Menu
Akurat dan Terpercaya

Karakteristik Negara di Asia Tenggara

  • Share

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi tentang Karakteristik Negara di Asia Tenggara. Pembahasan akan fokus kepada letak geografis dan geologis kawasan Asia Tenggara, karakteristik geografis negara Singapura, karakteristik geografis negara Malaysia, dan karakteristik geografis negara Vietnam. Semoga bermanfaat.

Karakteristik Negara di Asia Tenggara

1. Jelaskan letak geografis dan geologis Kawasan Asia Tenggara!

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara berada dijalur lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, antara Australia dan Asia. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui jalur pelayaran antara Asia Timur dan Asia Selatan. Secara geologis, sebagian besar wilayah Asia Tenggara dilalui rangkaian Pegunungan Muda Mediterania.

2. Jelaskan karakteristik geografis negara Singapura!

Singapura merupakan negara kepulauan. Hampir semua wilayahnya berupa dataran rendah.

Republik Singapura terletak 137 kilometer di utara khatulistiwa. Selat Johor memisahkan Malaysia dan Singapura.

Singapura merupakan negara kepulauan yang memiliki 63 pulau kecil. Pulau-pulau itu, antara lain Pulau Tekong, Pulau Ubin, dan Pulau Sentosa. Lokasi tertinggi di Singapura berada di Bukit Timah dengan ketinggian 163,63 m.

3. Jelaskan karakteristik geografis negara Malaysia!

Malaysia merupakan negara federal yang terdiri atas 13 negara bagian dan 3 wilayah persekutuan. Malaysia memiliki luas 329.857 km2 dengan ibu kota Kuala Lumpur. Pusat pemerintahan federal adalah Kota Putrajaya.

Wilayah Malaysia Barat berupaa pegunungan yang memanjang dari arah utara ke selatan. Keadaan Malaysia Timur beragam, antara lain terdiri atas rawa-rawa, pantai, perbukitan, hutan tropis, dan sidominasi pegunungan.

4. Jelaskan karakteristik geografis negara Vietnam!

Vietnam teridiri atas bukit-bukit dan gunung-gunung berhutan lebat serta sedikit dataran rendah.

Wilayah Vietnam bagian utara berupa pegunungan, sedangkan bagan selatan berupa dataran rendah yang subur.

Gunung-gunung yang ada di Vietnam antara lain Gunung Ngoch Linh dan Gunung Chu Yang Sin. Sungai utamanya adalah sungau Mekong dan Sungai Sangka.

5. Apakah Waktu di Jakarta lebih cepat daripada waktu di kota Thailand? Jelaskan alasanmu!

Waktu di Jakarta tidak lebih cepat daripada waktu di kota Thailand. Waktu di Jakarta sama dengan waktu di kota Thailand. Kota Thailand memiliki letak di garis bujur yang sama dengan Jakarta sehingga berada dalam zona waktu yang sama juga.

Demikian pembahasan mengenai Karakteristik Negara di Asia Tenggara. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *