Menu
Akurat dan Terpercaya

Kalimat Permasalahan, Penyelesaian Masalah, Serta Membuat Saran Sesuai Teks “Merawat Tanaman” Kelas 3 SD

  • Share
Kalimat Permasalahan, Penyelesaian Masalah, Serta Membuat Saran Sesuai Teks "Merawat Tanaman" Kelas 3 SD

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Kalimat penyelesaian masalah. Pembahasan akan fokus kepada Kalimat Permasalahan, Penyelesaian Masalah, Serta Membuat Saran Sesuai Teks “Merawat Tanaman” Kelas 3 SD.

Anak-anak, pada pembelajaran hari ini kita akan kembali mempelajari tentang kalimat penyelesaian masalah serta penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran.

Kalimat penyelesaian masalah ditulis untuk memberikan solusi terhadap suatu masalah. Kalimat penyelesaian masalah dapat dituliskan berdasarkan teks. Kalimat penyelesaian masalah ditulis setelah mencermati permasalahan di dalam teks. Setelah membaca teks dan menemukan permasalahannya, barulah kita menyusun pendapat kita yang susai dengan penyelesaian masalah tersebut. Pendapat kita itu disusun menjadi kalimat penyelesaian masalah.

Sekarang, bacalah teks berjudul “Merawat Tanaman” di bawah ini!

Merawat Tanaman

Udin dan teman-temannya sedang bermain bersama di taman. Udin terkejut karena taman itu sangat kotor. Banyak sampah daun berguguran dan membusuk. Selain itu, ada kubangan air sehingga banyak jentik nyamuk tumbuh di dalamnya. Udin juga melihat tanaman-tanaman kering yang tidak pernah disiram. Udin tidak bisa bermain di taman itu karena kotor dan bau sampah.

Besoknya, Udin dan teman-temannya membersihkan taman itu. Mereka membawa sapu, sekop, dan plastik sampah. Mereka juga tidak lupa membawa bibit tanaman. Udin mulai menyapu daun-daun yang berguguran dan memasukkan sampah ke dalam tempat sampah. Temannya yang lain ada yang membuang air kubangan ke tanah. Setelah menyapu dan membersihkan taman, Udin dan teman-temannya menanam bibit tanaman yang dibawa. Mereka juga menanam bunga agar taman semakin indah. Setelah selesai, mereka mencuci tangan dan pulang dengan hati yang senang karena tempat mereka bermain sudah bersih dan sejuk.

Kalimat Permasalahan, Penyelesaian Masalah, Serta Membuat Saran Sesuai Teks “Merawat Tanaman” Kelas 3 SD

Setelah itu, tuliskan kalimat permasalahan dan kalimat yang menunjukkan penyelesaian masalah serta membuat saran dengan bahasamu sendiri berdasarkan teks tulis tersebut!

Pembahasan:
Kalimat Permasalahan:
(1) Udin terkejut karena taman itu sangat kotor.
(2) Banyak sampah berguguran dan membusuk.
(3) Selain itu, ada kubangan air sehingga banyak jentik nyamuk tumbuh di dalamnya.
(4) Udin juga melihat tanaman-tanaman kering yang tidak pernah disiram.
Kalimat Penyelesaian Masalah
(1) Besoknya, Udin dan teman-temannya membersihkan taman itu.
(2) Udin mulai menyapu daun-daun yang berguguran dan memasukkan sampah ke dalam tempat sampah.
(3) Temannya yang lain ada yang membuang air kubangan ke tanah.
(4) Udin dan teman-temannya menanam bibit tanaman yang dibawa.
Saran:
Agar taman tidak kotor dan bau sampah, Udin dan teman-temannya sebaiknya membersihkan taman itu dengan cara menyapu daun-daun yang berguguran kemudian memasukkannya ke dalam tempat sampah, membuang air kubangan ke tanah, dan menanam bibit tanaman.

Demikian pembahasan mengenai Kalimat Permasalahan, Penyelesaian Masalah, Serta Membuat Saran Sesuai Teks “Merawat Tanaman” Kelas 3 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *