Menu
Akurat dan Terpercaya

Karakteristik Negara Laos dan Kamboja

  • Share

Hai adik-adik kelas 6 SD, kali ini kita akan melanjutkan membahas materi tentang karakteristik negara ASEAN. Kali ini pembahasan akan fokus kepada karakteristik negara Laos dan Kamboja. Semoga bermanfaat.

1. Jelaskan karakteristik geografis negara Laos!

Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos berbentuk pegunungan dan hutan. Barisang pegunungan membujur dari barat laut ke tenggara dengan puncak tertinggi adalah Gunung Bia. Di sebelah timur ada Pegungungan Annam, dan Sungai Mekong mengalir di seluruh wilayah Laos.

2. Mengapa penduduk negara Laos lebih banyak bekerja di bidang pertanian?

Karena Laos memiliki Sungai Mekong yang mengalir di seluruh wilayah Laos dan membuat daerah sekitarnya subur sehingga cocok dijadikan sebagai lahan pertanian.

3. Jelaskan batas-batas negara Kamboja di bagian Utara, Selatan, Barat, dan Timur!

Batas wilayah Kamboja:

  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laos
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Thailand
  3. Sebelah barat berbatasan dengan Thailand
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Vietnam

4. Jelaskan potensi sumber daya alam negara Indonesia!

Potensi sumber daya alam Indonesia:

  1. Pulau Sumatra dan Kalimantan memiliki potensi sumber daya alam dibidang perkebunan seperti kopi, karet, dan kelapa sawit.
  2. Pulau Jawa dan Bali memiliki potensi sumber daya alam dibidang pertanian seperti padi dan palawija. Hal ini didorong dengan banyaknya tanah aluvial yang merupakan tanah hasil endapan gunung berapi yang memungkinkan tumbuhan tumbuh dengan subur.
  3. Wilayah Indonesia bagian timur didominasi tumbuhan sagu dan rempah-rempah.

5. Apakah potensi sumber daya alam suatu negara dipengaruhi oleh kondisi geografisnya? Jelaskan
alasanmu!

Potensi sumber daya alam suatu negara dipengaruhi oleh kondisi geografisnya. Karena kondisi geografis akan mempengaruhi curah hujan, tekstur tanah, dan kelembapan udara. Hal ini yang membuat sumber daya alam yang ada di suatu negara berbeda dengan negara lainnya. Misalkan potensi sumber daya alam negara Laos yang tidak memiliki pantai berbeda dengan potensi sumber daya alam di Indonesia yang banyak memiliki pantai.

Demikianlah pembahasan mengenai Karakteristik Negara Laos dan Kamboja. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *