Akurat dan Terpercaya
Indeks

Jelaskan Tujuan Dibentuknya Kerjasama dalam Bidang Politik di ASEAN! Kelas 6 SD

Jelaskan Tujuan Dibentuknya Kerjasama dalam Bidang Politik di ASEAN! Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Jelaskan Tujuan Dibentuknya Kerjasama dalam Bidang Politik di ASEAN! Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

Indonesia merupakan salah satu negara ASEAN yang paling besar, bukan hanya karena luas negaranya tetapi juga karena pengaruhnya di dunia yang dihormati dan disegani.

Tahukah Kalian, bahwa kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, telah menjadi pemicu bagi negara-negara lain di Asia dan Afrika untuk memerdekakan negaranya dari penjajahan. Jadi Indonesia adalah satu negara yang sukses karena kerja kerasnya untuk mengusir penjajah.

Di ASEAN Indonesia berperan besar dalam kerjasama dalam bidang politik. Apa saja peran Indonesia dalam kerjasama ASEAN dalam bidang politik? Untuk mendalami hal tersebut, silakan disimak video pada link berikut ini. Jangan lupa untuk mencatat materi untuk dapat dipelajari lebih lanjut.

Bagaimana pendapat Ananda setelah menyaksikan tayangan pada video tersebut? Mudah dipahami, bukan?

Sebagai bahan evaluasi, Jawablah pertanyaan di bawah ini.

1. Jelaskan tujuan dibentuknya kerjasama dalam bidang politik di ASEAN!

Pembahasan:
Tujuan dibentuknya kerjasama dalam bidang politik di ASEAN untuk menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian di negara-negara ASEAN. Selain itu juga untuk membahas isu-isu terkini yang menjadi perhatian ASEAN. Serta mengatasi kasus-kasus hukum yang terjadi lintas negara.

2. Jelaskan contoh kerjasama dalam bidang politik di ASEAN!

Pembahasan:
Contoh kerjasama dalam bidang politik di ASEAN:
(1) ADMM (ASEAN Defence Minister’s Meeting)
ADMM merupakan pertemuan rutin yang dilakukan oleh para Menteri keamanan di ASEAN setiap periode tertentu untuk mendiskusikan kerjasama dan diplomasi dalam mempertahankan keamanan negara-negara ASEAN.
(2) Delegasi Duta dan Konsulat
Duta dan konsulat merupakan perwakilan atau utusan dari negara yang berperan dalam stabilitas politik di ASEAN. Pengiriman duta dan konsulat rutin dilakukan agar wakil negara dapat berperan aktif menjalankan tugasnya sebagai anggota ASEAN.
(3) Perjanjian Ekstradisi
Perjanjian ekstradisi negara ASEAN merupakan bentuk kerja sama di bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN. Perjanjian ekstradisi memungkinkan negara-negara anggota ASEAN bekerja sama dalam mengembalikan tersangka ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.
(4) Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerja sama di bidang politik antarnegara ASEAN mengenai pelarangan senjata nuklir. Perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.
(5) Perjanjian Kawasan Harmonis (Bebas, Damai dan Netral)
Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerja sama negara-negara di ASEAN untuk saling menjaga negaranya agar tetap bebas, damai dan netral.
Bebas berarti setiap negara anggota ASEAN memiliki hak melakukan kebijakan secara bebas namun harus berpedoman pada perjanjian yang telah dibuat dan disahkan
Damai berarti negara-negara anggota ASEAN harus menjaga situasi agar tetap damai sehingga dapat hidup secara berdampingan
Netral berarti setiap anggota ASEAN harus berfokus pada urusan negaranya sendiri tanpa harus ikut campur dalam konflik yang dialami oleh negara yang terjadi di negara lain, termasuk dalam negara ASEAN.

3. Jelaskan manfaat perjanjian ekstradisi dalam kerjasama ASEAN bagi Indonesia!

Pembahasan:
Manfaat perjanjian ekstradisi dalam kerjasama ASEAN bagi Indonesia yaitu dapat membantu upaya penegakan hukum di Indonesia. Karena kalau ada penjahat dari Indonesia yang kabur ke negara anggota ASEAN lainnya, pemerintah Indonesia bisa ekstradisi penjahat itu kembali ke Indonesia.

4. Mengapa Kawasan ASEAN ditetapkan sebagai Kawasan bebas nuklir?

Pembahasan:
Kawasan ASEAN ditetapkan sebagai kawasan bebas nuklir karena semua negara anggota ASEAN sudah melakukan kerjasama bidang politik yaitu perjanjian kawasan bebas nuklir. Perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.

5. Apa yang dimaksud duta atau konsulat?

Pembahasan:
Duta atau konsulat merupakan perwakilan atau utusan dari negara yang berperan dalam stabilitas politik di ASEAN.

6. Apakah kalian bersedia bila dikirim sebagai duta atau konsulat? Jelaskan alasanmu!

Pembahasan:
Saya bersedia bila dikirim sebagai duta atau konsulat karena saya merasa bangga bisa mewakili Indonesia untuk ikut berperan aktif menjalankan tugas sebagai anggota ASEAN.

Demikian pembahasan mengenai Jelaskan Tujuan Dibentuknya Kerjasama dalam Bidang Politik di ASEAN! Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.