Menu
Akurat dan Terpercaya

Kalimat Tanya Siapa Teks Beni Bersepeda

  • Share
Kalimat Tanya Siapa Teks Beni Bersepeda

Hai adik-adik kelas 5 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi kalimat tanya. Pembahasan akan fokus kepada contoh Kalimat Tanya Siapa Teks Beni Bersepeda. Semoga bermanfaat.

Penggunaan Kata Tanya “Siapa”

Fungsi kata tanya siapa adalah untuk menanyakan orang atau pelaku yang terlibat.

Bacaan 1
Pagi itu udara terasa dingin. Di sebelah rumah Edo tinggal Kakek Husin. Kakek Husin mengidap penyakit asma. Saat udara dingin Kakek Husin akan merasa kesulitan bernapas. Kakek Husin biasanya akan segera menyemprotkan obat di dalam botol spray. Obat itu disemprotkan ke dalam tenggorokannya. Tak lama setelah itu Kakek Husin akan dapat bernapas lagi dengan lega.

Contoh Pertanyaan dengan kata tanya “siapa”
Siapa yang kesulitan bernapas saat udara dingin?
Jawaban: Orang yang kesulitan bernapas saat udara dingin adalah Kakek Husin.

Bacaan 2
Tanggung Jawab Ade
Sebenarnya Ade tahu dan mengerti, setiap hari Kak Nina selalu membantu Ibu menyiapkan makanan untuk dijual. Mengantar kanke warung-warung dengan mengendarai sepeda sebelum pergi ke sekolah. Ade juga tahu, Kak Nina sering terlambat tiba di sekolah karenanya. Tetapi anehnya Kak Nina tidak pernah tertinggal pelajarannya. Kak Nina di rumah selalu mengulang palajaran yang diberikan di sekolah. Dan rasa-rasanya, Kak Nina adalah orang yang paling baik di rumah ini. Dan Ade tidak pernah merasa iri bila Kak Nina dibelikan sesuatu sedang dia sendiri tidak.

Contoh Pertanyaan dengan kata tanya “siapa”
Siapa yang rajin membantu ibu menyiapkan makanan untuk dijual?
Jawaban: Orang yang rajin membantu ibu menyiapkan makanan untuk dijual adalah Kak Nina.

Bacaan 3
Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon. Peringatan hari Menanam Pohon pada tahun 2015 diawali sejak tangal 26 November. Presiden melakukan penanaman pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Ada 10.000 pohon ditanam di hutan itu. Pohon yang ditanam pun bermacam-macam, termasuk pohon-pohon yang buahnya dapat dimakan.
Kita dapat berperan serta untuk mengembalikan paru-paru dunia. Menanam pohon tidah hanya dapat dilakukan di hutan. Kita dapat menanam pohon di lingkungan sekitar kita. Semakin banyak pohon di lingkungan kita, semakin banyak pasokan oksigen bagi kehidupan.

Contoh Pertanyaan dengan kata tanya “siapa”
Siapa yang melakukan penanaman pohon dalam peringatan hari menanam pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan?
Jawaban: Orang yang melakukan penanaman pohon dalam peringatan hari menanam pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan adalah Presiden.

Bacaan 4
Dayu dan Ikan Hias
Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali.
Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Contoh Pertanyaan dengan kata tanya “siapa”
Siapa yang memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki?
Jawaban: Orang yang memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki adalah Dayu.

Cara menjawab pertanyaan dengan kata tanya “siapa”

  • Cari kata kunci di soal
  • Cari nama atau pelaku
  • Jawab dengan lengkap

Cara membuat pertanyaan dengan kata tanya “siapa”

  • Awali dengan kata tanya “siapa”
  • Tanyakan peran atau kegiatan yang dilakukan oleh orang yang ingin kita tanyakan

Beni Bersepeda

Salah satu kegiatan yang disukai Beni saat hari libur adalah bersepeda menyusuri jalan pedesaan. Udara di pedesaan masih segar karena masih banyak pohon dan masih sedikit polusi. Kegiatan Beni ini tentunya dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Dengan bersepeda rutin, semua organ gerak yang ada di tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya. Coba perhatikan, pernahkah badanmu terasa pegal dan kaku setelah duduk diam beberapa saat? Ya, karena pada saat duduk diam dalam waktu yang lama, organ-organ gerak pada tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Setelah mengayuh sepedanya beberapa saat, tibalah Beni di sebuah kebun sayur. Beni senang sekali. Ladang sayur luas terbentang laksana permadani hijau. Tanah yang semula dicangkul, dipupuk, dan dibuat bedeng, kini telah tertutupi sayur mayur yang siap dipanen. Yang terlihat hanyalah warna hijau.

Beni pun bergegas turun dari sepedanya dan menghampiri Pak Anto. Pak Anto adalah pemilik ladang sayuran. Pak Anto dibantu beberapa orang dalam mengerjakan ladangnya.

“Selamat pagi, Pak Anto. Sedang sibuk ya, Pak?” sapa Beni ramah.

“Selamat pagi, Beni. Iya Beni, bapak sedang memanen sawi dan selada,” jawab pak Anto.

“Bolehkah saya membantu, Pak?” pinta Beni.

“Oh, tentu saja boleh. Kebetulan sekali, ada satu karyawan Bapak yang sedang sakit. Jadi bapak masih kekurangan orang untuk memanen semua sayur ini,” jawab Pak Anto.

Kalimat Tanya Siapa Teks Beni Bersepeda

  1. Buatlah kalimat tanya menggunakan kata tanya siapa berdasarkan penggalan teks yang terdapat pada lampiran!
  2. Tuliskan jawaban dari pertanyaan yang kamu buat!
  3. Gunakankah pertanyaan dan jawaban tersebut untuk bertanya jawab dengan anggota keluargamu!

Pembahasan:

NoKalimat Tanya SiapaJawaban
1.Siapa yang menyukai kegiatan bersepeda saat hari libur?Yang menyukai kegiatan bersepeda saat hari libur adalah Beni
2.Siapa pemilik ladang sayur yang siap dipanen?Pemiliki ladang sayur yang siap dipanen itu adalah Pak Anto

Demikian pembahasan mengenai Kalimat Tanya Siapa Teks Beni Bersepeda. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *