BeritaGuruTips

Karakter Yang Harus Dimiliki Guru Menurut Kemendikbud

Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Dr. Praptono menyampaikan karakter yang harus dimiliki guru. Hal tersebut disampaikan saat memberikan motivasi kepada Kepala Sekolah dan Guru di Banyuwangi.

Menurut Praptono, sebagai pendidik harus mampu melayani sesuai dengan potensi belajar mereka. Setiap anak agar bisa dilayani sesuai dengan kebutuhannya, sehingga mereka merasa nyaman dan mencapai hasil yang memuaskan. Hal tersebut sesuai dengan kebijakan merdeka belajar yang dikeluarkan oleh Mendikbud.

Guru harus menyadari bahwa setiap anak terlahir istimewa dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Guru harus bisa memberikan layanan sesuai dengan potensi dan kemampuan belajar siswa.

Lebih jauh, Praptono menyampaikan karakter yang harus dimiliki guru yang diharapkan Kemendikbud. Karakter tersebut meliputi:

  1. Memiliki rasa nasionalisme tinggi. Guru harus memiliki sikap nasionalisme yang tinggi yang bisa ditularkan ke siswanya.
  2. Mampu bernalar. Guru harus mampu menalar dan mengajak siswa untuk berpikir kreatif dan fleksibel dalam menghadapi perubahan. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan problem solving dan mengajarkan multy skill pada siswa.
  3. Insan pembelajar. Di era sekarang, guru dilarang untuk gaptek. Guru harus bisa update mengikuti perkembangan jaman dan teknologi. Guru yang seperti ini yang bisa menciptakan materi ajar yang menarik dan disuksi siswa.
  4. Profesional dan “menghamba” pada siswa. Guru diharapkan tidak hanya sekedar mendidik, namun guru juga harus bisa melayani dengan hati.

Jika semua karakter tersebut sudah dimiliki oleh guru di Banyuwangi dan di Indonesia, maka program Mendikbud tentang guru penggerak Indonesia maju akan bisa terwujud.

Sumber : detik

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker