Menu
Akurat dan Terpercaya

Karakter, Isi, dan Pesan dalam Dongeng Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa

  • Share
Karakter, Isi, dan Pesan dalam Dongeng Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi tentang karakter, isi, dan pesan dalam dongeng. Pembahasan akan fokus kepada Karakter, Isi, dan Pesan dalam Dongeng Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa. Semoga bermanfaat.

Dongeng Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa

Seorang raja yang bijaksana memiliki kebun yang sangat luas. Di kebun raja yang bijaksana, tumbuhlah pohon pepaya dan pohon kelapa. Kedua pohon itu dirawat oleh penjaga kebun dengan baik. Pada suatu hari, kedua pohon itu sedang bercakap-cakap.

“Hai, pepaya! Lihatlah tubuhku yang tinggi ini! Tahukah kamu, akulah pohon yang paling disukai oleh manusia. Tidak ada pohon lain yang dapat menandingi kehebatanku,” kata si Kelapa. “Semua bagian tubuhku bermanfaat bagi manusia. Buahky dapat dimakan. Jika sudah tua, buahku dapat dijadikan bahan masakan.”

Oleh karena Pepaya diam saja, Kelapa semaikn menyombongkan diri. Ia berkata, “Batang tubuhku sangat kuat. Manusia dapat membuat jembatan dengan memanfaatkannya. daun-daunku yang rindang dapat dijadikan pembungkus ketupat. Manusia juga dapat membuat sapu dari tangkai-tangkai daun yang aku punya. Hebat, bukan?”

Pepaya terdiam. Ia tidak ingin membantah perkataan Kelapa. “Mengapa kau hanya diam, Pepaya? Apa kelebihanmu?”

Pepaya menghela napas. Ia lalu berkata, “Setiap pohon memiliki kelebihan sendiri, kelapa. Aku tidak ingin merepotkan si Penjaga Kebun. Ketika panen, aku tidak ingin membuatnya kesusahan mengambil buahku. Oleh karena itu, pohonku tidak terlalu tinggi sehingga ia bisa meraihnya dengan tangan saja.”

“Ketika anak raja sakit, daunku dapat direbus untuk mengobati penyakitnya. Buahku juga manis dan dapat melancarkan pencernaan.” Kelapa terdiam, ia menyadari bahwa Pepaya benar. Setiap pohon memiliki kelebihan dan kekurangan. Ia pun meminta maaf kepada Pepaya.

Karakter, Isi, dan Pesan dalam Dongeng Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa

Sekarang, tuliskan karakter, isi dan pesan dalam dongeng yang sudah kamu dengar dengan bahasamu
sendiri!

Pembahasan:

TokohPohon Pepaya dan Pohon Kelapa
KarakterPohon Pepaya memiliki karakter penyabar dan tidak sombong, Pohon Kelapa memiliki karakter sombong.
Isi CeritaDi kebun tumbuh pohon pepaya dan pohon kelapa. Pohon Kelapa sangat sombong dan memamerkan bahawa dirinya sangat berguna bagi manusia. Pohon Pepaya hanya diam saja mendengar kesombongan Pohon Kelapa. Pohon Kelapa kemudian bertanya mengenai kelebihan dari Pohon Pepaya. Pohon Pepaya mengatakan bahwa setiap pohon memiliki kelebihan masing-masing. Pohon Pepaya pun menceritakan kelebihan dirinya. Mendengar itu, Pohon Kelapa terdiam dan menyadari apa yang dikatakan Pohon Pepaya benar. Pohon Kelapa meminta maaf kepada Pohon Pepaya karena sudah sombong.
Pesan MoralKita tidak boleh sombong terhadap kelebihan yang kita miliki, karena setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Demikian pembahasan mengenai Karakter, Isi, dan Pesan dalam Dongeng Pohon Pepaya dan Pohon Kelapa. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *