Menu
Akurat dan Terpercaya

Karakteristik Geografis dan Sosial Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia

  • Share
Karakteristik Geografis dan Sosial Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi Karakteristik Geografis dan Sosial Negara ASEAN. Kali ini pembahasan akan fokus kepada Karakteristik Geografis dan Sosial Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia. Semoga bermanfaat.

Karakteristik Geografis dan Sosial Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia

Karakteristik geografis suatu negara dapat memengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatnya. Negara-negara di ASEAN yang beriklim tropis dan banyak di lalui oleh sungai serta pegunungan, sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani, nelayan dan berkebun. Wilayah ASEAN juga banyak menghasilkan barang tambang, seperti emas, perak, timah, tembaga, minyak bumi, batu bara dan gas alam.

Karakteristik Geografis dan Sosial Brunei Darussalam

Batas-batas wilayah:
Utara: laut Tiongkok Selatan
Timur: Sabah
Selatan: Serawak
Barat: Serawak

Brunei Darussalam memiliki luas wilayah sekitar 5.765 km2. Kenampakan alamnya berupa perbukitan di wilayah timur. Dataran rendah dan rawa terdapat di wilayah barat. Puncaj tertingginya adalah Gunung Pagon dengan ketinggian 1.850 m dpl. Mayoritas penduduknya adalah orang Melayu dan memeluk agama Islam. Kegiatan ekonomi penduduk Brunei Darussalam umumnya di bidang pertambangan, pertanian, perkebunan, dan pariwisata. Dalam bidang pariwisata, Brunei Darussalam mengembangkan wisata budaya dan wisata kota di atas air.

Ibukota: Bandar Seri Bagawan
Sistem Pemerintahan: Monarki (Kesultanan)
Kepala negara: Sultan
Kepala pemerintahan: Sultan
Bahasa yang digunakan: Melayu, Inggris, dan Mandarin
Lagu kebangsaan: Allah Peliharakan Sultan
Mata uang: Dolar Brunei

Karakteristik Geografis dan Sosial Kamboja

Batas-batas wilayah
Utara: Laos dan Thailand
Timur: Vietnam
Selatan: Laut Tiongkok Selatan
Barat: Thailand

Kamboja terletak di Semenanjung Indocina. Di sekelilingnya terdapat pegunungan dan dataran tinggi (plato). Wilayah Kamboja yang dialiri Sungai Mekong merupakan daerah yang sangat subur. Puncak tertingginya adalah Gunung Cardamon dengan ketinggian 1.813 m dpl

Mayoritas penduduk Kamboja adalah orang Khmer, sebagian lagi ada orang Tiongkok dan Vietnam. Agama Budha adalah agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Kamboja. Umumnya kegiatan ekonomi penduduk Kamboja adalah bertani. Pertanian menghasilkan padi dan karet sebagai hasil utamanya. Kegiatan pertambangan menghasilkan bijih besi, batu bara, dan tembaga.

Ibukota: Phnom Penh
Sistem pemerintahan: Kerajaan
Kepala negara: Raja
Kepala pemerintahan: Perdana Menteri
Bahasa yang digunakan: Khmer (resmi) dan Prancis
Lagu kebangsaan: Nokoreach
Mata uang: Riel

Karakteristik Geografis dan Sosial Laos

Batas-batas wilayah
Utara: Republik Rakyat Tiongkok
Timur: Vietnam
Selatan: Kamboja dan Thailand
Barat: Myanmar dan Thailand

Laos memiliki luas wilayah sekitar 236.800 km2. Wilayah Laos dikelilingi oleh lima negara, sehingga Laos merupakan satu-satunya negara di Kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki garis pantai. Wilayah barat Laos berupa dataran rendah. Puncak tertingginya adalah Gunung Phou Bia dengan ketinggian 2.819 m dpl.

Penduduk Laos terbagi atas 3 kelompok suku bangsa utama, yaitu suku Lao Loum, suku Lao Theung, dan suku Lao Sung. Agama yang dianut oleh sebagian besar penduduk Laos adalah Budha. Kegiatan ekonomi penduduk Laos umumnya di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. Kegiatan pertanian di sepanjang Sungai Mekong. Hasil pertaniannya berupa padi dan jagung. Hewan ternak yang dihasilkan antara lain sapi, kerbau, dan unggas. Perkebunan Laos menghasilkan kopi, kayu jati, dan buah-buahan.

Ibukota: Vientiane
Sistem pemerintahan: Republik
Kepala negara: Presiden
Kepala pemerintahan: Perdana Menteri
Bahasa yang digunakan: Laos (resmi), Inggris dan Prancis
Lagu kebangsaan: Pheng Xat Lao (Himne Rakyat Laos)
Mata uang: New Kip

Karakteristik Geografis dan Sosial Vietnam

Batas-batas wilayah:
Utara: Republik Rakyat Tiongkok
Timur: Laut Tiongkok Selatan
Selatan: laut Tiongkok Selatan
Barat: Kamboja dan Laos

Vietnam terletak di Semenanjung Indocina. Kenampakan alam Vietnam berupa pegunungan dan dataran tinggi yang terdapat di bagian barat laut. Di wilayah ini terdapat Tanah tinggi Tonkin Timur dan puncak tertinggi Vietnam yaitu Gunung Fan Si Pan (3.143 m dpl), wilayah dataran pantai memanjang di bagian Timur Laut Tiongkok Selatan, dataran rendah Sungai Merah yang merupakan daerah paling subur dan padat penduduk berada di bagian utara.

Mayoritas penduduk di Vietnam berasal dari suku Khmer, Campa, Thai, dan Tiongkok. Kegiatan ekonomi penduduk Vietnam umumnya di bidang pertanian yang berada di sepanjang delta Sungai Merah, Sungai Mekong. Hasil utama pertaniannya adalah jagung, kapas, teh, dan tembakau. Selain pertanian kegiatan ekonomi Vietnam juga dalam bidang pertambangan. Hasil pertambangannya berupa emas, bijih besi, timah, dan fosfat.

Ibukota: Hanoi
Sistem pemerintahan: Republik Sosialis
Kepala negara: Presiden
Kepala pemerintahan: Perdana Menteri
Bahasa yang digunakan: Vietnam
Lagu Kebangsaan: Tien Quan Ca (The March to the Front)
Mata uang: Dong

Karakteristik Geografis dan Sosial Myanmar

Batas-batas wilayah:
Utara: Republik Rakyat Tiongkok
Timur: Thailand dan Laos
Selatan: Laut Andaman dan Laut Thailand
Barat: Teluk Benggala, Bangladesh, dan India

Luas Myanmar sekita 676.578 km2. Wilayah selatannya berupa dataran rendah di sepanjang garis pantai Teluk Benggala dan Laut Andaman. Di wilayah utaranya berupa pegunungan dengan puncak tertingginya Gunung Hkakabo Razi (5.881 m dpl). Di bagian tengah merupakan dataran subur karena dialiri Sungai Irawadi. Wilayah baratnya berupa pegunungan Arakan Yoma.

Penduduk asli Myanmar adalah suku Mongoloid. Mayoritas penduduknya adalah orang Birma selebihnya suku Shan, Karen, Rakhin, dan Mon. Mayoritas penduduknya beragama Budha. Kegiatan ekonomi penduduk umumnya di bidang pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Hasil pertaniannya berupa padi, kacang-kacangan, jagung, tebu, dan teh. Myanmar juga memiliki barang hasil tambang seperti tembaga, timah dan perak.

Ibukota: Naypyitaw
Sistem pemerintahan: Republik
Kepala negara: Presiden
Kepala pemerintahan: Perdana Menteri
Bahasa yang digunakan: Birma (resmi), Inggris
Lagu kebangsaan: Our Free Homeland
Mata uang: Kyat

Karakteristik Geografis dan Sosial Indonesia

Batas-batas wilayah:
Utara: Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Tiongkok Selatan
Timur: Papua New Guinea dan Samudra Pasifik
Selatan: Timor Leste, Australia, dan Samudera Hindia
Barat: Samudera Hindia

Luas wilayah Indonesia seluruhnya adalah 5.193.250 km2. Terdiri dari luas daratan 1.919.440 km2. Sedangkan luas lautnya 3.273.810 km2. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulaunya +- 17.000. Indonesia memiliki ratusan gunung berapi yang terbentang sepanjang pulau Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Sulawesi.

Indonesia memiliki tanah yang subur sehingga kegiatan ekonomi penduduknya sebagian besar adalah bertani, nelayan, perkebunan, dan juga pertambangan. Pertambangan di Indonesia menghasilkan emas, perak, batu bara, timah, nikel, minyak bumi, dan gas alam. Di perkotaan kegiatan penduduknya sebagian dalam bidang industri.

Ibukota: DKI Jakarta
Sistem pemerintahan: Republik
Kepala negara: Presiden
Kepala pemerintahan: Presiden
Bahasa yang digunakan: Indonesia (resmi)
Lagu kebangsaan: Indonesia Raya
Mata uang: Rupiah

Latihan Soal Karakteristik Geografis dan Sosial Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia

1. Jelaskan persamaan karakteristik geografis negara ASEAN!

Pembahasan:
Persamaan karakteristik geografis negara ASEAN yaitu negara-negara di ASEAN beriklim tropis dan banyak di lalui oleh sungai serta pegunungan.

2. Bagaimanakah kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai Mekong!

Pembahasan:
Masyarakat yang tinggal di sepanjang Sungai Mekong memanfaatkan Aliran Sungai Mekong untuk melakukan kegiatan pertanian.

3. Sebutkan negara apa saja yang dilewati oleh Sungai Mekong!

Pembahasan:
Negara yang dilewati oleh Sungai Mekong yaitu Kamboja, Laos, dan Vietnam

4. Jelaskan batas-batas wilayah negara Indonesia!

Pembahasan:
Batas-batas wilayah:
Utara: Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Tiongkok Selatan
Timur: Papua New Guinea dan Samudra Pasifik
Selatan: Timor Leste, Australia, dan Samudera Hindia
Barat: Samudera Hindia

5. Apakah Kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Singapura sama dengan kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Laos? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Singapura tidak sama dengan kehidupan sosial ekonomi masyarakat Laos. Laos merupakan salah satu negara yang dilewati oleh Sungai Mekong. Kegiatan ekonomi penduduk Laos umumnya di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan. Kegiatan pertanian ini dilakukan di sepanjang Sungai Mekong. Sementara Singapura merupakan negara kecil dan tidak memiliki lahan pertanian. Kegiatan ekonomi penduduknya lebih banyak ke sektor industri.

Demikian pembahasan mengenai Karakteristik Geografis dan Sosial Brunei, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, dan Indonesia. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *