Akurat dan Terpercaya

Jelaskan pengertian seni rupa terapan beserta contohnya!

Jelaskan pengertian seni rupa terapan beserta contohnya!

OSNIPA.COM – Hai pengunjung Osnipa, berikut ini kami akan membahas mengenai Jelaskan pengertian seni rupa terapan beserta contohnya!

Jelaskan pengertian seni rupa terapan beserta contohnya!

Seni rupa terapan adalah jenis seni rupa yang memadukan unsur estetika dan fungsi praktis dalam sebuah objek seni. Seni rupa terapan biasanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti furnitur, peralatan dapur, pakaian, dan benda-benda dekoratif. Seni rupa terapan seringkali dibuat menggunakan bahan-bahan alami dan teknik-teknik tradisional yang telah berkembang selama berabad-abad.

Contoh dari seni rupa terapan antara lain:

  1. Batik: adalah seni membuat pola pada kain dengan menggunakan malam dan pewarna. Batik biasanya dijadikan sebagai kain untuk baju, sarung, selendang, dan sebagainya.
  2. Keramik: adalah seni membuat benda-benda dari tanah liat yang kemudian dibakar menjadi benda yang kokoh dan tahan lama. Contohnya termasuk cangkir, piring, vas, dan patung.
  3. Tapis: adalah seni tenun kain tradisional dari daerah Lampung yang dihiasi dengan berbagai macam corak dan motif. Tapis biasanya digunakan sebagai pakaian dalam upacara adat atau sebagai benda hiasan dinding.
  4. Perhiasan: adalah seni membuat aksesoris yang dikenakan di tubuh, seperti gelang, kalung, dan anting-anting, dengan menggunakan berbagai bahan seperti emas, perak, batu permata, dan sebagainya.
  5. Wayang kulit: adalah seni rupa tradisional Indonesia yang melibatkan boneka kulit yang dihiasi dengan lukisan dan digunakan dalam pertunjukan wayang kulit. Wayang kulit biasanya mengisahkan kisah-kisah epik dan legenda dari tradisi Hindu dan Islam di Indonesia.

Seni rupa terapan memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, karena selain memiliki nilai estetika, seni rupa terapan juga memiliki nilai fungsional yang dapat memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian pembahasan mengenai Jelaskan pengertian seni rupa terapan beserta contohnya! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *