Menu
Akurat dan Terpercaya

Karakteristik Geografi Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim dan Agraris

  • Share
Karakteristik Geografi Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim dan Agraris

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Karakteristik Geografi Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim dan Agraris. Pembahasan akan fokus kepada kesimpulan mengapa Negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris dan mengapa secara geografis letak Indonesia disebut sangat
strategis. Semoga bermanfaat.

Karakteristik Geografi Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim dan Agraris

Indonesia merupakan sebuah negara yang unik, banyak hal yang menjadikan Indonesia menjadi seperti itu, antara lain, Indonesia merupakan negara Kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia memiliki budaya yang beragam, Indonesia dianugerahi alam yang subur dan kaya, Indonesia dilintasi oleh garis Khatulistiwa dan Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia.

Secara geografis, letak Indonesia termasuk sangat strategis karena diapit oleh 2 benua dan 2 samudra. Letak geografis Indonesia juga memberi pengaruh banyak hal hingga terbentuk kondisi geografis Indonesia yang unik dan beragam. Keadaan geografis Indonesia pun mempengaruh keadaan penduduk Indonesia seperti pekerjaan, pola pemukiman serta sektor ekonomi dan perdagangan.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).

Secara umum, Indonesia termasuk negara kepulauan/maritim dan agraris. Indonesia yang terletak di kawasan Asia Tenggara merupakan salah satu negara paling beragam dengan kondisi penduduk yang bervariasi, baik dari segi suku, budaya, agama dan bahasa. Wilayah Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Batas wilayah Indonesia pun berbatasan dengan beberapa negara seperti Malaysia, Australia dan Papua Nugini.

Negara Maritim

Indonesia dikenal dengan negara Maritim dan yang dimaksud dengan negara Maritim adalah Negara yang daerah teritorial lautnya lebih luas daripada daerah teritorial daratnya dengan kata lain Negara Maritim adalah negara yang menyandang predikat Negara Kepulauan. Kenapa Indonesia disebut sebagai negara maritim hal ini dikarenakan Negara Indonesia merupakan negara Kepualauan dan 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan dan 1/3 -nya merupakan daerah daratan.

Indonesia seperti yang telah dijelaskan merupakan negara kemaritiman, dimana kondisi Indonesia yang lebih banyak daerah perairan dari pada daerah daratan. Kondisi inilah yang membentuk budaya indonesia menjadi budaya yang lebih merujuk pada budaya kemaritiman, yang masyarakat lebih banyak berprofesi sebagai nelayan pada daerah pesisir.

Negara Agraris

Selain merupakan negara Maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris, yang artinya Negara yang salah satu penunjang perekonomiannya adalah sektor pertanian, Indonesia merupakan Negara agraris dengan luas lahan yang sangat luas dan keaneka ragaman hayati yang sangat beragam. Hal ini sangat memungkinkan menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara agraris terbesar di Dunia.

Di Negara agraris seperti Indonesia, pertanian mempunyai kontribusi penting baik terhadap perekonomian maupun terhadap pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat, apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk yang berarti bahwa kebutuhan akan pangan juga semakin meningkat. Selain itu ada peran tambahan dari sektor pertanian yaitu peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan. sebagian besar penduduknya hidup dari hasil bercocok tanam atau bertani, sehingga pertanian merupakan sektor yang memegang peranan penting dalam kesejahteraan kehidupan penduduk Indonesia.

Indonesia adalah negara agraris yang mempunyai keanekaragaman hayati dan sumber daya alam yang tinggi. Sumber daya alam (biasa disingkat SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah. Inovasi teknologi, kemajuan peradaban dan populasi manusia, serta revolusi industri telah membawa manusia pada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan, terutama pada satu abad belakangan ini. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia, tetapi sayangnya keberadaannya tidak tersebar merata dan beberapa negara.

Begitu banyak keunggulan yang dimiliki oleh Negara Indonesia, namun hal tersebut belum menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang maju dan besar, masih banyak kemiskinan pada warganya, dan masih banyak sumberdaya alam yang kurang dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintahnya dan masyarakatnya.

1. Setelah menyimak bacaan dan video, buatlah kesimpulan! Mengapa Negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan/maritim dan agraris?

Pembahasan:
Negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan/maritin karena daerah teritorial lautnya lebih luas daripada daerah teritorial daratnya dengan.Negara Indonesia merupakan negara Kepualauan dan 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan dan 1/3 nya merupakan daerah daratan.
Negara Indonesia disebut negara agraris karena salah satu penunjang perekonomiannya adalah sektor pertanian, Selain itu, Indonesia memiliki luas lahan yang sangat luas dan keaneka ragaman hayati yang sangat beragam.

2. Secara Geografis letak Indonesia disebut sangat strategis, mengapa demikian?

Pembahasan:
Secara geografis letak indonesia disebut sangat strategis karena Indonesia diapit oleh 2 benua dan 2 samudra. Letak geografis Indonesia juga memberi pengaruh banyak hal hingga terbentuk kondisi geografis Indonesia yang unik dan beragam. Keadaan geografis Indonesia pun mempengaruh keadaan penduduk Indonesia seperti pekerjaan, pola pemukiman serta sektor ekonomi dan perdagangan.

Demikian pembahasan mengenai Karakteristik Geografi Indonesia Sebagai Negara Kepulauan Maritim dan Agraris. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *