Menu
Akurat dan Terpercaya

Kata Baku dalam Teks Eksplanasi Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

  • Share
Kata Baku dalam Teks Eksplanasi Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai kata baku. Pembahasan akan fokus kepada Kata Baku dalam Teks Eksplanasi Pensil, Si Kecil yang Amat Penting. Semoga bermanfaat.

Kosakata Baku dalam Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi yang baik menggunakan kosa kata baku dalam penulisannya. Dengan menggunakan kata baku, kita juga dapat melestarikan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta dapat mempersatukan bangsa dengan satu bahasa, yaitu bahasa Indonesia.

Kata baku merupakan kata yang pengunaannya sesuai ejaan dan aturan pedoman bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang bersumber kepada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Selain ittu, penggunaan kata baku dapat dilihat dari penggunaannya yang sudah sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

Kata tidak baku merupakan kata yang penggunaannya tidak sesuai dengan aturan dan kaidah berbahasa Indonesia yang ditentukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Ciri-ciri Kata Baku:

  1. Tidak dipengaruhi bahasa daerah tertentu.
  2. Tidak dipengaruhi bahasa asing.
  3. Penggunaannya dalam kalimat resmi.
  4. Pemakaian imbuhan pada kata bersifat eksplisit (tegas).
  5. Pemakaian kata sesuai dengan konteks kalimat.

Ciri-ciri Kata Tidak Baku:

  1. Umumnya digunakan dalam bahasa sehari-hari.
  2. Dipengaruhi bahasa daerah dan bahasa asing tertentu.
  3. Dipengaruhi dengan perkembangan zaman.
  4. Bentuknya dapat berubah-ubah.
  5. Memiliki arti yang sama, meski terlihat beda dengan bahasa baku.

Berikut contoh kata baku dan tidak baku

Kata BakuKata Tidak Baku
AktifAktiv
AktivitasAktifitas
BateraiBaterei
CabaiCabe
DetailDetil
EksporExport
FebruariPebruari

Contoh:
Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847. Ia tidak pernah nyelesaikan pendidikan resmi di sekolah. Ia hanya sempat bersekolah selama tiga bulan. Edison diajar sama ibunya di rumah.

Kata tak bakuKata Baku
PebruariFebruari
nyelesaikanmenyelesaikan
samaoleh

Baca teks eksplanasi berikut dengan teliti!

Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Pernahkah terbayang olehmu gimana manusia bikin tanda dan tulisan sebelum ditemukannya pensil? Bagaimana proses penemuan pensil hingga menjadi bentuk pensil seperti sekarang dengan proses pembuatan yang lebih moderen?

Jaman dulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Lalu pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipake untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564 di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah. Untuk itu grafit membutuhkan tangkai pemegang. Pada mulanya, grafit hanya dibungkus oleh tali yang terbuat dari kulit domba. Terus, ditemukan cara untuk memasukkan grafit di antara dua bilah kayu yang dilubangi. Ketika itulah mulai dikenal alat tulis yang kini dinamakan pensil.

Pensil mulai dibikin secara massal pada tahun 1662 di Nuremberg, Jerman. Selanjutnya, mulai abad 19, Faber Castell, Lyra, Staedler, dan perusahaan-perusahaan lain ngembangkan pensil buat alat tulis secara pesat. Pada jaman modern, pensil dibuat dengan hancurkan grafit murni sama tanah liat hingga berbentuk bubuk. Kemudian campuran ini dicetak menjadi bentuk tipis panjang dan dilapisi dengan kayu. Jadilah pensil dengan bentuk yang kita kenal saat ini.

Pensil menjadi benda yang penting banget hingga saat ini. Kalo gak ada pensil, kita bakal kesulitan waktu lagi belajar. Kita juga gak bisa bikin karya tulis, seperti cerita pendek, puisi, dan tulisan lainnya.

Kata Baku dalam Teks Eksplanasi Pensil, Si Kecil yang Amat Penting

Carilah kata tidak baku pada teks eksplanasi yang berjudul “Pensil, Si Kecil yang Amat Penting” dan tulislah kata bakunya.

Sajikan dalam bentuk tabel seperti berikut!

Pembahasan:

Kata Tidak BakuKata Baku
GimanaBagaimana
BikinBuat
ModerenModern
JamanZaman
DuluDahulu
DipakeDipakai
DibikinDibuat
NgembangkanMengembangkan
GakTidak
BuatUntuk
SamaDan
BangetSekali

Demikian pembahasan mengenai Kata Baku dalam Teks Eksplanasi Pensil, Si Kecil yang Amat Penting. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *