Menu
Akurat dan Terpercaya

Jelaskan Proses yang Terjadi pada Pembangkit Listrik Tenaga Air Sehingga Bisa Menghasilkan Energi Listrik Kelas 6 SD

  • Share
Jelaskan proses yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga air sehingga bisa menghasilkan energi listrik Kelas 6 SD

Hai adik-adik kelas 6 SD, berikut ini Osnipa akan membahas materi mengenai Jelaskan proses yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga air sehingga bisa menghasilkan energi listrik Kelas 6 SD. Pembahasan juga akan fokus kepada : Jelaskan proses penyaluran energi listrik secara bertahap mulai dari Pembangkit Listrik Tenaga Air hingga sampai ke rumah-rumah dan gedung serta konsumen lain yang membutuhkan. Jelaskan komponen utama dalam proses penyaluran listrik.

Anak-anak cerdas, Globalisasi membawa pengaruh sangat besar bagi kemajuan tekhnologi terkait listrik. Saat ini, perkembangan tekhnologi kelistrikan sudah bergerak begitu pesat. Saat ini, listrik menjadi salah satu bentuk energi yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Listrik banyak digunakan karena sangat praktis dalam membantu dan mempermudah kegiatan manusia. Sumber utama energi listrik adalah pembangkit listrik. Salah satu contoh pembangkit listrik adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Tahukan ananda, bagaimana proses terciptanya aliran listrik dari pembangkit Listrik Tenaga Air? Dan bagaimana pula energi listrik itu bisa tersalur hingga sampai ke rumah kita?

Perhatikan tayangan video berikut ini!

Bagaimana penjelasan pada video tersebut, menarik bukan? Selanjutnya tugas Ananda sekarang adalah mengerjakan soal berikut ini:

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Jelaskan proses yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga air sehingga bisa menghasilkan energi listrik!

Pembahasan:
Proses yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga air sehingga bisa menghasilkan energi listrik:
(1) Aliran air dialirkan melalui pipa-pipa khusus untuk menggerakkan turbin.
(2) Gerakan turbin tersebut nantinya akan diubah menjadi energi listrik di dalam generator.

2. Jelaskan proses penyaluran energi listrik secara bertahap mulai dari Pembangkit Listrik Tenaga Air hingga sampai ke rumah-rumah dan gedung serta konsumen lain yang membutuhkan!

Pembahasan:
(1) Energi listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) siap untuk disalurkan.
(2) Energi listrik disalurkan terlebih dahulu melalui kabel-kabel besar yang terpasang di menara Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET)
(3) Energi listrik kemudian masuk ke dalam transformator untuk menaikkan atau menurunkan tegangan.
(4) Energi listrik disalurkan ke dalam pabrik-pabrik. pabrik biasanya membutuhkan energi listrik cukup besar untuk keperluan produksi.
(5) Energi listrik kemudian masuk kembali ke dalam transformator. Transformator ini berfungsi untuk menurunkan tegangan.
(6) Energi listrik dari transformator penurun tegangan diterima oleh gedung perkantoran dan rumah-rumah penduduk.

3. Jelaskan komponen utama dalam proses penyaluran listrik!

Pembahasan:
(1) Sistem pembangkit berfungsi untuk mengubah sumber energi menjadi energi listrik. Sumber energi bisa berupa aliran air, panas bumi, angin, uap, atau tenaga matahari.
(2) Sistem transmisi berfungsi menyalurkan energi listrik dari pusat pembangkit ke pusat-pusat beban. Ada dua jenis saluran transmisi yaitu saluran udara dan saluran kabel bawah tanah.
(3) Sistem distribusi berfungsi menyalurkan energi listrik dari sistem transmisi hingga konsumen. Sistem distribusi dibagi menjadi dua yaitu, distribusi primer dan distribusi skunder. Distribusi primer berasal dari jaringan transmisi yang diturunkan teganggan di gardu induk menjadi tegangan menengah sebesar 20 kilo volt. Distribusi skunder berasal dari gardu distribusi menuju konsumen dengan tegangan rendah sebesar 220 volt.
(4) Transformator berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan listrik. Transformator juga sering disebut trafo. Transformator terbagi menjadi dua jenis, yaitu transformator step-up dan transformator step-down. Transformator step-up berfungsi menaikkan tegangan yang dihasilkan dari pusat pembangkit. Transformator step-down berfungsi untuk menurunkan tegangan.

Demikian pembahasan mengenai Jelaskan proses yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga air sehingga bisa menghasilkan energi listrik Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *