingkungan. Soal lingkungan akibat proses teknologi udah jadi masalah dunia.

Teknologi ijo merupakan salah satu jawaban dalam permasalahan ini. Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Miliki tenaga surya yang melimpah salah satunya negara Indonesia. Dengan keadaan geogravis di Indonesia yang setiap tahun dapat sinar matahari, salah satu alat yang optimal di Indonesia adalah “Panel Surya”.

Ubah energi cahaya matahari jadi energi listrik cara kerja panel surya. Saat ini penggunaan panel surya masih terbatas hanya dalam skala kecil. Terbatasnya pengguna sel surya dikarenakan biaya untuk membuat panel surya cukup tinggi. Ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya diharapkan dengan perkembangan teknologi.

Pakta membuktikan bahwa permasalahan lingkungan semakin lama semakin amat memburuk sekali. Maka dari itu, harus dicari cara untuk mengatasinya, seperti dengan mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan.

Setelah membaca teks eksplanasi yang berjudul Teknologi Hijau di Era Globalisasi:

1. Carilah 5 kata tidak baku dalam teks tersebut, dan tulislah kata bakunya!

Tulislah jawabanmu pada tabel berikut!

NoKata Tidak BakuKata Baku
1TehnologiTeknologi
2MasarakatMasyarakat
3UdahSudah
4IjoHijau
5GeogravisGeografis
6PaktaFakta
7MilikiMemiliki

2. Carilah 5 kalimat tidak efektif dalam teks dan ubahlah menjadi kalimat efektif!

Tulislah jawabanmu pada tabel berikut!

NoKalimat Tidak EfektifKalimat Efektif
1Tehnologi dan lingkungan adalah dua hal penting dalam kegiatan manusiaTeknologi dan lingkungan adalah dua hal penting dalam kegiatan manusia
2Soal lingkungan akibat proses teknologi udah jadi masalah dunia.Permasalahan lingkungan akibat perkembangan teknologi sudah menjadi masalah dunia.
3Teknologi hijau yang terus dibicarakan saat ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).Teknologi hijau yang dimaksud adalah Pembangkit Tenaga Listrik (PLTS).
4Miliki tenaga surya yang melimpah salah satunya negara Indonesia.Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tenaga surya yang melimpah.
5Dengan keadaan geogravis di Indonesia yang setiap tahun dapat sinar matahari, salah satu alat yang optimal di Indonesia adalah “Panel Surya”.Kondisi geografis Indonesia yang sepanjang tahun mendapatkan sinar matahari, bisa mengoptimalkan penggunaan “Panel Surya”.
6Ubah energi cahaya matahari jadi energi listrik cara kerja panel surya.Cara kerja panel surya adalah mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
7Ditemukan cara untuk meningkatkan efisiensi kerja dari sel surya diharapkan dengan perkembangan teknologi.Perkembangan teknologi diharapkan dapat menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi sel surya.

Demikian pembahasan mengenai Kata Baku dan Tidak Baku Teks Eksplanasi Teknologi Hijau di Era Globalisasi. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *