Menu
Akurat dan Terpercaya

Karakter Tokoh, Isi dan Pesan dalam Dongeng Ayam Jago Baru

  • Share
Karakter Tokoh, Isi dan Pesan dalam Dongeng Ayam Jago Baru

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Karakter Tokoh, Isi dan Pesan dalam Dongeng Ayam Jago Baru. Semoga bermanfaat ya.

Karakter Tokoh, Isi dan Pesan dalam Dongeng

Tokoh adalah para pelaku yang ada di dalam dongeng.

Watak tokoh atau karakter merupakan sofat tokoh dalam dongeng.

Pesan (amanat) merupakan pesan yang ingin disampaikan penulis dongeng kepada pembaca.

Dongeng Ayam Jago Baru

Ada ayam jago baru di suatu dusun. Dia datang dari kota yang jauh sekali.

Suatu ketika, Ayam Jago terjaga dari tidurnya. Matanya yang masih mengantuk perlahan terbuka. Di langit dia melihat benda bundar berwarna kuning keemasan. “Itu pasti matahari!” pikirnya. Maka walaupun dia masih mengantuk, di melompat ke atas pagar. “Kukuruyuk…. Hari sudah pagi!” kokoknya keras-keras.

Induk-induk ayam bergegas berlarian keluar. Mereka mulai mengais-ngais mencari makan. “Wah, betapa gelapnya hari ini!” keluh mereka.

Tiba-tiba terbang melintas seekor burung hantu. Dia hinggap di pohon dekat mereka. “Kamu siapa?” tanya si Ayam Jago Baru. “Aku Burung Hantu!” jawabnya. “Hai, mengapa kalian ribut-ribut di tengah malam begini?”

“Si Ayam jago tadi berkokok. Itu tanda hari sudah pagi!” ujar induk-induk ayam itu. Mereka kemudian ribut bergumam. Si Burung Hantu menepukkan sayapnya meminta mereka tenang.

“Iya, itu matahari sudah terbit di langit!” ujar si Jagor. Si Burung Hantu tertawa terbahak-bahak. “Itu bukan Matahari! Itu adalah bulan purnama!” katanya.

Induk-induk ayam kembali bergumam. Merkea kembali ke tempat masing-masing dan tidur lagi.

Si Ayam Jago Bru merasa malu. Dia berjanji besok lagi akan membuka kedua matanya lebar-lebar. Dia harus yakin yang dilihatnya adalah matahari. Setelah itu, baru dia akan berkokok.

Karakter Tokoh, Isi dan Pesan dalam Dongeng Ayam Jago Baru

Nah, sekarang tuliskan tokoh, isi cerita dan pesan dalam dongeng tersebut pada tabel berikut, ya!

Pembahasan:

Tokoh dan karakter1. Ayam Jago = kurang teliti dan terburu-buru
2. Burung Hantu = bijaksana dan mengingatkan
Isi ceritaIsi ceritanya adalah ketika ayam jago terbangun dari tidurnya melihat benda bersinar di langit dia mengira itu adalah matahari tanpa memastikan kembali benar atau tidak yang dilihatnya, berkokok menandakan sudah pagi.
Pesan dalam dongengPesan dalam dongeng tersebut adalah sebagai pengingat agar selalu teliti sebelum melakukan sesuatu. Jangan sampai tindakanmu itu pada akhirnya justru merugikan orang lain.

Demikian pembahasan mengenai Karakter Tokoh, Isi dan Pesan dalam Dongeng Ayam Jago Baru. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *