Menu
Akurat dan Terpercaya

Jenis-Jenis Dongeng dan Penjelasan Kelas 3 SD

  • Share
Jenis-Jenis Dongeng dan Penjelasan Kelas 3 SD

Hai adik-adik kelas 3 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai dongeng. Pembahasan akan fokus kepada Jenis-Jenis Dongeng dan Penjelasan Kelas 3 SD. Semoga bermanfaat.

Jenis-Jenis Dongeng dan Penjelasan

Jenis-jenis dongeng yaitu mite, legenda, parabel, fabel, dan hikayat. Berikut merupakan penjelasan masing-masing dari jenis-jenis dongeng.

1. Mite

Mite adalah dongeng dengan latar belakang sejarah yang mengandung hal-hal ajaib dan dianggap suci. Contoh: Nyi Roro Kidul, Joko Tarub, Dewi Sri, Semar, dan Aji Saka.

2. Legenda

Legenda adalah dongeng mengenai peristiwa sejarah suatu nama daerah atau asal usul daerah. Contoh: Legenda Candi Prambanan, Legenda Gunung Tangkuban Perahu, dan Legenda Danau Toba.

3. Fabel

Fabel adalah dongeng yang tokohnya adalah hewan dan menceritakan tentang kehidupan mereka. Contoh: Kura-Kura dan Kelinci, Anjing dan Bayangannya, Burung Gagak yang Cerdik, Burung Jalak dan Kerbau, dan Kisah Semut dan Belalang.

4. Hikayat

Hikayat adalah dongeng yang menceritakan kehebatan atau kepahlawanan seseorang. Contoh: Hikayat Abu Nawas, Hikayat Bunga Kemuning, dan Hikayat Hang Tuah.

5. Parabel

Parabel merupakan dongeng yang menggunakan perumpamaan untuk menyampaikan pesan moral. Contoh: Malin Kundang, Batu Menangis, dan Hakim yang Adil.

Sebutkan kembali jenis-jenis dongeng yang terdapat dalam video beserta penjelasannya dengan tepat!

Pembahasan:

Jenis-jenis dongeng beserta penjelasan:

  1. Mite adalah Mite adalah dongeng dengan latar belakang sejarah yang mengandung hal-hal ajaib dan dianggap suci. Contoh: Nyi Roro Kidul, Joko Tarub, Dewi Sri, Semar, dan Aji Saka.
  2. Legenda adalah dongeng mengenai peristiwa sejarah suatu nama daerah atau asal usul daerah. Contoh: Legenda Candi Prambanan, Legenda Gunung Tangkuban Perahu, dan Legenda Danau Toba.
  3. Fabel adalah dongeng yang tokohnya adalah hewan dan menceritakan tentang kehidupan mereka. Contoh: Kura-Kura dan Kelinci, Anjing dan Bayangannya, Burung Gagak yang Cerdik, Burung Jalak dan Kerbau, dan Kisah Semut dan Belalang.
  4. Hikayat adalah dongeng yang menceritakan kehebatan atau kepahlawanan seseorang. Contoh: Hikayat Abu Nawas, Hikayat Bunga Kemuning, dan Hikayat Hang Tuah.
  5. Parabel merupakan dongeng yang menggunakan perumpamaan untuk menyampaikan pesan moral. Contoh: Malin Kundang, Batu Menangis, dan Hakim yang Adil.

Demikian pembahasan mengenai Jenis-Jenis Dongeng dan Penjelasan Kelas 3 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *